√ Manfaat Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bisnis - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Manfaat Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

    Mari pelajari beberapa Kegunaan dan Manfaat Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bisnis. Penerapan teknologi informasi di era digital sekarang ini hampir semua hal harus bisa dilakukan hanya dalam satu tempat ataupun satu genggaman. Sudah cukup banyak pekerjaan yang cukup mengandalkan teknologi informasi untuk mengerjakannya.

    Terlahirnya berbagai jenis kemajuan teknologi informasi ini tidak hanya berperan sebagai upaya untuk mempermudah pekerjaan individu. Tetapi teknologi juga sudah merambah ke dunia usaha. Sudah cukup banyak perusahaan ataupun UKM di dunia yang melek teknologi demi kemajuan bisnis yang dijalankan oleh para pelaku bisnis.


    Banyak dari berbagai kalangan mengandalkan penggunaan teknologi informasi pada bidang bisnis, pendidikan, kedokteran, dan bidang lainnya. Hal ini membuat sebuah kesimpulan bahwa lama kelamaan sebuah teknologi informasi akan menjadi sebuah point yang cukup penting untuk membangun dan mengembangkan sebuah bisins atau usaha dalam hal apapun itu.


    Nah pada topik pembahasan kali ini Kang Yusuf ingin berbagai informasi seputar dunia Teknologi yang berjudulkan Manfaat Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bisnis. Semoga saja bisa memberikan gambaran dan informasi yang bermanfaat buat Anda semuanya disini. Selamat membaca ya.

    Mengenal Teknologi Informasi

    Mengenal Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bisnis
    Mengenal Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bisnis

    Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

    TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

    Dalam konteks bisnis, Information Technology Association of America menjelaskan Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi.

    Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). ".

    Beberapa bidang modern yang muncul dari teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.

    Dengan memanfaatkan teknologi untuk bisnis Anda, maka tentunya ini adalah salah satu hal yang cukup positif bagi Anda. Bisnis yang dijalankan menggunakan teknologi sudah pasti dapat berkembang lebih maju dan pesat dibandingkan bisnis yang tidak menggandalkan teknologi.

    Terbukti sudah banyaknya perusahaan yang sukses karena mereka memanfaatkan peran teknologi demi kemajuan bisnis mereka. Banyak pelaku usaha yang sangat yakin bisnis yang maju adalah bisnis yang dijalankan dengan mengikuti perkembangan.

    Peranan Teknologi Informasi dalam Bisnis

    Bahkan kini sudah cukup banyak perusahaan-perusahaan yang menjalankan usahanya hanya mengandalkan teknologi informasi yang cukup berkembang di dunia. Dalam dunia bisnis saja sudah dikenal dengan bisnis secara elektronik atau E-Commerce.

    Dimana setiap perusahaan E-Commerce menggandalkan jaringan internet dalam menjalankan bisnis.

    Saat ini dunia retail sangat antusias untuk mengikuti perkembangan tersebut. Disusul juga dengan dunia perbankan dan pendidikan. Di perbankan kita mengenal istilah Internet Banking.

    Pola ini tentunya sangat mempermudah para nasabah yang ingin melakukan transaksi tanpa harus datang ke Bank maupun mesin ATM. Mereka bisa melakukan transaksi dari depan laptop ataupun dari telepon genggam.

    Begitupun dengan dunia pendidikan yang cukup memanfaatkan teknologi untuk melakukan pengajaran. Saat ini sudah cukup banyak para pengajar yang hanya menggandalkan jaringan internet untuk melakukan pengajaran kepada para murid.

    Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Bisnis

    Manfaat Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bisnis
    Manfaat Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bisnis

    Dengan memanfaatkan teknologi informasi di bidang bisnis akan memberikan dampak positif yang besar untuk jalanya bisnis yang kita bangun. Berikut beberapa manfaat penting teknologi informasi dalam bidang bisnis:

    Munculnya Peluang Bisnis Baru (E-business)

    Dengan semakin majunya teknologi dan informasi akan mendorong beberapa orang untuk menciptakan beberapa peluang yang sangat menguntungkan dan sebagai modal bisnis yang sangat menguntungkan.

    Contohnya pemanfaatan kemajuan teknologi dan komunikasi adalah google. Di mana search engine google banyak digunakan untuk mencari sesuatu di internet dan perusahaan google akan mendapatkan banyak keuntungan.

    Mengurangi Biaya Produksi dan Operasional

    Kemajuan teknologi dan informasi dapat membantu perusahaan dalam mengurangi biaya produksi sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar dengan mengeluarkan pengeluaran yang sedikit.

    Dan mengurangi operasional sehingga perusahaan dapat menambah jumlah produksi di setiap barang produksinya.

    Mempermudah Proses Komunikasi dan Monitoring Karyawan

    Mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan yang bekerja, sehingga karyawan tidak perlu repot-repot datang ke ruang rapat dan berkumpul bersama, dan bisa melakukan teleconference untuk saling berkomunikasi mengenai beberapa ide.

    Hal tersebut membuat rapat menjadi lebih praktis dan juga dapat mengawasi kinerja para karyawan.

    Akses dan Penyebaran Informasi

    Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas dengan cepat dibandingankan dengan enggunakan fax atau pos. Kita dapat menyebar luaskan informasi ke seluruh dunia dan dapat berinteraksi langsung melalui komputer.

    Komunikasi yang Cepat

    Fasilitas yang ada di internet banyak membuktikan kecepatanya berkomunikasi dengan orang yang dituju, seperti E-mail yang telah banyak digunakan untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi.

    Peran Penerapan Teknologi Informasi dalam Bisnis

    Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bisnis
    Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bisnis

    Berikut ini adalah beberapa peran manfaat penerapan teknologi informasi dalam bisnis yang harus Anda pelajari dan ketahui. Agar bisnis Anda semakin maju, sukses, dan berkembang pesat.

    Teknologi Membuat Bisnis Lebih Mudah

    Dahulu orang yang ingin menjalankan sebuah usaha harus memiliki satu tempat usaha, agar usaha yang dijalankannya bisa dikenal oleh orang banyak. Pelaku usaha pun harus mencari lokasi yang cocok untuk menggembangkan usahanya.

    Selain harus mencari tempat usaha, pelaku usaha pun harus menggeluarkan cost yang lebih besar untuk membayar uang sewa maupun untuk melakukan promosi semisal membagikan pamflet atau brosur.

    Dengan hadirnya teknologi semacam peran social media, Anda pun tidak perlu lagi melakukan promosi bisnis dengan menggeluarkan cost tinggi. Cukup memanfaatkan berbagai media sosial yang ada, dan melakukan foto yang menarik, maka Anda pun sudah bisa melakukan promosi produk yang Anda miliki.

    Saat ini hal ini sudah sering dilakukan oleh para pelaku bisnis. Mereka memanfaatkan media sosial seperti Facebook, twitter, Instagram, dan Path sebagai media promosi produk. Tentunya cara ini akan sangat efektif, karena yang melihat produk Anda bukan sekedar orang yang hanya ada di sekitar Anda, tetapi bisa dari seluruh penjur. Untuk itu media sosial bisa Anda manfaatkan untuk promosi produk-produk milik Anda.

    Menjaga Hubungan dengan Relasi Bisnis

    Cara ini cukup sudah mulai dilakukan oleh para pelaku usaha, baik usaha kecil maupun usaha menengah. Mereka memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membangun relasi kepada para partner bisnis dan juga para pelanggan.

    Dengan kemajuan teknologi, maka Anda bisa mengatur kapan harus melakukan komunikasi dengan para relasi bisnis maupun pelanggan. Anda bisa memanfaatkan email atau aplikasi pesan instan lainnya.

    Anda pun tidak perlu lagi memikirkan cost untuk biaya perjalanan jika Anda sedang berhubungan dengan relasi bisnis Anda maupun pelanggan. Cukup sediakan nomor telepon atau email untuk sekedar membangun relasi dan komunikasi kepada partner dan pelanggan.

    Bahkan melalui semua teknologi yang ada saat ini, Anda bisa langsung melakukan negosiasi. Tanpa harus melakukan tatap muka. Anda hanya cukup mengandalkan koneksi internet ataupun nomor telepon untuk mendapatkan negosiasi.

    Sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan perjalanan dengan budget yang cukup besar untuk membangun relasi yang ada di luar kota atau luar negeri. Apa lagi jika saat ini harga tiket pesawat dan hotel cukup tinggi, jika negosiasi bisa dilakukan melalui telepon, maka itu akan lebih mudah dibandingkan Anda harus bepergian.

    Jika bisnis yang Anda bangun saat ini adalah bisnis yang baru berjalan, maka Anda tidak perlu lagi mempersiapkan budget keluar kota. Sebagai pelaku bisnis, maka sudah saatnya Anda harus melek teknologi untuk bisa menggembangkan lini bisnis yang Anda miliki saat ini.

    Mampu Menjaga Data Bisnis Lebih Baik

    Jika perusahaan besar sudah mulai menggunakan cloud sebagai basis penyimpanan data mereka agar lebih aman. Karena keamanan data bisnis jika ditaruh pada cloud akan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan tulis tangan.

    Bisa saja Anda khilaf menyimpan buku catatan pembukuan perusahaan Anda. Maka cara terbaik adalah dengan memakai alat penyimpanan berbasis teknologi. Mungkin ini cara yang aman bagi Anda dalam penyimpan rahasia perusahaan. Tetapi memang ini tidak menjamin keamanan seratus persen.

    Anda bisa melakukan penyimpanan data menggunakan USB, flash disk maupun Hard Disk. Tentunya ini tidak memerlukan banyak kertas dan tempat untuk menyimpanan. Caranya cukup mudah bukan, Anda hanya memerlukan satu tempat penyimpanan yang memiliki kapasitas cukup besar.

    Tentunya dengan adanya teknologi menghemat ruang yang ada di kantor. Anda tidak perlu lagi memiliki lemari-lemari penyimpanan dokumen. Karena semua sudah bisa Anda simpan di digital.

    Dengan begitu, maka semua orang yang berada di satu divisi bisa langsung membukanya, tanpa harus membuang waktu untuk mencarinya. Tetapi menggunakan penyimpanan yang berbasis teknologi memang cukup rentan, seperti kehilangan data akibat virus atau tempat penyimpanan yang rusak.

    Sehingga ada baiknya Anda menyimpan dalam tempat penyimpanan berbasis online. Seperti penyimpanan data di dalam email, ini bisa lebih aman. Anda hanya memerlukan satu tempat khusus untuk melakukan penyimpanana di dalam email ini. Meskipun kapasitasnya ini terbatas, tetapi sangat cukup bagi para UKM untuk menyimpan data perusahaan pada email.

    Dapat Dilakukan Tanpa Mengenal Waktu

    Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, Anda bisa menjalankan bisnis kapan saja. Bahkan 24 jam pun bisa Anda lakukan untuk memantau perkembangan bisnis Anda. Dibandingkan Anda memiliki tempat usaha offline yang harus buka dan tutup di jam-jam tertentu.


    Dengan hadirnya teknologi maka bisnis yang Anda jalankan bisa berlangsung selama 24 jam tanpa kenal waktu. Anda pun bisa melakukan aktivitas bukan sekedar dari satu tempat, melainkan dari beberapa tempat. Bahkan ketika Anda harus berada dalam perjalanan, bisnis yang Anda jalankan tetap bisa berjalan dengan baik.

    Laporan Keuangan yang Mudah Dengan Teknologi

    Pengelolaan keuangan dengan menggunakan teknologi bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa menggunakan Accurate Software untuk membuat sebuah laporan keuangan dengan menghemat waktu. Anda tidak perlu lagi membuat sebuah laporan keuangan dengan menggunakan buku besar secara manual.

    Peran Teknologi Info dalam dunia bisnis digunakan untuk perdagangan secara elektronik atau di kenal sebagai E-Commerce (e-dagang) atau perdagangan elektronik. E-Commerce yaitu perdagangan memakai jaringan komunikasi internet.

    E-commerce adalah bagian dari e-business, dimana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan namun meliputi juga pengkolaborasian partner bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan sebagainya.

    Penggunaan Penerapan Teknologi Informasi dalam Bisnis

    Penggunaan Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bisnis
    Penggunaan Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bisnis

    Saat ini perlunya kita memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dalam bisnis. Mengapa harus demikian ? dikarenakan teknologi informasi terus maju dan berkembang sama halnya dengan dunia bisnis.

    Maka dari itu simak beberapa penggunaan teknologi informasi dalam dunia bisnis dibawah ini ya.

    Memudahkan Cara Berkomunikasi

    Untuk banyak perusahaan, e-mail yaitu fasilitas utama komunikasi pada karyawan, penyuplai dan pelanggan. E-mail yaitu salah satu pendorong awal Internet.

    Pemakaiannya sangat mudah dan relatif jauh lebih murah bila dibanding dengan faksimile untuk berkomunikasi.

    Manajemen Data

    Deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen perusahaan saat ini sudah tidaklah terlalu diperlukan lagi oleh beberapa perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada perangkat penyimpanan dan server.

    Dokumen-dokumen ini jadi langsung tersedia untuk semua orang di perusahaan, terlepas dari tempat geografis mereka.

    Sistem Info Manajemen

    Menyimpan data hanya menguntungkan bila data yang bisa dipakai dengan efisien. Perusahaan progresif memakai data itu jadi bagian dari proses perencanaan strategis dan proses taktis dari kiat itu.

    Sistem Info Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk mencari data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Info ini dapat dipakai untuk mencari profitabilitas dari waktu ke waktu, mengoptimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasi bagian yang perlu perbaikan.

    Manajer dapat mencari penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi pada angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.

    Memberi Pengetahuan dan Sumber Info

    Melalui internet, anda hanya memerlukan satu klik dan semua info sudah ada didepan mata Anda. Makin banyak pengetahuan yang anda dapatkan tentang bisnis.

    Maka makin berkembang juga bisnis yang sedang anda kelola. Selain itu anda bisa dengan mudah untuk mencari info yang terkait dengan pesaing anda.

    Customer Relationship Management

    Perusahaan memakai TI untuk memperbaiki cara mereka merancang dan mengelola hubungan pada pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) sebuah sistem yang bisa menangkap setiap interaksi perusahaan pada para pelanggan, hingga terdapat data urutan pelanggan bila sewaktu-waktu diperlukan, seperti data record.

    Salah satu misalnya pelanggan menghubungi call center karena mendapatkan masalah, tentang info pengiriman barang yang ia pesan. Dengan adanya CRM staff perusahaan dapat segera memberitahu keberadaan barang pesanan pelanggan. Karena semua interaksi disimpan dalam sistem CRM.

    Pelanggan pun jadi tenang, karena mendapatkan service yang memuaskan, Hal semacam ini memberi keuntungan untuk perusahaan hingga dapat lebih meningkatkan kinerja pada produktivitas.

    Kegiatan Bisnis Selama 24 Jam

    Adanya perubahan teknologi info sangat membantu para pebisnis untuk melakukan aktivitas jual beli selama 24 jam, tidak seperti toko off line yang segala aktivitasnya sangat dibatasi oleh ruang dan waktu.

    Seiring dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, Para pelaku IT mulai gencar memakai kemajuan itu.

    Terutama dalam bagian Teknologi Info, para pelaku IT dapat memperoleh kemudahan dalam setiap urusannya. Dunia bisnis sudah sangat kompetitif di mana ada banyak persaingan agar bisa terus berkembang.

    Diperlukan kreatifitas, kegigihan, dan pengetahuan yang maju agar dapat bersaing di dalamnya. Melihat banyak peranan yang diperoleh dari teknologi info, sangat jelas bila kita akan sangat membutuhkannya

    Penutup Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bisnis

    Jadi peran perkembangan teknologi informasi pada saat ini tidak bisa dipisahkan dari dunia bisnis, karena perkembangan teknologi informasi dapat memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam menjalankan aktivitas bisnis.

    Namun selain memberikan manfaat dalam bidang bisnis, teknologi infromasi juga dapat disalah gunakan dalam hal yang kurang baik. Oleh karen itu, untuk pengunaannya harus digunakan secara bijak.

    Sekian artikel seputar dunia Pendidikan yang bertopik Bisnis dari Kang Yusuf dengan judul Manfaat Penerapan Teknologi Informasi Dalam Bisnis. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi Anda yang membutuhkan.

    Referensi artikel accuratecloud.id dan safetynet.asia

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga