Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Penjelasan Jenis Sistem Operasi Komputer

Daftar Isi [Tampil]
Penjabaran Berbagai Jenis Sistem Operasi Komputer
Penjelasan Jenis Sistem Operasi Komputer
Penjelasan Berbagai Jenis Sistem Operasi Komputer.  Sistem operasi adalah perangkat lunak terpenting yang berjalan di komputer. Ini mengelola memori dan proses komputer, serta semua perangkat lunak dan perangkat kerasnya. Ini juga memungkinkan Anda berkomunikasi dengan komputer tanpa mengetahui cara berbicara bahasa komputer. Tanpa sistem operasi, komputer tidak ada gunanya.

Perlu Anda pelajari dan ketahui bahwa dengan adanya perangkat lunak yaitu sistem operasi pada sebuah perangkat komputer, maka sebuah komputer atau PC akan mampu beroperasi dengan sebagaimana mestinya. Dimana dimulai dari munculnya jendela taskbar, menu, lalu masuk kehalaman utama layar komputer.


Berikut Penjabaran Berbagai Jenis Sistem Operasi Komputer


Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis sistem operasi pada komputer yang perlu Anda ketahui.

Penjelasan Tugas Sistem Operasi


Sistem operasi komputer Anda (OS) mengelola semua perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer. Sebagian besar, ada beberapa program komputer yang berbeda namun berjalan pada saat bersamaan dan mereka semua perlu mengakses unit pemrosesan, CPU, memori dan penyimpanan komputer Anda.

Sistem operasi mengkoordinasikan semua ini untuk memastikan setiap program mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

 

Berbagai Jenis Sistem Operasi


Sistem operasi biasanya datang pre-loaded pada komputer manapun yang Anda beli. Kebanyakan orang menggunakan sistem operasi yang disertakan dengan komputer mereka, namun memungkinkan untuk melakukan upgrade atau bahkan mengubah sistem operasi. Tiga sistem operasi yang paling umum untuk komputer pribadi adalah Microsoft Windows, Mac OS X dan Linux.


Baca Juga Manfaat Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari


Sistem operasi modern menggunakan antarmuka pengguna grafis, atau GUI (diucapkan lengket). GUI memungkinkan Anda menggunakan mouse Anda untuk mengklik ikon, tombol dan menu serta semuanya ditampilkan dengan jelas di layar menggunakan kombinasi grafik dan teks.

Setiap GUI sistem operasi memiliki tampilan dan nuansa yang berbeda, jadi jika Anda beralih ke sistem operasi yang berbeda, hal itu mungkin terasa asing pada awalnya. Namun, sistem operasi modern dirancang agar mudah digunakan dan sebagian besar prinsip dasarnya sama.

1. Sistem Operasi Microsoft Windows


Microsoft menciptakan sistem operasi Windows pada pertengahan tahun 1980an. Selama bertahun-tahun, ada banyak versi Windows yang berbeda, namun yang paling baru adalah Windows 10 (dirilis pada tahun 2015), Windows 8 (2012), Windows 7 (2009) dan Windows Vista (2007). Windows hadir pre-loaded pada kebanyakan PC baru, yang membantu menjadikannya sistem operasi paling populer di dunia.

2. Sistem Operasi Mac OS X


Mac OS adalah jajaran sistem operasi buatan Apple. Muncul dimuat di semua komputer Macintosh baru, atau Mac. Semua versi terbaru dikenal sebagai OS X (diucapkan OS Ten) dan versi spesifiknya termasuk El Capitan (diluncurkan pada tahun 2015), Yosemite (2014), Mavericks (2013), Mountain Lion (2012) dan Lion (2011) .

Menurut StatCounter Global Stats, pengguna Mac OS X memiliki kurang dari 10% sistem operasi global-jauh lebih rendah daripada persentase pengguna Windows (lebih dari 80%). Salah satu alasannya adalah komputer Apple cenderung lebih mahal. Namun, banyak orang lebih memilih tampilan dan nuansa Mac OS X daripada Windows.

3. Sistem Operasi Linux


Linux (diucapkan LINN-ux) adalah keluarga sistem operasi open-source, yang berarti dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapa saja di seluruh dunia. Ini berbeda dengan perangkat lunak berpemilik seperti Windows, yang hanya bisa dimodifikasi oleh perusahaan yang memilikinya. Keunggulan Linux adalah gratis dan ada banyak distribusi atau versinya, yang dapat Anda pilih.


Baca Juga Dampak Positif dan Negatif Sistem Informasi


Nah, sekian pembahasan mengenai artikel tersebut. Jika Anda menyadari peluang karir yang menarik dalam ilmu komputer, namun mungkin Anda akan terkejut setelah mengetahui peran dan berbagai cara yang harus anda lakukan untuk mengoperasikan komputer. Hal inilah yang dilakukan untuk membantu orang dalam memainkan peran penting saat berkomunikasi melalui komputer.

Begitulah peranan komputer dalam kehidupan kita yang dapat membantu banyak orang untuk mempermudah penggunanya. Ini bakalan menguntungkan banyak orang, termasuk anda sendiri. Pastinya anda juga pernah menggunakan komputer dengan berbagai macam fungsinya untuk membantu anda. 

Jadi, itulah yang merupakan manfaat komputer dalam kehidupan masyarakat.

Sekian artikel sepuatr dunia teknologi dengan judul Penjelasan Jenis Sistem Operasi Komputer. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, terima kasih.

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.
Artikel Unggulan
Artikel Pilihan Pengunjung
Artikel Tentang Kesehatan

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami