√ 10 Pilihan Benefit untuk Tingkatkan Loyalitas Karyawan - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

10 Pilihan Benefit untuk Tingkatkan Loyalitas Karyawan

Daftar Isi [Tampil]

    10 Pilihan Benefit untuk Tingkatkan Loyalitas Karyawan. Banyaknya employee benefit yang diberikan pada karyawan adalah salah satu daya tarik kenapa banyak orang ingin bekerja di perusahaan Anda. 

    Tak hanya untuk calon karyawan, employee benefit ini juga jadi salah satu program penting untuk meningkatkan loyalitas karyawan yang sudah pada perusahaan.

    Karena meskipun banyak yang bilang sangat mudah untuk mencari karyawan baru, namun karyawan existing yang sudah paham dengan alur bisnis Anda dan memiliki performa baik adalah salah satu aset terbaik perusahaan, terutama di masa pandemi seperti ini.

    Program benefit karyawan ini berbeda dengan upah. Benefit ini sifatnya tambahan dan biasanya diberikan tidak dalam bentuk uang tunai. 

    Tujuannya adalah untuk mendorong produktivitas, meningkatkan rasa bahagia dan saat bekerja serta meningkatkan rasa ownership terhadap pekerjaan sehingga lebih totalitas dalam bekerja.

    10 Pilihan Benefit untuk Tingkatkan Loyalitas Karyawan

    10 Pilihan Benefit untuk Tingkatkan Loyalitas Karyawan

    Lalu apa bentuk-bentuk dari benefit karyawan yang perlu dimiliki dalam perusahaan Anda?

    1. Jaminan Kesehatan

    Ini merupakan contoh benefit karyawan yang paling dasar dan umum. Contohnya adalah BPJS sebagai upaya perlindungan untuk karyawannya. Baik itu kesehatan hingga perlindungan masa tua.

    Ada juga jaminan kesehatan berupa asuransi yang ditanggung perusahaan, yang sifatnya hanya bisa digunakan di rumah sakit atau klinik tertentu.

    2. Keselamatan Kerja

    Benefit yang satu ini banyak diberikan oleh perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi, pertambangan, minyak bumi dan gas, serta manufaktur dan industri. 

    Ya, perusahaan-perusahaan dengan risiko kecelakaan kerja yang sangat tinggi. Baik itu berupa BPJS atau pun asuransi lainnya.

    3. Bentuk Dana Pensiun atau Jaminan Hari Tua

    Karyawan banyak yang menyukai benefit dalam bentuk yang satu ini. Ya, dana pensiun atau jaminan hari tua. Perusahaan yang memiliki benefit karyawan seperti ini biasanya memiliki karyawan yang loyal. 

    Biasanya, tingkat turnover karyawan pada perusahaan yang menyediakan benefit ini sangatlah rendah.

    4. Akses Pemilikan Rumah

    Ada juga perusahaan yang memberi benefit dalam bentuk subsidi KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dengan persyaratan tertentu, misalnya karyawan yang sudah bekerja di atas 5 tahun.

    Selain membuat lebih semangat dan lebih produktif, karyawan juga jadi lebih loyal terhadap perusahaan. Tingkat pengunduran diri karyawan di perusahaan seperti ini sangatlah rendah.

    5. Family Care

    Siapa sih yang tak sayang keluarga? Nah perusahaan yang memiliki benefit untuk keluarga juga akan menjadi favorit pencari kerja maupun karyawan tetap. 

    Bentuknya bisa berupa benefit kesehatan keluarga atau pun pendidikan keluarga. Baik itu untuk pasangan, orang tua, atau pun untuk anak-anak.

    6. Financial Support

    Banyak karyawan yang betah di suatu perusahaan karena perusahaan tersebut memberi dukungan dalam bentuk financial. Jangan salah, ini bukan pemberian uang tunai.

    Tetapi lebih kepada tersedianya koperasi atau pinjaman perusahaan tanpa bunga yang memungkinkan karyawan melakukan kredit guna menyelesaikan suatu permasalahan finansial. Baik itu untuk kesehatan, pendidikan, atau pun hal yang sifatnya renovasi, serta konsumsi.

    7. Biaya  Transportasi, Makan, dan Komunikasi

    Benefit yang satu ini banyak disebut sebagai tunjangan transportasi, tunjangan makan, seta tunjangan komunikasi. Banyak perusahaan yang memberikan benefit karyawan seperti ini. 

    Dan tentu saja karyawan sangat menyukainya. Tunjangan seperti ini lumayan mengurangi biaya hidup keseharian.

    8. Benefit yang Sifatnya Entertainment

    Benefit yang ini banyaknya disukai oleh karyawan yang masih muda. Biasanya berupa jalan-jalan, outbound, company gathering, juga fitness membership, atau bahkan pemberian voucher belanja. 

    Benefit yang ini lumayan menekan benefit cost ke perusahaan.

    9. Fleksibilitas dengan Tetap Memperhatikan Peraturan Berlaku

    Benefit yang satu ini sekarang banyak diberlakukan saat ini, yaitu fleksibilitas di masa pandemi Covid-19. Dari mulai fleksibilitas jam kerja dan juga work from home (WFH). 

    Hal ini tentu berdasarkan pada prioritas keamanan dari penularan virus serta pencegahan stres untuk karyawan akibat kondisi pandemi saat ini yang bisa berimbas pada produktivitas kerja.

    10. Berbagi Keuntungan Perusahaan

    Benefit yang satu ini sangat memotivasi karyawannya. Misalnya saja adanya bonus tahunan yang semakin banyak jika perusahaan mendapatkan laba yang besar. Dan sebaliknya, bonus tahunan kecil jika laba perusahaan juga kecil. 

    Dengan begitu, karyawan akan selalu bekerja dengan baik dan maksimal, sehingga goal perusahaan bisa tercapai, dan mereka mendapatkan bonus tahunan yang besar.

    Selain bonus tahunan, benefit jenis ini ada juga yang berupa pemberian kesempatan karyawan untuk memiliki saham perusahaan. Jadinya karyawan bisa investasi. 

    Selain menguntungkan karyawannya, perusahaan juga jadi tidak perlu mencari investor saat butuh tambahan modal.

    Itu tadi 10 jenis benefit karyawan yang bisa diberikan perusahaan. Setiap jenis benefit tentu disesuaikan dengan tipe-tipe karyawan dan juga jenis perusahaannya.

    Anda bingung dalam menentukan jenis benefit untuk karyawan Anda? Serahkan saja semua urusan seperti ini kepada TADA! 

    Sebab platform ini akan membantu Anda dan berbagai pelaku usaha dalam dalam menentukan employee benefit yang tepat dan bermanfaat kepada karyawan. Semoga bermanfaat!

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Hosting Indonesia DomaiNesia