√ Sejarah dan Manfaat QR Code - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Sejarah dan Manfaat QR Code

Daftar Isi [Tampil]

    Kali ini Kang Yusuf ingin berbagi informasi teknologi mengenai Sejarah dan Manfaat QR Code. Dengan mengerti manfaat dan definisi dari QR Code ini ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk teknologi maupun bisnis.

    QR Code atau yang bisa disebut dengan kode QR merupakan teknologi evolusi dari barcode atau yang disebut dengan kode batang. Awalnya, kode batang sendiri mengusung satu dimensi. Sedangkan QR Code mengusung dua dimensi.

    QR Code sendiri sangat sering digunakan oleh Negari Sakura, Jepang. Mereka percaya bahwa QR Code memiliki kemampuan yang lebih canggih dibandingkan dengan barcode. QR Code tercatat mampu untuk menyimpan data yang lebih besar dibandingkan dengan barcode.


    Baca Juga 3+ Cara Mudah Membuat Scan QR Code

    Namun saat ini Indonesia sendiri pun juga sudah mengusung QR Code untuk keperluan bisnis ataupun registrasi. Nah, tahukah Anda bahwa QR Code bisa dibuat sendiri? Kemudahan dari QR Code ini juga bisa Anda ciptakan sendiri lho.

    Yuk simak pembahasan dibawah ini mengenai Sejarah dan Manfaat QR Code yang harus Anda ketahui.

    Sejarah dan Manfaat QR Code
    Sejarah dan Manfaat QR Code

    Sejarah QR Code


    QR Code pertama kali diusung oleh sebuah Corporation bernama Denso Wave. Denso Wave Corporation berhasil mempublikasikan teknologi QR Code pertama kali pada tahun 1994. Denso Wave sendiri merupakan perusahaan Jepang yang ingin membuat alat pindai dengan respon yang cepat.

    Maka dari itulah, mereka membuat alat pindai QR. QR sendiri merupakan singkatan dari quick response atau respon cepat. Sesuai dengan singkatannya, QR Code diharapkan mampu menyampaikan informasi dengan cepat juga meresponnya secara cepat.


    Baca Juga Rekomendasi Baterai HP yang Paling Awet


    Fungsi awal dari QR Code sendiri dimanfaatkan sebagai pelacakan kendaraan bagian manufaktur. Namun saat ini, QR Code memiliki fungsi yang lebih luas. Jika Anda perhatikan, Jepang sangat mengandalkan QR Code untuk mempermudah segala aktivitas.

    Hampir setiap ponsel selular yang ada di Jepang memiliki tekonologi QR Code untuk memudahkan promosi produk, jasa, ataupun perdangan lainnya.

    Sedangkan di Indonesia, QR Code pertama kali digunakan oleh KOMPAS agar para pembacanya lebih mudah untuk mengakses berita, memberikan komentar atau memberikan masukan kepada KOMPAS.

    Fungsi dan Manfaat QR Code


    Di bagian sejarah QR Code sudah dipaparkan sekilas mengenai fungsi dan manfaat dari QR Code yakni menyimpan data dan mempermudah akses. Untuk fungsi dari QR Code bisa dibagi ke dalam dua macam yakni berfungsi sebagai komersial dan juga sebagai kepentingan umum.

    1. QR Code Untuk Komersial


    Untuk kepentingan komersial ini bisa dijadikan ajang promosi produk, jasa, ataupun periklanan lainnya. Seperti yang diketahui QR Code mengefesiensikan kemudahan dalam menyimpan dan mengakses data.

    Contohnya ada iklan yang mengirimkan QR Code saja. Jika Anda memindai QR Code tersebut maka secara otomatis Anda akan masuk ke halaman situs iklan tersebut.

    Hal tersebut pernah digunakan oleh penyanyi asal Inggris yakni Pet Shop Boys di tahun 2007. Mereka memanfaatkan kode QR agar orang-orang memindai kode tersebut dan langsung diarahkan ke situs sang penyanyi.


    Juga, QR Code pernah digunakan untuk pemasaran Movie 9. Saat itu, para pelanggannya diberikan kartu yang menampilkan sebuah kode QR. Nah, cukup dengan pindai QR Code, maka pelanggan bisa langsung mengakses filmnya secara cepat.

    2. QR Code untuk Kepentingan Umum


    Tahukah Anda bahwa QR Code bisa membantu untuk keamanan makanan? Di Jepang, salah satu fungsi QR Code untuk menampilkan kandungan nutrisi dan masa kadaluwarsa makanan. Jadi, Jepang menerapkan kode QR yang bisa dipindai.

    Ketika Anda memindai kode QR yang ada pada kemasan makanan, maka secara otomatis Anda bisa mengetahui kandungan yang ada pada makanan.

    Hal tersebut digunakan oleh salah satu tempat makan McDonald di Jepang. Ada sekitar 19 jenis roti isi atau sandwich yang dibubuhkan oleh teknologi kode QR. Kode tersebut mampu dipindai dan akan menampilkan informasi alergi, jumlah kalori, serta nutrisi yang ada pada sandwich.

    Tak hanya digunakan untuk mengetahui nutrisi makanan, Anda juga bisa mengetahui posisi bus dengan menggunakan QR Code. Ketika Anda sedang menunggu bus di halte maka terdapat sebuah kode QR yang dapat dipindai.


    Baca Juga Aplikasi Pembuat Sticker WA Terbaik


    Kode QR tersebut akan menampilkan posisi bus yang sedang Anda tunggu. Jadi, QR Code benar-benar bermanfaat dan sangat membantu para manusia.

    Penutup

    Sejarah dan Manfaat QR Code

    Sekian deh artikel seputar dunia teknologi dengan topik pembahasan mengenai Sejarah dan Manfaat QR Code. Semoga informasi yang disampaikan mampu memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga