Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

6+ Tips Work From Home dan Social Distancing yang Asyik

6+ Tips Work From Home dan Social Distancing yang Asyik

Daftar Isi [Tampil]
6+ Tips Work From Home dan Social Distancing yang Asyik
Tips Work From Home dan Social Distancing
6+ Tips Work From Home dan Social Distancing yang Asyik. Merebaknya wabah virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk meminta masyarakat melakukan social distancing atau mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah. Beberapa perusahaan pun ikut menerapkan kebijakan work from home (WFH) bagi karyawannya untuk memutus rantai penyebaran virus.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengarahkan agar masyarakat melakukan social distancing dengan belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Menindaklanjuti arahan tersebut, banyak kantor yang memutuskan agar para karyawannya bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Sebenarnya, istilah work from home sudah gak asing lagi untuk banyak orang. Para freelancer, karyawan startup, dan perusahan besar lain selama ini banyak yang sudah biasa remote working atau bekerja dari mana saja. 

Namun, remote working atau WFH di tengah-tengah pandemi Covid-19 tentu akan beda rasanya. Informasi berikut ini disadur dari situs jenius.com semoga bermanfaat dan selamat membaca ya.



6+ Tips Work From Home dan Social Distancing yang Asyik


Berikut ini adalah beberapa tips work from home dan sosial distancing yang asyik  untuk Anda terapkan dirumah saat ini deh.

 

1. Siapkan alat kerja yang dibutuhkan.


Bekerja dari rumah berarti alat kerja yang biasanya tersedia di kantor harus disesuaikan agar kamu bisa tetap bekerja dengan efektif di rumah. Pastikan laptop kantor sudah dibawa pulang sesuai arahan atasan, atau siapkan komputer/laptop pribadi yang bisa digunakan.

Selain hardware, pastikan juga software yang kamu butuhkan sudah tersedia. Mulai dari VPN untuk mengakses e-mail dan sistem kantor, hingga aplikasi-aplikasi khusus sesuai dengan bidang kerjamu.

Sementara untuk tambahannya, segera install aplikasi pendukung untuk work from home, seperti Telegram dan Slack untuk koordinasi kerja, serta Google Hangout dan Zoom untuk concall atau meeting ramai-ramai.

2. Bekerjalah sesuai dengan waktu kerja normal.


Pukul berapakah jam kerja di kantormu? Dari pukul 08.00-17.00, 09.00-18.00, atau malah 10.00-19.00? Yang mana pun itu, tetaplah bekerja sesuai waktu kerja normalmu selama work from home—kecuali ada kebijakan khusus dari kantor atau timmu. Dengan melakukan ini, koordinasi dengan rekan kerja akan lebih enak dan kamu pun terhindar dari lembur yang gak penting.

Bila kamu gak tinggal sendiri, beri pengertian kepada anggota keluarga bahwa kamu akan work from home dan bukannya libur, sehingga kamu butuh waktu dan konsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Jaga-jaga nih, biar kamu gak diganggu selama jam kerjamu masih berlangsung.

3. Buatlah to-do list pekerjaan setiap hari.


Biar WFH kamu efektif dan tetap berhasil mencapai target pekerjaan, buatlah daftar pekerjaan (to-do list) setiap pagi. To-do list ini yang akan membantumu fokus menyelesaikan apa saja deadline hari ini.

Bila atasanmu meminta pertanggungjawaban WFH, kamu tinggal mengirimkan list ini. Bonus: kalau semua daftar pekerjaan sudah selesai, sisa hari kamu bisa lebih santai!

4. Siapkan tempat kerja khusus.


Tempat kerja yang tepat akan memengaruhi mood kamu bekerja lho. Untuk itu, siapkan tempat kerja khusus yang bisa membuatmu fokus dan nyaman bekerja selama WFH. Kalau punya, kamu bisa bekerja di ruang kerja atau ruang baca di rumah. Kalau gak, kamu bisa menyulap kamar, ruang tamu, atau ruang keluarga menjadi tempat kerja.

Setelah tau mau kerja di ruang mana, informasikan ke anggota keluarga ya. Penting untuk janjian siapa yang memakai ruang apa, agar gak rebutan tempat dan mengganggu satu sama lain dengan pekerjaan masing-masing. Oh ya, sebisa mungkin hindari bekerja dari tempat tidur, karena bawaannya pasti deh pengin rebahan!

5. Pastikan koneksi internet aman.


Bekerja dari rumah berarti never-ending concall, koordinasi via chat, dan kirim-kirim dokumen! Untuk itu, pastikan koneksi internet kamu aman. Kalau perlu, siapkan pulsa dan kuota tambahan di ponsel kamu. Sehingga bila Wi-Fi atau modemmu bermasalah, ada alternatif tethering atau komunikasi langsung dari ponsel.

6. Tetap melakukan social distancing walaupun sudah lewat jam kerja.


Walaupun kamu sudah selesai bekerja, sebaiknya jangan keluar rumah. Lakukanlah social distancing secara maksimal dengan menjaga jarak dengan satu sama lain dan gak mengadakan kumpul-kumpul.

Ingat, pemerintah menyarankan untuk berkegiatan di rumah selama adanya pandemi Covid-19 ini. Bukan hanya sekadar bekerja di rumah, lalu tetap keluar untuk nongkrong. Atau malah bekerja dari kafe atau kedai kopi. 

Sekian deh artikel seputar dunia sosial dengan topik pembahasan mengenai 6+ Tips Work From Home dan Social Distancing yang Asyik. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi Anda yang membutuhkannya.

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami