Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Cara Mudah Membuat KOP Surat, Contohnya di Word dan Excel

Kali ini Kang Yusuf ingin memberikan tutorial mengenai cara mudah untuk membuat KOP surat di Ms Word dan Excel yang disertakan dengan beberapa contohnya yang gampang untuk dibuat.

Daftar Isi [Tampil]

Terdapat cara mudah membuat KOP surat dan contohnya di word dan excel. Setiap kali kita membuat surat khususnya surat resmi pasti tidak jauh-jauh dengan yang namanya kop surat. Nah, pada kop surat ini pasti banyak hal-hal yang harus dimasukkan seperti nama instansi, alamat dan yang tak kalah penting lagi yaitu logo instansi.

Kebanyakan yang masih pemula bingung bagaimana cara menyisipkan logo di bagian samping kop surat. Sebenarnya itu merupakan hal yang mudah. Bagaimana sih cara membuatnya?

Sebelum masuk ke intinya, mari siapkan dulu bagian-bagian yang ada pada kop surat dan kesampingkan dulu logo nya. Namun, usahakan anda sudah mempunyai logo yang nantinya akan dimasukkan. Untuk bagian-bagian kop surat yang akan anda masukkan sebagai berikut :

Pengertian Kop Surat

Cara Mudah Membuat Kop Surat di MS
Cara Membuat Kop Surat

Kop surat, atau kepala surat, adalah format baku yang digunakan sebagai penanda otentik (khas) surat dari suatu instansi. Biasanya kop surat diletakkan di bagian teratas surat, tepat sebelum bagian isi.
Fungsi utama kop surat adalah sebagai penunjuk identitas pengirim. Adapun fungsi lain kop surat adalah untuk meningkatkan tingkat formalitas serta derajat kepentingan surat yang dikirim.

Bagian KOP Surat :

  1. Nama Instansi Terkait
  2. Alamat Instansi
  3. Nomor Telepon, Fax dan Email
  4. Kode POS
  5. Logo Instansi

Jenis Kop Surat

Berikut terdapat beberapa jenis kop surat. Berdasarkan tujuan pemakainya, kop surat terbagi menjadi dua jenis, yakni kop surat resmi dan tidak resmi. Kop surat resmi umumnya terletak di bagian atas tengah, dilengkapi dengan identitas dan logo instansi pengirim.

Sedangkan kop surat tidak resmi seringkali dikirim secara perorangan. Pengirim kop surat tidak resmi tidak perlu menggunakan logo. Cukup dengan mencantumkan nama pribadi dan identitas singkat. Tata letaknya pun tidak terlalu ketat, dapat di tengah atau di tepi surat.

Secara garis besar, surat yang dikirimkan oleh instansi akan diatasnamakan langsung pada instansi bersangkutan. Hal ini berdampak pada kop surat yang juga menggunakan identitas instansi. Lain hal dengan surat pribadi.

Kop surat dibuat dengan menggunakan identitas pengirim secara personal. Surat semacam ini biasanya digunakan untuk surat rekomendasi atau surat permohonan kepada perorangan.

Apapun jenisnya, kop surat yang baik dan benar harus mengandung beberapa komponen pokok, antara lain (1) nama perusahaan, instansi, atau perseorangan, (2) logo perusahaan (jika ada), dan (3) alamat offline atau online. Keseluruhan komponen tersebut harus ditulis dengan benar dan selengkap-lengkapnya.

Cara Mudah Membuat Kop Surat 


Berikut ini adalah beberapa cara mudah membuat kop surat di Ms Word dan Excel yang bisa Anda coba praktikan dirumah ya silahkan simak artikel tutorial dari Kang Yusuf dibawah ini yang beberapa disadur dari situs romedecade.org.

Cara Mudah Membuat Kop Surat di Word

Untuk membuat kop surat di word cukup mudah. Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat kop surat ini di word diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka Microsoft Word.
  2. Klik bagian Header (bagian atas halaman dasar Word).
  3. Tulis nama, identitas, alamat perusahaan dengan rata tengah (Ctrl+J). Modifikasi sesuai selera.
  4. Klik Insert+Picture, pilih logo perusahaan yang akan dipasang.
  5. Beri garis pemisah antara kop dan isi surat.

Cara Mudah Membuat Kop Surat di Excel

Cara mudah untuk membuat kop surat di excel juga sangatlah mudah tapi hampir berbeda dengan cara membuat kop surat di word. Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat kop surat ini di excel bisa dilakukan dengan mengikuti cara-cara dibawah ini secara berurutan:
  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Langsung pilih salah satu sel dalam worksheet.
  3. Tuliskan nama, identitas, alamat perusahaan. Bila perlu gunakan fungsi Merge untuk merapikan barisan kalimat.
  4. Pastikan terdapat sel kosong di awal worksheet.
  5. Klik Insert+Picture, pilih dan masukkan logo perusahaan ke sel kosong di awal worksheet.
  6. Gambarlah garis pemisah di bawah kop.
  7. Untuk menggunakannya, diperlukan ekspor terlebih dahulu ke Word. Selain manual, cara alternatifnya adalah dengan memblok kop lalu meng-copy paste ke Word. Setelah itu, tinggal dipilih akan men-copasnya dalam format tabel atau gambar.

Contoh Membuat Kop Surat di Word


Berikut ini langkah mudahnya untuk membuat kop surat di microsoft office word. Silahkan simak dibawah ini ya.

Buka Microsoft Word
Buat bagian kalimat dan siapkan gambar yang ingin dijadikan logo pada kop surat
Contoh Kop Surat
Kalimat Kop Surat

Klik Gambar lalu klik kanan pilih menu Wrap Text kemudian pilih In front of Text
Cara Mudah Membuat Kop Surat di MS
Cara Mudah Membuat Kop Surat di MS

Kemudian geser saja gambar tersebut pada posisi disisi kalimat yang ingin dijadikan kop surat
Cara Mudah Membuat Kop Surat di MS
Cara Membuat Kop Surat di MS

Jadi deh kop suratnya

Gimana mudah sekali kan untuk membuat kop surat di Ms Word nya ?

Penutup Membuat Kop Surat

Sekian deh artikel seputar tutorial dari Kang Yusuf yang berjudul Cara Mudah Membuat KOP Surat dan Contohnya di Word dan Excel. Semoga dengan adanya pembahasan ini memberikan kemudahan buat Anda yang membutuhkan.

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami