√ Strategi Cara Iklan Instagram Tertarget Dengan Modal Rendah - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Strategi Cara Iklan Instagram Tertarget Dengan Modal Rendah

Daftar Isi [Tampil]


    Pelajari strategi cara beriklan instagram ads tertarget dengan modal rendah dan jitu. Termasuk cara iklan instagram tertarget yang strategis. Muncul pertanyaan bagaimana cara iklan di instagram yang tertarget baik di story, sorot dan untuk paid promote yang jitu ? Perlu kita ketahui dan pelajari bahwa instagram ads saat ini cukup memberikan dampak yang posisitf bagi pelaku bisnis online baik menawarkan jasa, produk bahkan e-commerce. 

    Hal ini memberikan peluang kepada para pelaku internet marketing didalam mengoptimalkan bisnisnya melalui media promosi instagram Ads. Maka dari itu simak dan pelajari strategi iklan instagram tertarget ini dengan baik ya.


     
    Sebagai salah satu platform sosial media visual yang memiliki miliaran pengguna, Instagram juga memberikan kesempatan beriklan yang lebih prospektif melalui fitur Instagram Ads (Advertising). Iklan yang berupa konten berbayar di Instagram ini dapat menjangkau audience yang lebih luas dan lebih spesifik targetnya.

    Melansir dari Dewaweb, 60% pengguna Instagram menyatakan bahwa mereka menemukan banyak produk baru dari platform ini dan 75% terinspirasi untuk melakukan sesuatu (action) setelah melihat post di Instagram. Baca Juga Cara Ampuh Mengembangkan Bisnis Online Secara Tertarget

    Walau Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit uang untuk promosi dan menambah brand exposure Anda, Anda perlu tahu cara-cara berikut ini untuk memaksimalkan Instagram Ads tanpa merogoh kocek berlebih. 

    Sebelum mempelajari bagaimana cara ampuh  beriklan di instagram yang tertarget. Mari dengan seksama kita pelajari cara mudah dan simpel membuat instagram Ads.

    Cara Membuat Iklan Instagram Ads

    Strategi Cara Iklan Instagram Tertarget Dengan Modal Rendah

    Salah satu hal yang harus Anda ketahui tentang Instagram Ads adalah Anda membutuhkan akun Facebook untuk mulai membuat Instagram Ands Anda.

    Ada lima cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk memulai iklan di Instagram, yaitu melalui:

    1.     Aplikasi Instagram sendiri
    2.     Facebook Ads Manager
    3.     Facebook Power Editor
    4.     Facebook’s Marketing API
    5.     Instagram Partners

    Dari kelima cara di atas, cara yang paling mudah untuk membuat sebuah iklan di Instagram adalah melalui Facebook Ads Manager.

    Facebook Power Editor dan Facebook’s Marketing API akan lebih cocok digunakan bagi anda yang perlu membuat iklan Instagram dalam jumlah banyak di waktu yang bersamaan. Instagram Partners adalah untuk experts yang bisa membantu Anda membeli dan mengelola ads Anda sambil membuat konten untuk Anda.


    Strategi Cara Beriklan di Instagram Tertarget

    Strategi Cara Iklan Instagram Ads Tertarget Dengan Modal Rendah

    Rincian Biaya Beriklan di Instagram Ads dan Demografis 

    Rata-rata biaya CPC atau cost-per-click di Instagram Ads pada kuartal ketiga tahun 2017 berkisar antara 0.70 hingga 0.80 USD untuk semua pengguna Instagram, berdasarkan AdEspresso. 

    Sedangkan pengguna Instagram digolongkan berdasarkan kategori usia dan gender, yakni 59 % berusia 18-29 tahun, 33% berusia 30-49 tahun, 18% berusia 50-64 tahun, dan 8% lainnya berusia 65 tahun ke atas. Sedangkan, 38% pengguna Instagram merupakan perempuan, lebih banyak dari pengguna laki-laki (26%).
     

    Cara Membuat Iklan Instagram Ads Tertarget

    Strategi Cara Iklan Instagram Ads Tertarget Dengan Modal Rendah

    Membuat Instagram Ads hanya memerlukan akun Facebook dan juga sedikit waktu. Tersedia lima cara untuk mulai beriklan dengan Instagram Ads, yakni melalui aplikasi Instagram, Facebook Ads Manager, Facebook Power Editor, Facebook’s Marketing API, dan Instagram Partners.

    Umumnya, aplikasi Instagram sendiri dan Facebook Ads Manager adalah pilihan utama pemula dalam beriklan dengan fitur ini. Sedangkan, Facebook Power Editor dan Facebook’s Marketing API akan lebih tepat digunakan untuk membuat iklan yang banyak dalam waktu bersamaan. Pelajari strategi instagram ads tertarget dengan modal rendah.

    Hal yang perlu dilakukan adalah memilih tujuan atau objective pemasaran Anda di Instagram, yang secara umum dikategorikan menjadi:
    • Awareness, terbagi menjadi brand awareness dan reach;
    • Traffic, terbagi menjadi traffic, engagement, app installs, videos views, lead generation; dan
    • Conversion, terbagi menjadi conversions, product catalog sales, store visits.
    Perlu Anda ingat, beriklan adalah sebuah proses trial & error, jadi sebaiknya pilih dengan bijak tujuan beriklan yang bisa ditelusuri oleh Instagram.
     

    1. Tentukan Nama campaign Instagram Ads Anda

    Tentukan nama serangkaian iklan yang berkaitan (convention) dan nama campaign Anda. Memang terdengar seperti hal sepele, namun hal ini akan mengelompokkan audience Anda dalam jangka waktu tertentu.

    Mengelola campaign yang sudah Anda punya sebelumnya akan mempermudah pengelolaan dan penelusuran audiences yang sudah Anda kumpulkan.

    Jika Anda berencana mengumpulkan audiences dengan kualifikasi yang lain/baru, membuat campaign baru bisa menjadi pilihan Anda. Pemberian nama campaign akan menentukan negara, jaringan, bahasa, dan tipe campaign Anda.

    2. Optimalkan Penempatan Jenis Iklan


    Anda bisa menempatkan satu iklan pada lebih dari satu lokasi penempatan. Hal ini juga saling berpengaruh dengan objective Instagram Ads yang sudah dipilih. Beberapa penempatan iklan Instagram Ads yakni:
    • Facebook (baik mobile atau desktop, news feed atau di sebelah kanan tampilan Facebook)
    • Instagram (feed, stories)
    • Audience network
    • Messenger
    • Instant Articles
    • In-stream video
    Direkomendasikan untuk mengedit pilihan penempatan iklan Anda karena ini akan mempermudah pelacakan dan penelusuran performa iklan Anda berdasarkan platform, begitu menurut Shelby Cunningham (Media Buyer Sprout Social).
     

    3. Pilihlah Target audience yang Tepat

    Pilih sasaran audience untuk iklan Anda, berdasarkan lokasi, umur, gender, bahasa, detailed targeting (karakteristik demografis seperti pendidikan dan gaya hidup serta peminatan), dan koneksi. Setelah menentukan klasifikasi sasaran audiences

    Anda akan diberitahu seberapa spesifik atau luas audiences yang Anda incar serta perkiraan hasil harian. Pelajari strategi instagram ads tertarget dengan modal rendah.
     

    4. Tentukan budget dan Atur Jadwal Instagram Ads

    Penentuan jadwal tayangnya iklan Instagram Ads akan mempengaruhi budget beriklan Anda. Pilihan budget yang tersedia yakni daily budget yang bersifat harian dan lifetime budget yang berlaku selama masa aktif campaign iklan Anda.

    Biaya beriklan Anda juga ditentukan berdasarkan jumlah bidding (otomatis, manual), nilai relevansi (relevance score), dan estimated action rates (estimasi seberapa banyak orang akan meng-klik iklan saat melihat iklan tersebut).
     

    5. Pergunakan Setting Format yang Sesuai

    Sebagai langkah terakhir, pilihlah format post yang sesuai dengan iklan Anda, antara single image, single video, slideshow, carousel, Instagram stories single image, Instagram stories single video. Jangan lupa untuk memberikan rincian iklan seperti judul, teks/ caption dan tombol CTA (call-to-action).

    Sedikit saran, jika Anda pebisnis yang baru pertama menggunakan Instagram Ads, sebaiknya gunakan carousel sebagai format awalan. Pasalnya, format carousel menampilkan 2-10 gambar atau video sehingga pengguna bisa lebih lama melihat iklan. Baca Juga Pelajari Instagram Insight Untuk Target Audiens Bisnis Anda


    Siapa bilang beriklan di Instagram bisa membuat Anda mengeluarkan banyak uang? Dengan cara-cara di atas, kini Anda bisa tetap maksimal memasang iklan bisnis di Instagram tanpa harus mengganggu kondisi keuangan.
     
    Perlunya Anda belajar Social Media Digital marketing untuk mempelajari lebih mendalam. Instagram merupakan media sosial yang dijadikan sebagai media promosi yang menjanjikan sekali di Indonesia. Nah bagi Anda yang ingin mencari agency untuk membantu bisnis Anda menjadi lebih berkembang. Bisa mengunjungi digital agency jakarta ini. 

    Dengan adanya digital agency yang telah berpengalaman dibidangnya. Tentu akan memberikan arahan dan problem solving dari kendala yang sedang bisnis Anda. Sehingga mampu memberikan hasil yang terbaik dan optimal untuk perkembangan bisnis Anda.

    Cara Membuat Sebuah Postingan Promo di Instagram

    Jika Anda ingin mempromosikan posting Instagram yang ada, cara tercepat dan termudah untuk melakukannya adalah melalui aplikasi Instagram itu sendiri. Namun, Anda tidak dapat menggunakan aplikasi untuk menyiapkan kampanye yang lebih kompleks atau mengubah detail dari postingan Instagram Anda sebelum mempromosikannya.

    Sebelum Anda dapat mempromosikan Anda posting Instagram langsung di aplikasi, Anda harus mengisi beberapa persyaratan:

    •     Anda perlu mengkonversi ke Profil Bisnis Instagram.
    •     Anda harus menjadi Admin dari Halaman Facebook yang terhubung ke akun Instagram
    •     Anda harus mengikuti Kebijakan Periklanan Facebook

    Setelah Anda siap, berikut cara membuat promosi Instagram tanpa meninggalkan aplikasi:

    1.     Buka aplikasi Instagram Anda
    2.     Buka profil Anda
    3.     Pilih pos yang ingin Anda promosikan
    4.     Di bawah gambar pos, tap tombol promote

    Setelah itu, Anda perlu melakukan hal-hal di bawah ini:

    •     Pilih dari dua tujuan iklan yang tersedia: “Kunjungi Situs Web Anda” (Visit your Website) atau “Hubungi atau kunjungi bisnis Anda” (Call of visit your business)
    •     Isi rincian promosi Anda dengan mengatur hal-hal seperti Objective, Destination, Action Button, Audience, Budget, dan Duration. Lalu klik “Create Promotion”. 

    Contoh Kata-kata Promosi di Instagram yang Tertarget

    Ada dua jenis tipe kata kata atau kalimat promosi Instagram, yaitu yang singkat dan yang panjang. Untuk kalimat yang singkat biasanya dituliskan oleh brand-brand yang telah memiliki nama dan kepercayaan dari para pelanggan.

    Jadi hanya cukup menambahkan postingan foto yang menarik kemudian menuliskan beberapa caption promosi yang singkat berikut ini, bila tertarik maka orang akan langsung ingin mengetahui lebih lanjut dengan membuka profil Instagram. Berikut adalah contoh kata promosi IG yang singkat.

    1. Produk baru keluar dari gudang, buruan serbu.
    2. Dapatkan promo 35% untuk setiap pembelian produk pada minggu ini.
    3. Garansi uang kembali jika baju tidak sesuai dengan ukuran.
    4. Hanya di (nama brand kosmetik), Anda dapat memiliki lipstik dengan kualitas terbaik.
    5. Dapatkan bonus celana gamis untuk setiap pembelian baju selama promo berlangsung.
    6. Cuci gudang berlangsung, beli semua jenis produk jilbab dengan diskon 50%.
    7. Beli 1 gratis 1 untuk setiap pembelian produk sebelum tanggal 17 Agustus.

    Penutup

    Cara Iklan Instagram Tertarget

    Nah sekian dulu deh artikel terkait mempelajari strategi iklan instagram ads tertarget dengan modal rendah. Semoga bisa Anda praktikan dan pelajari dengan baik untuk terus menumbuh kembangkan bisnis online Anda di platform media sosial Instagram. 

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga