√ Tips Memulai Bisnis Properti Pemula Tanpa Modal - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Tips Memulai Bisnis Properti Pemula Tanpa Modal

Daftar Isi [Tampil]

    Mari pelajari cara memulai bisnis properti bagi pemula tanpa modal atau mulai dari 0. Perlu dimengerti bahwa berbisnis properti tidak selamanya harus dengan modal besar, bahkan bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal. Modal yang paling utama untuk memulai bisnis properti adalah keterampilan berbicara.

    Pada tahapan memulai bisnis properti bagi Anda pemula dengan tanpa modal, yang perlu diperhatikan dan utama yaitu berani dan pintar didalam berkomunikasi. Didalam mempelajari bisnis properti ini Anda harus terus belajar dengan tekun dan giat.

    Dengan berteman dengan orang-orang yang bergelud dalam dunia properti tentunya. Terkadang Anda mengerti bahwa semua orang tentu sudah dibekali kemampuan berbicara sejak lahir, tentu ini bukan masalah yang besar bagi Anda yang ingin memulai bisnis properti.

    Nah pada point kali ini Kang Yusuf ingin sharing mengenai dunia properti yaitu cara dan tips untuk memulai bisnis properti bagi pemula dari tanpa modal. Dengan harapan bisa memberikan bisnis properti menjadi menjanjikan dan menguntungkan. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini ya.

    Mengenal Bisnis Properti?

    Tips Memulai Bisnis Properti Pemula Tanpa Modal
    Bisnis Properti Pemula Tanpa Modal

    Lalu sebenarnya apa itu bisnis properti? Anda perlu mengenal lebih jauh mengenai bisnis properti ini. Selain itu, bagaimana cara menjalankannya, bagaimana jika masih pemula untuk menjalankannya? Nah Kamu tidak usah khawatir, karena dalam artikel berikut akan dijelaskan secara mendetail mengenai bisnis menguntungkan tersebut.

    Untuk itu bagi Kamu yang penasaran akan cara menjalankan bisnis menguntungkan bisnis properti walaupun masih pemula disinilah jawabannya. Maka dari itu, Kamu jangan berpindah haluan atau malah melangkah jauh untuk membaca artikel berikut.

    Namun sebelum membahas mengenai bisnis properti secara mendetail, perlu diketahui bahwa dalam menjalankan bisnis ini Kamu harus memiliki modal dan pastinya tidak besar.

    Pengertian Bisnis Properti

    Bisnis properti ini bisa dipahami sebagai sebuah bisnis yang bergerak di bidang jual beli tanah dan berbagai aspek terkaitnya. Beberapa yang saat ini populer di Indonesia tentu saja adalah jenis properti untuk tinggal, seperti perumahan, apartemen, vila hingga rumah susun.

    Langkah Memulai Bisnis Properti

    Alasan membangun bisnis dibidang properti itu tidak sedikit yang berpendapat bahwa bisnis properti akan memberikan keuntungan yang besar jika kita terjun didalamnya. Bisnis properti adalah salah satu cara mudah untuk Kamu dalam mendapatkan suatu keuntungan yang besar dengan modal yang seimbang.

    Berbisnis properti sangat berbeda dengan yang namanya mengelola dan berbisnis dibidang management. Pasalnya kalau management akan ada yang namanya teori bahwa semakin tinggi keuntungan akan semakin tinggi pula risiko yang akan didapatkan.

    Namun, didalam bisnis properti tidak mengenal kata tersebut. Kalau didalam bisnis properti adanya tidak ada risiko namun keuntungan semakin naik dan naik.

    Berikut ini 3 tahapan dalam membangun bisnis properti :

    1. Pilihlah jenis properti yang memiliki keuntungan besar, seperti bidang developer atau bidang investasi
    2. Sebelum melakukan bisnis, awali dengan melakukan investasi sebagai penanam modal
    3. Membuat instrumen tentang riset kecil atas lokasi yang akan Kamu jadikan sebuah bisnis properti tersebut
    Nah dengan 3 tahapan ini, maka Kamu akan sangat mampu membuat bisnis sendiri dan tanpa harus meninggal bisnis tersebut. Tetap lakukan investasi, namun bisa membuka bisnis properti sendiri dengan keuntungan modal dari investasi tersebut.

    Tips Memulai Bisnis Properti bagi Pemula

    Tips Memulai Bisnis Properti Pemula Tanpa Modal
    Memulai Bisnis Properti Pemula Tanpa Modal

    Di bawah ini terdapat beberapa tips dan cara memulai bisnis properti dari nol tanpa modal yang bisa dapat Anda coba. Selamat membaca dan belajar ya.


    Belajar Tentang Bisnis Properti

    Ketika Anda terjun langsung belajar dari nol, Anda sebenarnya memiliki keahlian yang lebih banyak ketimbang pelaku usaha lain yang meneruskan sebuah bisnis mulai dari level tengah. Anda akan belajar bagaimana cara mengatasi setiap kegagalan dan tentunya saat Anda sukses, perasaan puas itu tidak ada tandingannya.

    Jadi siapapun yang bilang kalau bisnis mulai dari nol itu susah, Anda harus membuktikan pada mereka bahwa tidak selamanya seperti itu.


    Melakukan Riset Pasar

    Sebelum memulai bisnis properti, perbanyaklah riset sesuai bisnis properti yang kamu inginkan. Kemudian buatlah daftar cara mencapainya serta kendala yang akan dihadapi.

    Ini akan membantu Anda lebih siap dalam menghadapi tantangan dalam berbisnis properti.

    Perhatikan dan Mencari Iklan Properti

    Saat ini sudah ada banyak sekali media yang memuat iklan-iklan properti. Sumbernya pun beragam, bisa dari internet, koran maupun papan iklan di jalan. Anda bisa turut memasarkan properti yang sedang dijual tersebut kepada kerabat atau orang yang membutuhkan.

    Saat memasang harga, patok harga yang sedikit lebih tinggi agar jika terjual, Anda memperoleh keuntungan.

    Mulai Bisnis dari Orang-orang Terdekat

    Cara memulai bisnis properti yang mudah itu di temen atau daerah sekitar. Di sekitar Anda pasti ada banyak orang yang ingin membeli rumah atau menjualnya, anda bisa mengamati dan ikut 'nimbrung' saat terjadi pembicaraan seputar hal ini.

    Tanyakan lebih detail rumah seperti apa yang dicari dan lokasinya di mana. Saat Anda baru memulai bisnis, Anda bisa belajar bagaimana menjalankan usaha ini. Toh tidak ada perjanjian kalau Anda harus mencarikan rumah sampai dapat.

    Jadi bisnis ini sifatnya nothing to lose. Tapi Anda juga harus rajin dan fokus dalam mencarikan properti agar hasilnya tidak sia-sia.

    Mencari Info Para Penjual Rumah

    Ketika Anda sudah berdiskusi dengan calon pembeli, maka tugas Anda berikutnya adalah mencari calon penjual. Untuk mencari properti yang dijual, pertama-tama Anda harus rajin mendatangi lokasi perumahan dan pameran properti yang sedang dilangsungkan di daerah terdekat Anda.

    Lokasi sangat menentukan harga dan minat, galilah informasi selengkap mungkin agar calon pembeli pun memiliki gambaran yang memuaskan akan pilihan rumah yang ada.

    Tawarkan Kerjasama dengan Para Rekan

    Didalam memulai bisnis properti bagi Anda yang pemula dan ingin berbisnis tanpa modal. Saat Anda telah menemukan penjual, mulailah menawarkan kerjasama. Ada baiknya menuliskan kerjasama tersebut di atas kertas agar lebih jelas dan tidak merugikan pihak mana pun.

    Tanyakan pula detail rumah yang dijual, seperti luas, lantai, harga, kondisi sekitar, serta cara pembayaran yang dikehendaki berikut komisi yang akan Anda dapatkan kalau berhasil menjual rumah tersebut.

    Setelah mengikat kerjasama, tugas Anda adalah mencari pembeli yang tepat. Di sinilah keahlian marketing Anda diperlukan. Anda harus memahami cara meyakinkan calon pembeli. Perlu juga diketahui, jangan sampai melebih-lebihkan fakta mengenai keadaan properti karena itu artinya Anda sudah tidak jujur dalam berbisnis.

    Jika ketahuan berbohong, kemungkinan besar mereka tak mau menggunakan jasa Anda lagi.

    Dari segi harga, jangan menaikkan harga terlalu tinggi karena para calon pembeli pun akan lari. Para penjual biasanya sudah memberikan ketentuan komisi yang akan Anda dapat kalau berhasil menjual rumah mereka.

    Oleh karena itu, perjanjian yang tertulis haruslah mengenai persentase komisi yang diberikan alih-alih menaikkan harga rumah yang sudah selangit.

    Membuat Website untuk Promosi

    Saat ini, teknik promosi dengan zero marketing adalah dengan menggunakan media online. Anda bisa membagikan informasi lewat Facebook atau Twitter. Cara lainnya adalah membuat website gratis di blogger.com atau wordpress.com.

    Website ini nantinya bisa mempertemukan pembeli dan penjual. Namun semua kontak harus melalui Anda. Jadi, jangan memberikan informasi kontak pembeli atau pun penjual di dalam website tersebut.

    Pemasaran lewat online akan memperluas network Anda sehingga pembeli dari luar pulau pun dapat melihat properti yang Anda tawarkan. Pastikan anda memasang foto rumah yang sebenarnya dan secara lengkap.

    Membuat Merek Usaha Properti

    Pada tips memulai bisnis properti bagi pemula tanpa modal, hal ini cukup penting. Saat bisnis mulai lancar, Anda dapat membuat merek usaha sendiri agar lebih professional. Carilah nama yang mudah diingat dan pastikan Anda sudah mendaftarkan nama tersebut secara hukum agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

    Para calon pembeli dan penjual akan lebih percaya dengan sebuah jasa yang telah memiliki nama dan terbukti bermanfaat bagi mereka. Pada tahap ini, mendaftarkan merek usaha memang butuh biaya.

    Jika anggaran Anda terbatas, Anda bisa meminjam terlebih dahulu kepada kerabat keluarga atau bank dan berkomitmen untuk mengembalikannya tepat waktu.

    Sisihkan Penghasilan

    Tips Memulai Bisnis Properti Pemula Tanpa Modal
    Tips Memulai Bisnis Properti Menghasilkan

    Cara yang penting dalam memulai bisnis properti untuk pemula yaitu pada point managment penghasilan. Setiap Anda memperoleh keuntungan dari komisi, pastikan Anda menyisihkan sebagian pendapatan tersebut untuk ditabungkan dan memperbesar usaha Anda nantinya.

    Bisa juga menyisihkan sebagian lagi untuk bersedekah. Dengan berbagi rejeki, niscaya rezeki Anda pun dimudahkan oleh Tuhan.

    Mempekerjakan Karyawan untuk Bisnis

    Ketika usaha sudah semakin besar, Anda tidak mungkin selamanya mencari calon pembeli dan penjual sendirian. Anda membutuhkan bantuan dari orang lain atau bahkan mungkin seorang rekan untuk diajak bekerjasama membesarkan usaha.

    Pada tahap ini, pengalaman Anda sudah banyak karena Anda telah berkecimpung di usaha properti mulai dari nol. Ini saat yang tepat untuk mengembangkan usaha dan meminimalisir kemungkinan gagal.

    Apabila modal sudah terkumpul, tak ada salahnya mencari staf yang dapat mengurus segala keperluan administrasi serta memasarkan properti yang masuk ke listing Anda.

    Berapa Keuntungan Bisnis Properti?

    Setidaknya ada empat potensi keuntungan yang bisa didapat dari bisnis properti, yaitu capital gain, cash flow (recurring income), appreciation, dan depreciation yang membuat setiap orang tertarik untuk menggeluti bisnis properti tersebut.

    Apa itu Eazy Property?

    Eazy Property memberikan kesempatan ke semua orang berhak untuk memiliki bisnis di bidang Properti dengan modal kecil. Terobosan bisnis properti Sederhana, Tidak Resiko dan Terjangkau (modal kecil). Dengan konsep LOT atau Sharing Kepemilikan Anda dapat menguasai properti tidak harus membeli unit.

    Bagaimana Cara Investasi Properti?

    Terdapat 8 cara yang aman untuk berinvestasi dalam properti
    1. Fokus yang jelas. Menentukan apa yang Anda inginkan dari investasi properti merupakan salah satu faktor penting.
    2. Tentukan jangka waktunya.
    3. Gunakan pinjaman sesuai kemampuan.
    4. Mulai dari yang kecil.
    5. Pikirkan kembali rencana Anda.
    6. Jangan ragu untuk menawar.
    7. Menghemat pembayaran pajak.
    8. Punya strategi investasi.

    Penutup Bisnis Properti Pemula

    Mengenai dunia properti tentunya Anda ingin mendapatkan pengdapatan yang sangat menguntungkan. Selain itu bisnis properti saat ini bakalan terus berkembang dan maju berkembang pesat.

    Setiap tahunya negara Indonesia akan terus membangun dan membuat rumah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan ini hampir mau tidak maus paling dicari banyak orang.

    Maka dari itu perlunya Anda belajar memulai berbisnis properti sejak dini. Sekian dulu deh artikel rangkuman dari Kang Yusuf yang membahas Dunia Properti yang berjudul Tips Memulai Bisnis Properti Pemula Tanpa Modal. Semoga bisa memberikan ide yang berguna dan bermanfaat buat Anda yang membutuhkan.

    Referensi artikel cermati.com dan cekaja.com

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga