Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Strategi Ampuh dan Efektif Pemasaran Bisnis Properti

Daftar Isi [Tampil]

Kita perlu mempelajari strategi yang ampuh dan efektif didalam pemasaran bisnis properti. Didalam materi mengenai strategi untuk menjalankan bisnis properti. Apakah strategi agar Anda dapat sukses berbisnis properti? Anda pasti bertanya tanya tentang apa sih strategi dalam menjalankan bisnis properti.

Dan sedangkan kini Anda sendiri sedang menggeluti dalam bidang bisnis properti ini. Pasti anda butuh strategi untuk menjalankan bisnis propertinya bukan? tunggu dulu, sebelum kita membahas lebih lanjut bagaimana strategi untuk menjalankan sebuah bisnis properti ini.

Kita akan membahas terlebih dahulu apa itu strategi yang sebenarnya. Kata strategi menurut wikipedia yang sebenarnya yaitu pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan kata Bisnis properti itu artinya kegiatan pertukaran barang, jasa atau uang yang berkaitan dengan lahan, hunian, bangunan perkantoran dan bangunan komersial.

Strategi bisnis properti merupakan suatu cara bagaimana untuk mencapai tujuan sebuah bisnis properti yang telah ditetapkan. untuk anda dapat mencapai tujuan tersebut perusahaan harus memiliki kompetensi kinerja yang baik dalam pengelolaan perusahaan dan melaksanakan pembangunan proyek-proyeknya.

Sehingga dapat ditangani dengan efisien, yang akan selanjutnya perusahaan mampu menerapkan strategi harga yang sesuai. Keberhasilan dalam mengelola bisnis  ini ada gampang dan susahnya dandalam menggelola bisnis ini harus diperhitungkan eksistensinya diantara para pesaing dalam bisnis serta dapat menang dalam persaingan.

Diantara deretan bisnis yang dijalankan, bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang dinilai paling menjanjikan bagi siapa yang dapat menjalankannya dengan baik.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengusaha yang terjun di bisnis ini dengan cara menginvestasikan sahamnya atau terjun langsung dan menjadi pelaku bisnis di bidang ini. Usaha di bidang properti sendiri mulai dilirik para pengusaha ketika permintaan akan kebutuhan papan semakin meningkat.

Sebenarnya bisnis sudah berkembang sejak lama. Pada awalnya, bisnis ini hanya bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan papan tetapi dalam skala kecil. Di awal perkembangannya, bisnis ini juga hanya mencakup satu bidang saja yaitu pemenuhan kebutuhan perumahan pribadi.

Mengenal Bisnis Properti

Strategi Ampuh dan Efektif Pemasaran Bisnis Properti
Mengenal Bisnis Properti

Bisnis di bidang properti yang pada awalnya hanya untuk pemenuhan kebutuhan perumahan pribadi. Pada perkembangan selanjutnya meluas hingga merambah pada aspek-aspek lain yang berkaitan dengan bidang tersebut.

Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan bisnis di dunia tersebut? Apa pengertiannya secara harfiah dan juga pengertian dalam dunia bisnis?  Secara harfiah pengertian bisnis properti adalah suatu kegiatan usaha atau bisnis yang bergerak di bidang jual beli tanah, dan berbagai aspek yang terkait atau berhubungan dengan hal tersebut.

Di dalamnya ada juga usaha atau bisnis di bidang bangunan, sarana dan prasarana, dan sebagainya. Dalam hal ini persewaan berbagai macam properti seperti rumah, vila, townhouse, apartemen, kios, ruko, gudang, perkantoran, gedung dan properti lainnya juga termasuk dalam bisnis tersebut.

Usaha ini pada awalnya memang hanya bertujuan untuk memenuhi permintaan akan kebutuhan papan atau rumah pribadi bagi masyarakat. Tetapi pada perkembangannya, bisnis ini bukan hanya bergerak di bidang papan atau perumahan yang bersifat pribadi saja, namun juga mencakup kebutuhan untuk usaha perkantoran, perdagangan dan perindustrian.

Tips Memulai Bisnis Properti

Selanjutnya mengenai tips memulai bisnis properti. Kesuksesan yang sudah diraih oleh para pelaku bisnis di bidang ini, membuat beberapa pengusaha yang akhirnya banting setir dan merubah jenis usaha mereka untuk beralih ke dunia properti.

Keuntungan serta prospek yang bagus menjadi alasan bagi mereka untuk menggeluti usaha ini. Mereka melihat bisnis di bidang ini sebagai usaha yang bisa dijalankan dalam jangka panjang dan tidak akan pernah bisa mati.

Tetapi untuk terjun ke usaha ini, tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Pengetahuan serta kemampuan mengelola usaha ini saja tidak cukup untuk dijadikan modal sebagai untuk memulainya.
Lalu bagaimana cara memulai bisnis properti ini dan apa saja yang harus dipersiapkan agar usaha ini bisa berjalan dan berkembang? Bagi Anda yang masih pemula, berikut ini uraiannya.

Memulai dengan Menjadi Investor

Banyak yang beranggapan untuk menjadi investor membutuhkan modal yang besar. Tetapi sebenarnya tidak demikian. Untuk menjadi seorang investor hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih tempat yang tepat untuk menanamkan modal, yaitu yang mempunyai berbagai keunggulan dan prospek yang bagus.

Karena tempat yang tepat akan memberikan pendapatan dan keuntungan yang terus meningkat. Dari keuntungan yang didapat, bisa digunakan untuk memulai dan mengembangkan usaha sendiri.

Misalnya untuk membeli sebuah apartemen, kemudian menyewakan bulanan atau tahunan kepada pihak lain. Usaha mengelola tempat kos juga bisa menjadi alternatif untuk mengembangkan usaha dari keuntungan menanam modal atau menjadi investor.

Melakukan Riset Usaha

Melakukan riset dan penelitian terhadap usaha yang akan digeluti adalah hal wajib yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis properti.

Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui secara mendalam dan mendetail tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis tersebut. Baik itu tentang keuntungan dan kerugian yang mungkin terjadi, juga tentang prospeknya dimasa mendatang.

Melakukan Promosi Produk yang Ditawarkan

Promosi sangat diperlukan bagi usaha di bidang properti ini. Apalagi mengingat bahwa di zaman yang cepat ini, konsumen tidak mempunyai waktu yang cukup untuk sekedar mencari informasi tentang rumah, apartemen, kantor, maupun properti yang yang akan dibelinya.

Sebagai pelaku bisnis di bidang ini, melakukan promosi wajib dilakukan. Tujuan utamanya tentu saja agar konsumen mengetahui secara mendetail tentang segala yang dibutuhkan tanpa banyak membuang waktu dan tenaga.

Mulai Menjadi Perantara Penjualan Properti

Menjadi perantara bisa menjadi jalan pintas untuk meraih sukses di bisnis ini tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Misalnya menjadi perantara jual beli sebuah lahan.

Cukup dengan pengetahuan mendetail tentang lahan yang ditawarkan, dan kemampuan public speaking yang bagus terhadap calon konsumen, broker bisa meraih keuntungan dari usaha ini.

Selanjutnya, Anda bisa memperluas jaringan tersebut ke tingkatan yang lebih tinggi. Misalnya dengan berbagai penjualan produk project besar di kota-kota besar. Tentu ketika sudah sukses di bidang ini, jam terbang Anda di dunia properti pun akan semakin tinggi.

Gunakan Merek Usaha Anda

Setelah mempunyai cukup modal dan berhasil membangun sebuah usaha, mematenkan merek usaha yang dimiliki merupakan cara selanjutnya yang bisa diterapkan. Pada dasanya hal ini penting karena sebuah usaha yang mempunyai kekuatan hukum akan lebih diminati konsumen.

Dengan mempunyai merek usaha, konsumen percaya bahwa usaha tersebut legal. Mereka pun akan merasa aman dari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Jenis-Jenis Usaha Properti Berdasarkan Produknya

Strategi Ampuh dan Efektif Pemasaran Bisnis Properti
Jenis Bisnis Usaha Properti

Ada beberapa jenis usaha properti yang bisa dijadikan pilihan bagi pelaku bisnis untuk menentukan jenis properti mana yang akan dijadikan usaha. Pembagian ini berdasarkan jenis properti yang dikembangkan serta target pasar yang ingin dijadikan konsumen.

Dengan pembagian ini, akan memudahkan pengembang untuk memilih menjalankan usaha yang akan ditekuninya, dan membidik pasar konsumen yang diinginkan. Beberapa jenis bisnis properti ini adalah sebagai berikut.

Residential Real Estate

Ini merupakan bisnis yang lebih mengkhususkan pada pemenuhan kebutuhan perumahan pribadi dan pemerintah. Dalam bisnis ini, bisnis dijalankan dengan lebih menekankan pada pemenuhan kebutuhan dan perlindungan bagi manusia.

Misalnya pemenuhan kebutuhan papan berupa rumah sehingga kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal bisa terpenuhi.

Commercial Real Estate

Usaha jenis ini membidik pada dunia perkantoran dan properti ritel. Termasuk dalam usaha ini adalah menyewakan ruang perkantoran kepada perorangan atau perusahaan.

Usaha lain adalah berupa persewaan properti ritel berupa toko dan restoran, mall / pusat perbelanjaan. Sasaran konsumen yang dituju adalah penyewa tunggal atau untuk digunakan sendiri.

Industrial Property

Jenis usaha ini membidik konsumen dari kalangan perusahaan atau perindustrian. Usaha yang dijalankan berupa penyewaan manufaktur berat dan ringan berupa gudang untuk penyimpanan dan pendistribusian hasil produksi.

Dalam hal ini membutuhkan kerjasama dengan pihak lain, karena usaha ini berkaitan dengan proses produksi yang dijalankan perusahaan penyewa. Tanggung jawab pengelolaan properti dibagi antara pemilik dan penyewa.

Jenis usaha ini berlaku di kawasan industri dimana didalamnya terdapat kantor pengembangan properti yang merupakan kerjasama antara pemilik dan penyewa. Kawasan industri sendiri merupakan kawasan dengan berbagai jenis usaha dan produksi berada dalam satu lingkungan / kawasan.

Special Purpose Property

Special purpose property merupakan jenis usaha properti dengan sasaran pasar konsumen yang lebih khusus. Karena jenis usaha bergerak di bidang pemenuhan sarana dan prasarana yang digunakan untuk kepentingan umum. Seperti hotel, motel, resort, teater, sekolah, rumah sakit, dan tempat ibadah. Pengelolaan usaha ini dilakukan secara internal dari anggota perusahaan itu sendiri.

Anda perlu dan harus melakukan suatu keunggulan secara menyeluruh baik di bidang sistem pengelolaan investasi, sistem pelaksanaan pembangunan, sistem pengendalian biaya, sistem kerja sama dan sistem pemasaran yang diterapkan.

Sebagai contoh, pada bisnis perumahan dan permukiman salah satu strategi yang diterapkan adalah menyediakan perumahan beserta kelengkapan sarana.

Strategi Ampuh Menjalankan Bisnis Properti

Strategi Ampuh dan Efektif Pemasaran Bisnis Properti
Strategi Ampuh Pemasaran Bisnis Properti

Silahkan Anda mempelajari strategi yang ampuh didalam menjalankan bisnis properti dibawah ini.
Strategi yang pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus mengetahui pengetahuan umum mengenai dunia properti.

Karena tanpa ada pengetahuan umum terkait properti maka bisnis properti yang anda lakukan tidak dapat berjalan mulus. Jika anda memahami dengan apa yang anda geluti saat ini pasti bisnis properti anda akan berjalan dengan baik dan ini merupakan strategi yang dapat menentukan anda.

Strategi kedua adalah merancang business plan atau perencanaan bisnis anda.jika anda berbisnis tanpa perencanaan yang matang dan baik maka hasil yang anda dapat tidak mungkin bisa optimal.

Dengan bagaimana cara kita menentukan target, melakukan manajemen waktu yang baik, manajemen keuangan secara ketat, dan manajemen modal dengan bijaksana akan sangat menentukan strategi dalam menjalankan bisnis properti anda.

Strategi yang ketiga yaitu menjalankan bisnis properti dengan melatih kemampuan bernegosiasi yang kita punya sebagai orang yang mengeluti bisnis properti. Memang jika di dalam bisnis properti banyak melibatkan orang dan instansi, jadi untuk bisa memenangkan pertarungan  dengan kompetitor developer properti lainnya maka anda harus menguasai teknik bernegosiasi terlebih dahulu.

Strategi ke empat ini sangat penting. yaitu dalam strategi  ke empat ini yaitu mengenai penguasaan materi dibidang  hukum yang terkait dengan bisnis properti. Karena di dalam bisnis properti juga melibatkan banyak pihak termasuk pemerintah. baik itu untuk sertifikasi surat tanah maupun hal yang lain yang berhubungan dengan bisnis properti ini.

Strategi ke lima adalah kemampuan untuk mengganalisa penjualan di pasaran. yang dimaksud dengan kata menganalisa disini adalah suatu usaha anda untuk mengamati secara detail sesuatu hal atau benda dalam bidang bisnis properti ini.dan hal ini yang menjadi inti dari sebuah strategi saat ada ingin memulai bisnis properti.

Jika anda membangun dan membentuk tanpa kemampuan anda mengnalisa ini pasti hasilnya tidak sedetail dan sesuai dengan apa yang anda inginkan.dan dalam anda menjual ini tentu akan berakibat buruk terhadap bisnis yang anda jalankan.

Di era digital dewasa ini, marketing digital bisa dibilang adalah keharusan, namun demikian para pemasar tidak bisa serta-merta bertumpu pada sistem pemasaran secara online saja. Cara-cara konvensional juga tetap harus diperhatikan.

Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Bisnis Properti


Berbagai kiat dan cara yang berpeluang untuk closing perlu disiapkan dalam strategi pemasaran. Banyak hal mudah dan efektif yang bisa dilakukan.

Pergunakan Media Sosial

Pastikan Anda memiliki akun media sosial di semua jaringan besar (Facebook, Twitter, Pinterest, Google+, dan bahkan Instagram untuk menampilkan banyak foto rumah). Berinteraksi dengan pengguna, berbagi informasi, dan mempromosikan properti Anda jual.

Analisa Kompetitor

Apa yang dilakukan para marketer lain di wilayah Anda? Seperti apa situs web mereka? Seberapa aktifkah mereka di media sosial? Catat apa yang dilakukan pesaing, pelajari, kemudian hindari kesalahan mereka.

Mudah untuk Dihubungi

Masukkan info kontak Anda di setiap halaman situs web atau media sosial Anda. Idealnya, buat halaman kontak yang mengesankan dan menarik perhatian.

Buat Kartu Nama yang Profesional

Siapkan kartu nama yang keren. Konsumen akan menyukai kartu nama yang unik, menarik dan terlihat seperti kartu ucapan selamat yang memberi motivasi.

Manfaatkan Gambar Lingkungan Sekitar

Anda tidak hanya menjual rumah, Anda menjual seluruh kawasan atau daerah. Pamerkan tampilan kawasan terbaik di area yang Anda tawarkan, dengan foto-foto indah dan berkualitas tinggi, mulai  dari landmark kawasan atau fasilitas-fasilitas seperti mal, rumah sakit.

Atau sekarang ini, juga perlu ditambahkan kawasan yang instagramable.

Pergunakan Jasa Fotografer Profesional

Tampilan gambar untuk kawasan yang indah sangat bergantung pada fotografi. Foto yang buruk akan mengurangi minat, untuk proyek properti yang dikembangkan perusahaan paling besar sekalipun.

Rekrut seorang fotografer profesional yang berpengalaman memotret rumah dan arsitektur.

Siapkan Konten Virtual Tour

Di kota-kota besar, waktu sangat berharga. Klien tentu ingin memahami sebanyak mungkin tentang properti yang ditawarkan sebelum mengunjunginya secara langsung.

Virtual tour adalah cara terbaik untuk memberikan pratinjau properti yang komprehensif dan akurat untuk calon pembeli.

Sediakan Konten TVC (Video Commercial)

Pertimbangkan untuk menyediakan video commercial yang berkualitas. Saat ini konten video telah menjadi konten paling digemari, tentu saja ini bisa menjadi tools marketing yang sakti dan ampuh dalam memasarkan produk.

Jika dulu berpromosi video harus mahal (via televisi & bioskop), kini semua orang dapat dengan mudah & gratis meng-upload konten promosi melalui channel youtube milik google.

Pastikan Website Terjangkau Secara Mobile-friendly

Konsumen yang paham teknologi menghabiskan banyak waktu di perangkat seluler mereka. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa 80% pengguna Internet menggunakan perangkat seluler untuk aktivitas online.

Sangat penting bahwa situs web Anda mobile-friendly . Lebih baik lagi, pertimbangkan untuk membuat aplikasi seluler yang dapat digunakan pembeli potensial untuk meninjau proyek.

Menjadi Kolumnis Pada Website Properti

Menulis kolom di majalah atau website properti adalah cara yang bagus untuk menyampaikan berita tentang proyek Anda. Anda dapat menulis kolom dengan tidak tampil menjadi penjual yang mencolok.

Konsumen saat ini tidak suka penawaran yang muluk-muluk, sebaliknya, cobalah untuk memamerkan pengetahuan Anda tentang investasi properti, misalnya. Menulis tentang bagaimana kenaikan harga rumah di pasaran atau cara berinvestasi properti yang menguntungkan akan lebih menarik minat calon konsumen.

Ketahui Keuntungan Menjalankan Bisnis di Bidang Properti

Strategi Ampuh dan Efektif Pemasaran Bisnis Properti
Strategi Ampuh dan Efektif Pemasaran Bisnis Properti
Perlu Anda ketahui mengenai banyak sekali keuntungan didalam menjalankan bisnis pada bidang properti. Setiap pelaku bisnis pasti mengharapkan keuntungan dari usaha bisnis yang dijalankan. Demikian juga bisnis di bidang properti ini.

Dengan prinsip ekonomi yang diterapkan dan modal serta kemampuan yang dimiliki, mendapatkan keuntungan adalah keinginan semua pengusaha di bidang properti.

Lalu, apa saja keuntungan bisnis properti yang menjadi incaran para pengusaha? Ini daftarnya.

Nilai Jual Tanah dan Hunian yang Terus Meningkat

Kebutuhan akan tempat tinggal setiap tahunnya terus meningkat. Sementara lahan yang bisa digunakan untuk tempat tinggal tidak pernah bertambah justru semakin habis.

Karena hal ini, harga tanah semakin hari semakin tinggi. Membuka usaha di bidang ini akan mendatangkan keuntungan besar, karena dengan membeli satu lahan akan mendapatkan keuntungan yang maksimal dan berlipat-lipat dari lahan tersebut jika Anda bisa mengoptimalkannya.

Nilai Tambah Untuk Lokasi yang Strategis

Mempunyai lahan yang berada pada lokasi yang strategis akan memberikan keuntungan yang berlipat ganda bagi pemiliknya. Memanfaatkan lahan ini untuk usaha properti dengan membangunnya sebagai perumahan atau apartemen dan juga perkantoran.

Desain yang menarik serta fasilitas yang memadai, akan menjadi sumber mengalirnya keuntungan bagi pemiliknya.

Pendapatan Terus Meningkat

Karena kebutuhan akan papan yang terus meningkat, mempunyai sebuah usaha seperti menyewakan apartemen ataupun gedung perkantoran akan memberikan keuntungan yang terus bertambah.

Dengan nilai jual yang terus bertambah, maka harga sewa pun juga akan meningkat seiring berjalannya waktu. Tentu ini akan terus meningkatkan pendapatan bagi pemiliknya.

Aman dari Pengaruh Inflasi

Harga tanah tidak terpengaruh oleh nilai tukar mata uang di pasar modal. Meskipun sedang terjadi inflasi dan nilai uang berada pada titik terendah, harga jual tanah tetap tinggi bahkan cenderung terus bertambah.

Mengembangkan bisnis di bidang properti sangat aman dan tetap bisa memberikan keuntungan bagi pemiliknya meskipun sedang terjadi penurunan nilai tukar uang atau inflasi.

Merupakan Investasi Jangka Panjang

Terjun di bisnis ritel bisa dikatakan sebagai investasi dalam jangka panjang. Karena modal yang dipakai atau dikeluarkan waktu sekarang, akan bisa dinikmati hasilnya dalam 3-5 tahun mendatang atau bahkan lebih.

Hal ini dinilai sangat menguntungkan, karena modal yang telah dikeluarkan akan sebanding dengan nilai properti yang terus bertambah nilainya di tahun-tahun berikutnya.

Menjadi Kebanggaan

Menjadi pelaku bisnis di bidang properti merupakan kebanggaan tersendiri. Karena menjadi pebisnis di bidang ini akan dapat meningkatkan prestise dan menjadikannya sebagai orang yang terpandang.

Masyarakat menilai pelaku usaha di bidang properti adalah orang sukses, pandai, kaya, dan juga terhormat. Dengan demikian, di lingkungan masyarakat, pengusaha di bidang ini akan sangat disegani.

Bisa Menjadi Jaminan Hidup Pada Masa Depan

Memiliki usaha ini bisa dijadikan sebagai jaminan untuk masa depan. Karena bisnis ini merupakan bisnis yang terus berkembang dan mempunyai prospek yang bagus.

Di masa depan, pemilik usaha ini bisa terus menikmati keuntungan yang terus mengalir, meskipun pengeluaran modal hanya dilakukan sekali pada awal dimulainya usaha.


Penutup Pemasaran Bisnis Properti

Nah tentunya mengenai dunia bisnis Anda harus bisa menentukan dan memilih cara dan tips yang tepat didalam menjalankan bisnis properti. Sekian dulu deh artikel dari Kang Yusuf dalam katagori Dunia Properti yang berjudul Strategi Ampuh dan Efektif Pemasaran Bisnis Properti. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan ide yang bermanfaat.

Referensi artikel propertyinside.id dan therumahproperty.com

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.
Artikel Unggulan
Artikel Pilihan Pengunjung
Artikel Tentang Kesehatan

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami