√ Dampak Positif Dan Negatif Dari Sistem Informasi Teknologi - - Kang Yusuf -->
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Dampak Positif Dan Negatif Dari Sistem Informasi Teknologi

Daftar Isi [Tampil]
    beberapa dampak positif dan negatif dari sistem informasi teknologi tersebut di masa kini
    Dampak Positif dan Negatif Dari Sistem Informasi Teknologi
    Pesatnya perkembangan sistem informasi membuat semakin cepatnya perkembangan suatu wilayah sehingga terdapat beberapa dampak positif dan negatif dari sistem informasi teknologi tersebut di masa kini. Tentunya kita harus pintar dan jeli didalam menganalisis dan mempraktekan kecanggihan teknologi tersebut sehingga tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan.

    Perkembangan teknologi memang begitu pasat seperti di negara ini, sedikit saya menceritakan bagaimana teknologi itu berjalan. Teknologi dalam dunia ekonomi atau dalam dunia perusahaan dapat memperbanyak pengangguran.

    Karna sifat dari teknologi adalah mereka berlomba-lomba menciptakan alat yang mempermudah pekerjaan manusia sebagai contoh: Dengan adanya cctv Perusahaan tidak banyak mencari karyawan satpam, Dengan adanya kartu jalan tool maka tidak perlu penjaga jalan tool

    Sistem teknoloogi saat ini memag berkembang sangat pesat sekali bisa di lihat dari tahun ke tahun pengguna HP/Smartphone melonjak naik begitu pesat. Yang tentunya ada dampak positif dan dampak negatif baik itu untuk dari segi ekonomi maupun gaya hidup masyarakat.




    Harus kita akui bahwa sistem informasi teknologi mempunyai dampak penting di kehidupan masyarakat yang sekarang ini sebagai contoh dasar dampak negatif dengan adanya teknologi adalah HP, Mungkin ini bisa anda rasakan sendiri jika sehari tidak memegang HP mungkin anda seperti orang gila, karna sekarang semua komunikasi menggunakan HP jadi bisa anda pikirkan jika Handphone tertinggal di rumah meskipun jarak yang jauh pasti anda akan tetap mengusahakan mengambilnya.

    Untuk artikel ini bisa di harapkan nantinya kita mengerti apa itu teknologi dan bagaimana kita harus menyikapi teknologi agar kita tidak terlalu terjebak ke dalam dunia teknologi, meskipun teknologi  yang sekarang penting bagi kehidupan manusia. kok bisa teknologi penting bagi kehidupan manusia? ini merupakan pertanyaan yang ada dalam materi kuliah saya dan setelah saya pelajari orang ytknologi slalu berlomba lomba menciptakan alat agar mempermudah pekerjaan manusia seperti robot.

    Saat ini tidak bisa dipungkiri lagi bahwa teknologi sudah termasuk dalam kebutuhan pokok kehidupan manusia. Mulai dari hal yang kecil sampai hal yang besar. Baik dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, bahkan manula sekalipun bergantung kepada teknologi, khususnya yang bagi mereka yang berada di daerah perkotaan.

    Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat mulai dari alat komunikasi, transportasi, pengobatan, hiburan, dan masih banyak yang lainnya. Tetapi dilain hal, perkembangan teknologi juga membawa dampak baik juga buruk terhadap kehidupan manusia, berikut penjelasannya :


    * Dampak Positif Teknologi saat ini, diantaranya :

    1.  Dapat mencari dan memperoleh informasi dengan mudah dan cepat
    2. Semakin cepat dalam hal : berkomunikasi, mencari informasi, bepergian, dll
    3. Dapat menghemat waktu, efisien, efektif
    4. Sarana mendapat hiburan dengan mudah


    *Dampak Negatif Teknologi saat ini, diantaranya  :

    1. Penyalahgunaan terhadap fungsinya, terutama di bidang Komunikasi (Sos-Med)
    2. Banyak beredar informasi hoax
    3. Ada juga informasi yang kurang mendidik

    Berikut, Adalah penjelasan tentang Dampak positif dan negatif terkait teknologi pada kehidupan manusia. Teknologi dapat memberi manfaat positif juga negatif itu semua tergantung kita yang memanfaatkan teknologi tersebut.

     

    Apakah Teknologi Dapat Merusak Masyarakat ?


    Untuk pertanyaan apa bisa merusak masyarakat teknologi itu? kita harus bisa melihat dari sisi mana terlebih dahulu, kalau kita melihat dari sisi negatif tentu ada contohnya masyarakat yang sekarang lebih kurang untuk bersosialisai terhadap tetangga lebih baik dan senang untuk di rumah dan memilih kesibukan masing-masing yang menimbulkan jauhnya tali persaudaraan.

     

    Dampak Positif Dan Negatif Dari Sistem Informasi Teknologi

     

    1. Teknologi slalu berkomitmen mempermudah pekerjaan manusia


    Nah ini dia dalah satu di ciptakanya teknologi ya untuk mempermudah pekerjaan manusia, jadi nggak heran sekarang di mana mana slalu ada teknologi, baik itu di luar mupun di rumah teknologi sudah ada, Dengan adanya tekologi manusi sangat terbantu seperti dalam hal kecilnya saja perhitunyan dulu orang ketika tidak ada kalkulator mengalikan uang dengan manual yang itu sangat tidak efisen.


    Baca Juga Manfaat Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari


    Karena membuang waktu begitu banyak namun sekarang sudah ada kalkulator dan mesin penghitung uang otomasis. dan begitu juga robot yang sekarang dapat membersihkan rumah yang pasti teknologi kedepanya orang akan di buat tidur saja semua pekerjaan biar teknologi yang bekerja..

     

    2. Mengubah Sistem Manualisasi Menjadi Komputer


    Di jaman dahulu perusahaan ketika ingin menginputkan data karyawan atau ketika ingin menggaji karyawan mereka membutuhkan banyak orang untuk menginputkan data karyawan agar cepat, Namun di jaman penuh teknologi seperti sekarang ini menginput data karyawa tidak perlu membutuhkan buku dan susah ketika ingin mencari datanya lagi, jaman sekarang sudah menginputkan data karyyawan hanya melalui komputer dan ketika ingin menggaji hanya melalui bank dengan sistem transfer..

     

    3. Informasi Yang Mudah Didapat


    Jika anda lahiran pada tahun 2000 kebawah tentu anda bakal sangat merasakan begitu pentingnya teknologi mengapa? dulu ketika ingin mendapatkan informasi seseorang hanya bisa melalui surat dan itu harus mengunggu beberapa hari agar surat sampai bisa di bayangkan tentunya jika anda berpisah dari istri dan di luar kota tanpa kabar, Namun untuk jaman sekarang dengan adanya teknologi semua bisa di akses, tidak di perlukanya surat menyurat untuk mendapatkan kabar bahkan untuk sekarang ini kita bisa melalukan Vidio Call. Wahhh bisa kita rasakan tentunya untuk itu jangan lupa kita bersyukur.

    4. Mudah mendapatkan ilmu
    5. hemat waktu, efisien, efektif
    6. Mendapatkan Hiburan Dengan Mudah
    7. Cepat mengakses Data

     

    Dampak Negatif  Dari Sistem Informasi Teknologi


    Setiap teknologi ini juga memiliki dampak negatif lo lalu apa dampaknya? Meskipun lebih banyak kelebihan di timbang kekurangan teknologi namun dari segi teknologi juga sangat berpengaruh. Dengan adanya teknologi di negera tersebut memang negara akan semakin pesat pengguran namun dengan adanya teknologi Pengangguran di negara jiga akan semakin bertambah, Mengapa? Ya tentu karana dengan adanya teknologi dapat mengubah sistem manualisasi menjadi komputerisasai berikut contoh contohnya:

     

    1. Teknologi menghancurkan Ekonomi


    Contoh simpelnya adalah dengan adanya teknologi cctv dalam setiap perusahaan tidak perlu terlalu banyak satpam, Tool dulu ketika anda ingin memusuki tool anda akan membayar ke tellernya terlebih dahulu dan mengantri di belakang namun sekarang tidak ada tellernya lagi hanya menggunakan kartu, sedangkan teknologi yang masih hangatnya adalah Robot dapat mengerjakan pekerjaan rumah wahhh amazing bukan besok tidak perlu pembatu lagi tentunya.

     

    Dampak negatif lainya:

    • Banyak berita hoaks
    • banyak situs negatif yang merusak bangsa
    • timbul kejahatan peretas/hacker
    • informasi yang tidak mendidik
    • memudarkan tali silaturahim karna kumpul hanya hp yang di pegang

     

    Beberapa Dampak Positif dan Negatif dari Sistem Informasi


    Dampak Positif Dari Sistem Informasi Teknologi

    Pesatnya perkembangan media digital secara nyata akan membawa suatu pola pikir, sikap dan tindakan / prilaku bagi setiap individu. Dalam wacana praktis, perubahan tersebut paling tidak akan membawa individu ke dalam pola hidup yang menurutnya efektif dan efesien. Alasan dasar inilah bagi para kaum kosmopolitan bahwa perkembangan media digital merupakan media pencerah peradaban yang lebih maju.


    Baca Juga 5+ Teknologi Terpopuler di Dunia


    Yang jelas pada aras ini, perkembangan media digital akan membawa dampak positivisme sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Seperti yang dikutip oleh Zulkarimien Nasution Dalam bukunya Teknologi Komunikasi Dalam Perspektif, suatu lokakarya kebijakan komunikasi yang bertema “The power of the individual in the information age” di Aspen Istitute, Colorado, Amerika
    Dimana media digital sebagai sebuah aset terutama dalam hal revolusi teknologi komunikasi dan informasi, maka ada kecendrungan membawa harapan-harapan berupa:


    A. Kebebasan dan kompetensi individual akan ditingkatkan:

    1.     Kemajuan dalam pengolahan informasi dapat memperluas daya bakat dan kemampuan manusia (human talent). Seyogiyannya beasiswa atau program lainya digunakan untuk “ mendorong kecapatan adaptasi” untuk membujuk masyarakat dari lapangan yang berbeda agar belajar begaimana menggunakan dan memetik manfaat dari teknologi infomasi.
    2.     Sistem-sistem yang baru akan menjamin kenyamanan pribadi yang lebih besar pada individu, suatu rumah yang lebih aman, dan bahkan” kesepian yang lebih bekurang.”
    3.     Masyarakat akan menulis lebih baik dan lebih cepat dan menyimpan dan berhubungan dengan ide sacara lebih baik, terima kasih kepada pengolah kata (word-processors).
    4.     Individu akan menikmati bukan sekedar effisiensi yang lebih tinggi dalam melakukan tugas harian, tapi interaksi yang lebih besar dengan orang dan kepentingan yang lain, jadi merangsang kreatifitas dan partisipasi pribadi.
    5.     Pendidikan dapat dibuat lebih demokratis: metoda mengajar dengan menggunakan computer akan bersifat responsive kepada individu, kepada kebutuhan dan gaya belajar siswa tertentu.
    6.     Karakteristik sebagian besar dari penanganan informasi saat ini yang membosankan akan dapat disembuhkan, membebaskan untuk menggunakan waktu pada kreatifitas yang tinggi.


    B. Kemajuan yang berikutnya akan memperkokoh ekonomi:

    1.     Teknologi yang lebih efesien akan membantu pekerjaan informasi lebih produktif.
    2.     Teknologi dapat menjadi subsitusi yang bersih dan energy-lean bagi proses-proses lain yang menimbulkan polusi dan menghabiskan sumber daya enerji.
    3.     Informasi pasar lebih mudah diperoleh, menghasilkan transaksi yang lebih efesien dan langkah yang lebih persis untuk memperbaiki kegagalan.
    4.     Penyampaian jasa akan menjadi lebih murah, sebab sistem baru memperluas “kehadiran” penyedia jasa dan membantu dalam membangkitakan pasar.
    5.     Dengan berkurangya ketidakpastian, penyesuaian perniagaan dan pemerintah kepada kondisi yang baru akan bertambah cepat dan lebih efektif.


    C. Tawaran dari media akan menyajikan suatu rentang minat dan selara yang luas

    1.     Berkembangnya biaknya saluran media ke rumah.
    2.     Sistem-sistem baru seperti videoteks akan memudahkan biaya dan keikutsertaan dalam kompetisi media dan jasa informasi baru, membuat bertambah mendekatnya masa dimana “ setiap orang merupakan penerbit sendiri.”
    3.     Konvergensi dari teknologi akan menuju suatu fleksibilitas modes komunikasi yang lebih besar, seperti telah dicontohkan oleh mulainya suratkabar ke dalam bentuk penyampaian digital yang berbentuk khusus.


    D. Ikatan Komunitas akan bertambah luas dan kokoh:

    1.     Media interaktif akan memperluas respon terhadap kebutuhan manusia.
    2.     Computer akan membuat sistem informasi yang saat sekarang masih incompatible menjadi compatible.

    Dampak Negatif Dari Sistem Informasi Teknologi


    Bagi cara pandang kaum fundamental akan sangat berbeda dengan kaum kosmopolitan. Mereka menganggap pesatnya pekembangan media digital sebagai salah satu faktor yang dapat mengaakibatkan perbenturan budaya. Dalam pandangan Mark Slouka, ini seperti sebuah paradoks. Di satu pihak, media digital dapat membuka cakrawala dunia yang sangat menjanjikan yang kaya warna, kaya nuansa, kaya citra, namun disisi lain ini akan menjadi sebuah dunia yang seakan-akan tanpa kendali.

    Karenanya menurut hemat saya, dampak pesatnya media digital paling tidak akan membawa beberapa dampak perubahan negatif seperti:

    1.     Membudayanya budaya massa dalam suatu komunitas masyarakat, dimana pola kehidupan yang dinamis ditimbulkan karena adanya keinginan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
    2.     Rasa sosial terhadap lingkungan sekitar menjadi acuh.
    3.     Terjadinya polusi informasi.
    4.     Merebaknya kejahatan teknologi seperti pelanggaran hak cipta / pembajakan, cybercrime (kejahatan maya).
    5.     Tumbuhnya sikap hedonisme dan konsumtif.

    Sebagai kesimpulan akhir, bagaimanapun dunia yang semakin mengglobal dan pesatnya perkembangan media digital apabila di sikapi secara arif dan cerdas, maka yang akan terjadi adalah dampak postif tersebut akan berpihak terhadap kita, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, tampaknya kita harus berkontemplasi sejenak bahwa, “sebenarnya perkembangan globalisasi yang salah satunya ditandai adanya perkembangan media digital itu tidaklah berbahaya, akan tetapi seharusnya kita tahu bagimana memposisikannya dengan tepat, itulah kata kuncinya.” 

    Nah tentu setelah anda melihat artikel di atas anda harus berfikir dan merenungkan sejenak bagaimana sekarang teknologi telah berkembang pesat dan anda harus belajr teknologi agar kelak anda tidak menjadi korban seperti orang di luar sana, bila perlu anda dapat membuat program yang dapat menaikan nama perusahaan anda.

    Sekian deh artikel seputar teknologi dengan pokok bahasan beberapa dampak positif dan negatif dari sistem informasi teknologi tersebut di masa kini. Semoga bisa memberikan wawasan dan informasi yang edukatif bagi temen temen sebagai pembaca :-D

    Penelusuran yang terkait dengan dampak positif dan negatif sistem informasi dampak positif dan negatif teknologi dampak positif dan negatif komunikasi dampak positif dan negatif teknologi bagi kehidupan manusia dampak positif dan negatif perkembangan sistem informasi bagi perusahaan dampak negatif teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dampak positif teknologi informasi apa dampak negatif perkembangan teknologi bagi manusia dampak positif teknologi bagi kehidupan manusia.

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Hai

    Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

    Pemilik Kang Yusuf
    +62 823-7775-4543
    Call us to +62 823-7775-4543 from 0:00hs a 24:00hs
    Hai, ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Tanya Kami