Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Kenali Virus Corona dan Cara Pencegahannya yang Efektif

Daftar Isi [Tampil]

Saat ini seluruh dunia sedang bertarung melawan virus corona alias Covid-19. Sudah banyak jumlah jiwa yang berjatuhan karena disebabkan terinfeksi virus corona. Pelajari lebih lanjut mengenai virus corona ini agar kita bisa terselamatkan dari penyebaran wabahnya.

Kenali Virus Corona dan Cara Pencegahannya yang Efektif
Kenali Virus Corona dan Cara Pencegahanny
Mari kita kenali virus corona dan cara pencegahan serta penanganannya yang efektif, benar, dan sesuai dari arahan kesehatan. Sudah tidak bisa dibantah lagi bahwa virus corona atau bisa sebut Covid-19 ini sudah menyebar diseluruh benua di dunia ini. Dampak negatif dari virus corona ini pun bisa dibilang sangatlah ganas dan membahayakan.

Pada media portal bisnis telah banyak bisnis-bisnis yang terhenti aktifitasnya namun terdapat juga beberapa sektor bisnis yang tetap berjalan dengan WFH atau Work From Home dikarenakan adanya wabah coronavirus ini yang setiap harinya terus dan makin bertambah.


Baca Juga Tips Work From Home yang Asyik

Saat ini seluruh dunia sedang berjuang untuk menghentikan penyebaran virus corona. Mulai dari mengikuti protokol yang ada, dan arahan pemerintah. Semantara ini Indonesia merupakan negara yang terbilang rendah dari dampak pandemi virus corona.

Berdasarkan hasil statistika Indonesia saat ini tanggal 21 mei 2020 jam 08.30 WIB terhitung sebagai berikut,

Dikonfirmasi
19.189
   
Sembuh
4.575
   
Meninggal Dunia
1.242
Kenali Virus Corona dan Cara Pencegahannya yang Efektif
Data Statistika by Covid-19
Nah untuk lebih detail mengenai apa itu virus corona beserta bagaimana cara yang efektif untuk pencegahan dan penanganannya, yuk silahkan simak artikel dibawah ini yang sudah Kang Yusuf rangkum menjadi sebuah artikel seputar dunia kesehatan. Selamat membaca :-D

Mengenal Virus Corona

Kenali Virus Corona dan Cara Pencegahannya yang Efektif
Kenali Virus Corona

Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Coronavirus jenis baru yang ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan Cina, pada Desember 2019, kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2), dan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19).

Perbedaan Covid-19 dengan SARS-COV2

COVID-19 disebabkan oleh SARS-COV2 yang termasuk dalam keluarga besar coronavirus yang sama dengan penyebab SARS pada tahun 2003, hanya berbeda jenis virusnya. Gejalanya mirip dengan SARS, namun angka kematian SARS (9,6%) lebih tinggi dibanding COVID-19 (kurang dari 5%).

Walaupun jumlah kasus COVID-19 jauh lebih banyak dibanding SARS. COVID-19 juga memiliki penyebaran yang lebih luas dan cepat ke beberapa negara dibanding SARS.

Gejala Umum Virus Corona

Gejala umum berupa demam ≥380C, batuk kering, dan sesak napas. Jika ada orang yang dalam 14 hari sebelum muncul gejala tersebut pernah melakukan perjalanan ke negara terjangkit, atau pernah merawat/kontak erat dengan penderita COVID-19.

Maka terhadap orang tersebut akan dilakukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut untuk memastikan diagnosisnya.

Beberapa Cara yang Bisa dilakukan untuk Mencegah Tertularnya Virus Corona yaitu,

Kenali Virus Corona dan Cara Pencegahannya yang Efektif
Cara Pencegahannya yang Efektif

Menjaga kesehatan dan kebugaran agar stamina tubuh tetap prima dan sistem imunitas / kekebalan tubuh meningkat. Mencuci tangan secara teratur menggunakan air dan sabun atau handrub berbasis alkohol.

Mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita, tindakan ini juga me rupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Sekitar 98% penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting.
  1. Ketika batuk dan bersin, tutup hidung dan mulut Anda dengan tisu atau lengan atas bagian dalam (bukan dengan telapak tangan).
  2. Hindari kontak dengan orang lain atau bepergian ke tempat umum.
  3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut (segitiga wajah). Tangan menyentuh banyak hal yang dapat terkontaminasi virus. Jika kita menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, maka virus dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita.
  4. Gunakan masker penutup mulut dan hidung ketika Anda sakit atau saat berada di tempat umum.
  5. Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cucilah tangan Anda.
  6. Menunda perjalanan ke daerah/ negara dimana virus ini ditemukan.
  7. Hindari bepergian ke luar rumah saat Anda merasa kurang sehat, terutama jika Anda merasa demam, batuk, dan sulit bernapas. Segera hubungi petugas kesehatan terdekat, dan mintalah bantuan mereka. Sampaikan pada petugas jika dalam 14 hari sebelumnya Anda pernah melakukan perjalanan terutama ke negara terjangkit, atau pernah kontak erat dengan orang yang memiliki gejala yang sama. Ikuti arahan dari petugas kesehatan setempat.
  8. Selalu pantau perkembangan penyakit COVID-19 dari sumber resmi dan akurat. Ikuti arahan dan informasi dari petugas kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat. Informasi dari sumber yang tepat dapat membantu Anda melindungi dari Anda dari penularan dan penyebaran penyakit in

Kemungkinan Komplikasi dari Virus Corona

Komplikasi paling serius dari infeksi SARS-CoV-2 adalah sejenis pneumonia yang disebut novel coronavirus-infected pneumonia (NCIP).

Penelitian dari 138 orang dengan NCIP yang dirawat di rumahsakit di Wuhan, China, sekitar 26% mengalami penyakit yang parah dan harus dirawat di ruang ICU. Sekitar 4,3% di antaranya mengalami kematian.

Sejauh ini, NCIP merupakan satu-satunya komplikasi yang terkait dengan Covid-19. Tetapi, para peneliti masih mengamati komplikasi lainnya yang mungkin juga dialami pasien Covid-19, di antaranya:

  1. Acute respiratory distress syndrome (ARDS)
  2. Detak jantung tidak teratur (arrhythmia)
  3. Kejang kardiovaskular
  4. Nyeri otot yang parah (myalgia)
  5. Kelelahan
  6. Serangan jantung

5 Cara Ampuh agar Tidak Terkena Virus Corona

Kenali Virus Corona dan Cara Pencegahannya yang Efektif
Cara Ampuh Pencegahan Virus Corona yang Efektif

Berikut terdapat lima cara ampuh agar tidak terkena virus corona yang sudah dirangkum. Silahkan simak ya langkah-langkahnya dibawah ini.

Mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik.

Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.

Menggunakan masker

Banyak yang menggunakan masker kain untuk mencegah infeksi virus Corona, padahal masker tersebut belum tentu efektif. Secara umum, ada dua tipe masker yang bisa Anda digunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95.

Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

Tidak pergi ke negara terjangkit

Tidak hanya Tiongkok, penyakit infeksi virus Corona kini juga sudah mewabah ke beberapa negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan Eropa.

Virus Corona juga sudah terkonfirmasi ditemukan di negara-negara tetangga Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan coronavirus

Coronavirus jenis baru diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut.

Jika ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang. Hindari mengonsumsi daging atau ikan yang sudah tidak segar atau busuk.

Penutup Pencegahan Coronavirus

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi yang detail beserta tips mengenai coronavirus. Anda bisa mengunjungi situs Halodoc. Pada situs ini terdapat berbagai informasi mengenai dunia kesehatan yang lengkap dan juga tips kesehatan lainnya.

Lindungi diri dan orang lain di sekitar Anda dengan mengetahui fakta-fakta terkait virus ini dan mengambil langkah pencegahan yang sesuai. Ikuti saran yang diberikan oleh badan kesehatan publik lokal Anda.

  1. Untuk mencegah penyebaran COVID-19:
  2. Bersihkan tangan Anda secara rutin. Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol.
  3. Selalu jaga jarak yang aman dengan orang yang batuk atau bersin.
  4. Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut Anda.
  5. Saat Anda batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan lengan Anda atau tisu.
  6. Tetaplah di rumah jika Anda merasa tidak enak badan.
  7. Jika Anda demam, batuk, atau kesulitan bernapas segera cari bantuan medis. Hubungi terlebih dahulu.
  8. Ikuti arahan otoritas kesehatan lokal Anda.

Menghindari kunjungan yang tidak diperlukan ke fasilitas medis memungkinkan sistem kesehatan beroperasi dengan lebih efektif. Tindakan ini akan melindungi Anda dan orang lain.

Sekian deh artikel seputar dunia kesehatan dari Kang Yusuf yang berjudul Kenali Virus Corona dan Cara Pencegahannya yang Efektif. Semoga dengan adanya informasi mengenai tips virus corona ini mampu memberikan informasi yang berguna buat Anda semuanya.

Stay at home bersama keluarga ya. Utamakan jaga kesehatan diri pribadi dan juga keluarga sanak saudara dilingkungan sekitar Anda. Semoga kita bisa melewati masa masa pandemi ini dengan selamat bersama keluarga Aamiiin.

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami