3+ Cara Menangani Keluhan Pelanggan dengan Efektif


3 Cara Menangani Keluhan Pelanggan dengan Efektif
Cara Menangani Keluhan Pelanggan dengan Efektif
3+ Cara Menangani Keluhan Pelanggan dengan Efektif. Dalam dunia bisnis, keluhan pelanggan atau komplain pelanggan merupakan suatu hal yang lumrah dan mungkin terjadi. Jangankan Anda yang baru memulai usaha kecil dan masih berumur muda, perusahaan yang sudah besar dan profesional pun kerap menerima komplain atau keluhan dari pelanggan.

Sangatlah wajar, setiap orang memiliki level kepuasan yang berbeda-beda. Namun yang harus diingat, me-review komplain pelanggan ini merupakan hal yang sangat penting untuk kelangsungan bisnis.

Salah satu ciri khas bisnis atau perusahaan yang bisa dikatakan baik adalah disaat perusahaan tersebut minim komplain dari pelanggan, dan andaikata ada komplain, maka keluhan atau komplain berikut ditangani secara serius.

Sebelum mengetahui langkah menangani keluhan pelanggan dengan efektif, ada baiknya jika kita mengetahui definisi komplain secara utuh. Jadi yang dimaksud komplain adalah ungkapan ketidakpuasan dari pelanggan yang menggunakan produk/ jasa kita.

Keluhan pelanggan ini bisa melalui lisan, telepon, tertulis melalui banyak media seperti email, sms, chat whatsapp, dll. Keluhan tersebut terjadi karena kurang puas dalam segala aspek dari layanan, produk, lainnya.

Nah, berikut ini adalah 3 Langkah Menangani Keluhan Pelanggan dengan Efektif :

3+ Cara Menangani Keluhan Pelanggan dengan Efektif


Berikut tiga cara menangani keluhan pelanggan dengan efektif dan akurat terhadap bisnis.



1. Menjadi Pendengar yang Baik

Hal yang pertama kali menjadi kewajiban ketika mendapatkan keluhan adalah menjadi pendengar yang baik. Semua pelanggan yang komplain didengar tanpa memotong pembicaraan


Baca Juga 3+ Teknik Closing Meningkatkan OMZET


Biarkan semua permasalahan disampaikan dan Anda terima, jangan lupa catat semua poin yang disampaikan. Jangan sampai pelanggan harus mengulang apa yang dikatakan. Itu akan menambah permasalahan.


2. Tunjukkan Rasa Empati

Tetap menjaga komunikasi dengan lemah lembut, dan minta maaf jika memang terjadi masalah dengan produk atau jasa Anda. Jangan menghindar, ini hanya akan menambah masalah. Ketika Anda menunjukkan rasa empati, pelanggan pastinya sudah menaruh rasa percaya kepada perusahaan atau bisnis Anda.


3. Ambil Keberanian untuk Bertanggung Jawab

Penanganan komplain di setiap perusahaan berbeda-beda. Jika di perusahaan kecil, maka penanganan bisa terjadi langsung ke staff bukan ke layanan keluhan pelanggan. Jika Anda seorang staff dan diberi komplain yang sebenarnya dilakukan oleh staf lain, tetap ambil tanggung jawab dan selesaikan masalah bersama staff tersebut. 

Karena ini menyangkut kredibilitas perusahaan, jangan saling lembar penyelesaian masalah, selesaikan bersama.

3 Cara Menangani Keluhan Pelanggan dengan Efektif
Cara Menangani Keluhan Pelanggan dengan Efektif

Anda ingin menjadikan masalah mengenai keluhan terhadap Pelanggan dan Client terselesaikan dengan EFEKTIF dan TUNTAS ??

Yuk Ikutan Pelatihan SERVICE EXCELLENT/ PELAYANAN PRIMA Bersama Wenny Consulting.


Adapun Tujuan Pelatihan ini yaitu:

1. Merubah MINDSET dalam Kinerja dan Pelayanan.
2. Memahami Pentingnya Service Excellent.
3. Mengetahui Apa yang Benar-benar dibutuhkan Customer.
4. Mampu Mengatasi Handling Complain dengan Baik.
5. Membangun Budaya Etika Kerja dan Komunikasi.

Pada Pelatihan ini bertujuan untuk menghasikan SDM yang mampu memberikan PELAYANAN PRIMA (SERVIE EXCELLENT) dalam bisnis Anda. Pelayanan sangatlan Penting, karena berhubungan dengan Manusia yang mempunyai perasaan dan pikirin, serta Cara Berkomunikasi yang Baik.


Berikut sekilas gambaran saat acara Training Karyawan berlangsung, silahkan KLIK Link Video YouTube ini :



Ingin tahu lebih lanjut ? 
Yuk, kunjungi situs Wenny Consulting :  http://www.wennytrisuryani.com/
Klik Link ini untuk berkomunikasi lebih detail dengan Wenny Consulting :

Atau Hubungi HOTLINE Wenny Consulting : 0813-2840-2828.

Sekian deh artikel seputar dunia bisnis dengan topik pembahasan mengenai 3+ Cara Menangani Keluhan Pelanggan dengan Efektif. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda yang membutuhkan.