√ 8+ Tips ASI Lancar Saat Berpuasa - - Kang Yusuf -->
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

8+ Tips ASI Lancar Saat Berpuasa

Daftar Isi [Tampil]

    Kali ini Kang Yusuf ingin berbagai informasi mengenai 8+ Tips ASI Lancar Saat Berpuasa. Sudah pastinya bahwa kita sebagai umat muslim didalam menjalani bulan ramadhan ini ingin mendapatkan pahala dan hikmah yang banyak dan barokah.

    Dengan tetep menjalani aktifitas kita masing-masing, kita juga harus bisa menjada kesehatan tubuh selama melakukan aktifitas baik diluar rumah maupun didalam rumah. Berhubung Ramadan hanya berlangsung sekali dalam setahun, tentunya Anda tidak tidak ingin ketinggalan dalam menjalankan ibadah puasa, bukan?

    Termasuk para ibu yang sedang menyusui. Timbulnya rasa khawatir akan kurangnya asupan ASI untuk sang buah hati terkadang membuat para ibu memutuskan untuk tidak berpuasa. Maka perlunya mempelajari cara dan tips agar ASI tetap lancar selama menjalani ibadah puasa.

    Sebagian dokter berpendapat jika puasa tidak akan mengganggu produksi ASI. Ibu menyusui yang berpuasa tetap akan menghasilkan ASI dengan kualitas yang sama. Namun perlu diingat, jangan sampai berat badan ibu menyusui turun secara drastis karena akan mengurangi kandungan lemak pada ASI.

    Sementara itu, beberapa dokter lain mengatakan jika memberikan ASI kepada sang jabang bayi akan membuat ibu dehidrasi saat puasa.

    Nah, jika Anda tetap ingin menjalankan ibadah puasa, coba simak tips berikut ini, agar produksi ASI tetap lancar!

    8+ Tips ASI Lancar Saat Menjalankan Ibadah Berpuasa
    8+ Tips ASI Lancar Saat Berpuasa

    8+ Tips ASI Lancar Saat Menjalankan Ibadah Berpuasa


    Untuk menjawab kekhawatiran tersebut berikut beberapa tips yang dikutip dari postingan Kementerian Kesehatan RI dalam instagramnya, @kemenkes_ri yang membahasan seputar tips ASI lancar saat menjalankan ibadah berpuasa.

    1. Perhatikan Usia Anak


    Tips agar ASI lancar saat berpuasa yang pertama yaitu perhatikan usia anak. Bayi di bawah umur 6 bulan sangat bergantung pada ASI, karena tidak mendapat asupan makanan lain. Jadi, perlu diperhatikan asupan makan untuk sang ibu demi mencegah bayi kekurangan gizi.

    2. Minum yang Cukup Agar Terhindar dari Dehidrasi


    Tips ASI lancar saat puasa selanjutya minum yang cukup. Seringkali ketika berpuasa membuat tubuh manusia kekurangan cairan. Atasi hal tersebut dengan mengatur pola minum yang benar. Pola minum 2-4-2 dapat diterapkan.


    Baca Juga Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Rahim


    Artinya, dua gelas ketika berbuka, empat gelas pada malam hari, dan dua gelas saat sahur. Dapat juga ditambah dengan jus buah dan susu.

    3. Tips ASI Lancar saat Puasa dengan Mengatur Pola Porsi Makan


    8+ Tips ASI Lancar Saat Berpuasa
    8+ Tips ASI Lancar Saat Berpuasa

    Ibu yang sedang menyusui diharuskan untuk makan sahur dan berbuka puasa. Pilihan makanan yang dianjurkan untuk ibu menyusui seperti brokoli, bayam, katuk, kacang merah, telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

    4. Pompa dan Menyusui Semaksimal Mungkin Saat Malam Hari


    Tips ke empat agar ASI lancar ketika puasa. Hal ini dianjurkan karena semakin sering ASI dikosongkan, maka akan semakin lancar produksinya.

    5. Mengonsumsi Kurma


    Mengonsumi buah kurma saat berbuka puasa tenyata memang menyimpan banyak manfaat. Selain dapat mencukupi kebutuhan nutrisi berkat kandungan vitamin dan mineralnya, berbuka puasa dengan kurma juga efektif dalam menjaga stamina ibu menyusui.


    Baca Juga Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan ASI


    Untuk mendapatkan manfaat kurma, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung sebanyak 3-4 buah. Selain itu, kurma juga bisa dijadikan jus segar dengan menambahkan susu cair dan sedikit es batu.

    6. Perbanyak Minum Air Putih


    Selama puasa, para ibu menyusui tentu membutuhkan asupan cairan lebih dari jumlah normal agar produksi ASI tetap lancar. Oleh karena itu, pastikan Anda tetap mengonsumsi sedikitnya 1,5 liter air dalam sehari.

    Banyak mengonsumsi air putih saat berbuka mungkin saja akan membuat perut jadi mudah kembung. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi air putih di malam hari hingga waktu sahur.

    7. Maksimalkan Memerah ASI di Waktu Malam


    Bagaimana dengan ibu menyusui yang bekerja? Tenang, Anda tetap bisa melakukan kegiatan memerah ASI seperti biasanya. Namun, jangan lupa untuk tetap memerhatikan asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi saat sahur dan berbuka.


    Baca Juga Olahan Masakan dari Daun Kelor

    Bahkan, kalau perlu Anda bisa menambahkan suplemen khusus ibu menyusui untuk melancarkan produksi ASI. Nah, agar persediaan Air Susu Ibu Perah (ASIP) tidak berkurang, maksimalkan waktu memerah ASI pada malam hari. Batasi waktu memerah ASI pada siang hari agar Anda tidak terlalu merasa haus.

    8. Istirahat yang Cukup

    8+ Tips ASI Lancar Saat Berpuasa
    8+ Tips ASI Lancar Saat Berpuasa
    Merasa lemas saat berpuasa tentu merupakan hal yang wajar dialami, terlebih oleh ibu menyusui. Untuk mengatasi masalah ini, usahakanlah untuk tidur siang paling tidak selama satu jam.

    Atau, jika keadaan tidak memungkinkan untuk Anda melakukan tidur siang, duduk atau berbaringlah hingga tubuh merasa lebih rileks. Namun, jangan paksakan tubuh untuk melanjutkan puasa jika dirasa tidak kuat. Anda bisa istirahat dari puasa selama satu atau dua hari sebelum memulainya kembali.

    Sekian deh artikel seputar dunia kesehatan dengan topik pembahasan mengenai 8+ Tips ASI Lancar Saat Berpuasa. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Bunda yang menjalani ibadah puasa ya.

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Hai

    Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

    Pemilik Kang Yusuf
    +62 823-7775-4543
    Call us to +62 823-7775-4543 from 0:00hs a 24:00hs
    Hai, ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Tanya Kami