√ Keunggulan dan Perbedaan Domain .ID dan .COM - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Keunggulan dan Perbedaan Domain .ID dan .COM

Daftar Isi [Tampil]

    Keunggulan dan Perbedaan Domain .id dan .com. Bagi kamu sebagai pelaku usaha yang faham akan teknologi berupa website. Pastinya sudah cukup tahu terkait domain, hosting, dan sejenisnya.

    Pelaku bisnis zaman sekarang umumnya sudah menjadikan usahanya menjadi Go Digital. Dimana yang awalnya hanya mengandalkan toko dan ruko Offline.

    Sekarang sudah membuat website sendiri sebagai media promosi bahkan untuk profil perusahaan atau bisnisnya.

    Selanjutnya, apa keunggulan dan perbedaan domain .ID dan .COM itu ? Pastinya kamu ingin tahu lebih lanjut kan. 

    Silahkan simak sampai tuntas ya.

    Keunggulan dan Perbedaan Domain .ID dan .COM

    Keunggulan dan Perbedaan Domain .ID dan .COM

    Yang perlu kamu ketahui bahwa domain adalah suatu nama unik yang berfungsi untuk mengidentifikasi nama server komputer. 

    Nama domain ini bertujuan untuk mempermudah mengakses ke suatu alamat situs, daripada menggunakan deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. 

    Untuk membangun suatu website diperlukan nama domain dan webhosting agar nama domain dapat digunakan dan diakses pada dunia internet. 

    Nama domain sendiri mempunyai ragam jenis dan penggunaannya tergantung dengan tujuan dan lokasi negara tersebut.

    Domain mempunyai jenis seperti .com , .net , .org , .info , .edu , .mil , .gov dan .id. Untuk nama domain ini disebut dengan TLD (Top Level Domain). 

    Perbedaan Domain .id atau .com 

    Berikut ini adalah perbedaan antara domain .id dan .com yang patut untuk kamu ketahui lebih lengkap.

    Hak secara Global

    Ekstensi untuk domain .COM merupakan domain yang bersifat internasional. Dimana domain .COM ini dapat dimiliki oleh siapa saja di seluruh dunia. 

    Hal tersebut tidak dibatasi oleh bentuk perusahaan, bahkan individu saja bisa memiliki ekstensi domain .COM.

    Adapun domain .ID merupakan Country-Code Top Level Domain (cc-TLD). Oleh karena itu, ekstensi domain ini hanya bisa dimiliki oleh website yang berada di negara Indonesia.

    Untuk jenis ekstensi domain ini tidak sama dengan .COM alias terbatas dalam hal kepemilikan. Pihak yang diperbolehkan menggunakan ekstensi domain .ID adalah pihak-pihak yang telah memenuhi syarat dan ketentuan.

    Contohnya dimana untuk mempunyai ekstensi domain .GO.ID hanya boleh dimiliki oleh lembaga pemerintah di Indonesia, AC.ID hanya boleh dimiliki oleh lembaga pendidikan atau akedemik baik formal maupun non-formal yang ada di Indonesia.

    Syarat untuk Memiliki Domain

    Bagi kamu yang ingin membeli domain .COM tidak diberikan syarat atau ketentuan apapun. Dimana siapapun dan negara manapun bebas untuk bisa mempunya dan membeli sebuah website dengan ekstensi domain .COM.

    Berbeda lagi dengan domain .ID. Bagi kamu yang ingin membeli domain .ID, ini terdapat syarat dan ketentuan yang khusuu diminta beragam. Mulai dari paspor, akta, SIUP, akta notaris, dan semacamnya tergantung dari ekstensi domain .ID mana yang ingin kamu miliki.

    Tentunya domain .COM lebih mudah untuk di miliki daripada domain .ID dari segi administrasinya.

    Batas Jangkauan Akses

    Bagi website dengan domain .COM memiliki jangkauan yang luas. Ekstensi domain ini dapat diakses siapa saja dari seluruh dunia. 

    Dimana domain ini memiliki skala internasional. Maksudnya setiap negara bebas untuk mengakses informasi yang ada pada website tersebut dengan mudah.

    Berbeda dengan domain .ID, karena domain .ID ini merupakan domain khusus negara Indonesia. Ekstensi domain ini hanya bisa digunakan dengan skala lokal yaitu negara Indonesia.

    Menariknya lagi bahwa ekstensi domain .ID ini terpantau dan terjaga keamanannya seba dijaga secara eksklusif oleh pemerintah secara khusus untuk negara Indonesia.

    Keunggulan Domain .ID dan .COM

    Keunggulan Domain .ID dan .COM

    Selanjutnya adalah beberapa keunggulan dari domain .ID dan .COM yang menarik untuk kamu ketahui.

    Akses di Internet

    Dari dua ekstensi ini jika market kamu global, tentunya domain .COM sangat di unggulkan daripada .ID. Sebab domain .COM sangat bisa diakses dan dikunjungi oleh mesin pencarian dari seluruh dunia.

    Pastinya untuk mendapatkan akses secara internasional pun lebih unggul. Jika domain .ID hanya bisa dibuat khusus di negara Indonesia saja. 

    Kamu selain warga negara Indonesia tidak bisa membuat domain .ID dari negara kamu tinggal.

    Branding

    Untuk branding domain .COM dan .ID sama-sama memiliki kelebihan tersendiri. Bagi domain .COM bisa menjangkau skala internasional, Sehingga lebih leluasa untuk dikenali oleh pengunjung asing.

    Jika market kamu negara Indonesia, domain .ID sangat cocok untuk dijadikan ekstensi domain pada website kamu. Sebab khusus untuk negara Indonesia yang resmi.

    Harga

    Keunggulan yang menarik antara domain .ID dan .COM yaitu dari segi harga. Harga yang dikeluarkan untuk mendapatkan domain .ID terkesan lebih mahal daripada .COM.

    Sebab domain .ID khusus untuk negara Indonesia sehingga terkesan eksklusif. Adapun domain .COM itu umum alias siapapun bisa dengan mudah untuk mendapatkanya.

    Sehingga hargannya pun terbilang terjangkau atau lebih murah daripada domain .ID.

    Menariknya dari para penyedia domain, terkadang mereka memberikan penawaran yang menarik seperti, beli domain gratis, beli hosting gratis domain dan paket menarik lainnya. 

    Oia ketika kamu membeli hosting untuk keperluan website. Pastinya kamu akan menjumpai beberapa kata atau fitur yang jarang kamu jumpai.

    Termasuk cpanel, bandwidth, template, account manager, dan sejenisnya. Disini Kang Yusuf akan memberi tahu sedikit dari beberapa nama tersebut.

    Cpanel adalah sebuah kontrol panel yang berfungsi untuk mengelola pengaturan domain, hosting ataupun website. Sehingga dengan adanya cpanel proses pengaturan website kamu akan lebih mudah.

    Muncul beberapa pertanyaan seputar domain .ID dan .COM antara lain sebagai berikut,

    Apakah domain .COM Bayar ?

    Sebab domain .COM ini domain skala internasional dan resmi.

    Kenapa domain .COM mahal daripada domain MY.ID ?

    Secara usia domain .COM lebih dikenal oleh seluruh negara daripada domain MY.ID.

    Mengapa menggunakan domain MY.ID?

    Domain MY. ID ini merepresentasikan website sebagai “my identity” atau “my international domain”. Oleh karenanya domain ini sangat cocok untuk website pribadi seperti blog pribadi bahwa menjadi website portofolio.

    Penutup

    Sekian deh artikel dari Kang Yusuf kali ini yang berjudulkan mengenai Keunggulan dan Perbedaan Domain .ID atau .COM. Semoga bisa memberikan wawasan dan informasi menarik kepada kamu yang membutuhkan.

    Terima kasih sudah hadir dan membaca artikel ini.

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Hosting Indonesia DomaiNesia