√ 5+ Jenis Teknologi Ramah Lingkungan - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

5+ Jenis Teknologi Ramah Lingkungan

Daftar Isi [Tampil]
    5+ Jenis Teknologi Ramah Lingkungan. Pada jaman sekarang di era moderinesasi yang dari tahun ke tahun berkembang dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi otomatis menghasilkan dampak buruk bagi keadaan lingkungan seperti pemanasan global yang semakin besar setiap tahunnya, menipisnya lapisan ozon, dan polusi terjadi dimana mana. 

    Oleh sebab itu manusia harus memilih secara bijak penggunaan teknologi dalam proses pemanfaatan sumber daya alam sehingga anak cucu kita juga dapat merasakannya. 

    5+ Jenis Teknologi Ramah Lingkungan
    Jenis Teknologi Ramah Lingkungan
    Penggunaan teknologi tidak lepas dari kebutuhan manusia yang tidak ada habisnya, manusia selalu berpikir untuk mengembangkan teknologi tapi sedikit dari mereka yang mempikirkan keseimbangan ekosistem pada alam. 

    Perkembangan teknologi tidak hanya menimbulkan dampak negatif saja, banyak pula dampak positifnya salah satunya Teknologi ramah lingkungan. 

    Teknologi ramah lingkungan yaitu  teknologi yang di ciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia namun tidak mengakibatkan kerusakan atau memberikan dampak negatif pada lingkungan di sekelilingnya.

     

    5+ Jenis Teknologi Ramah Lingkungan


    Berikut ini merupakan beberapa pembahasan mengenai jenis teknologi ramah lingkungan dalam kehidupan sehar-hari:

    1. H2O Water Powered Solar Radio (Radio bertenaga air)


    Radio ini bisa dipasang di shower untuk mendapat pasokan tenaga, sehingga kita bisa mandi dengan mendengar lagu dari stasiun radio yng kita suka. Alat ini bekerja dengan memanfaatkan prinsip yang sama dengan PLTA (Pembangkit listrik tenaga air) untuk menghasilkan listrik tanpa efek negatif.

    2. Solar-powered Portable Insect Killer (Alat pembunuh serangga bertenaga matahari)


    Alat ini bekerja dengan cara mengeluarkan cahaya terang dari lampu LED yang special, yang menarik perhatian para serangga dan alat ini telah dikelilingi oleh kawat yang akan otomatis memberi tegangan listrik yang tinggi kepada yang berniat masuk.

    Sehingga para serangga tersebut akan terkena tengangan listrik yang tinggi dan mati. Jika telah diisi baterainya sampai penuh, dapat beroperasi selama kira-kira 5 jam.

    3. eCool (Kulkas tanpa freon)


    Alat ini bekerja tanpa menggunakan listrik dan freon tetapi alat ini memanfaatkan potensi alami tanah sehingga dapat mendinginkan benda benda didalamnya.  

    Cara penggunaanya cukup mudah yaitu cukup menggali tenah sedalam 1.2 m. dan membuat pengukit untuk mengambil dan meletakkan botol air yang akan didingankan. Teknologi ini hanya berkapasitas kecil tetapi sangat berperan penting untuk meringankan globalisasi.

    4. Sepeda Listrik


    Sepeda listrik ini sudah sering kita jumpai di indonesia, Sumber tenaga yang digunakan yaitu campuran antara bahan bakar minyak dan listrik yang dibangkitkan dari putaran mesin kendaraan melalui teknologi rechargeable energy storage system (RESS). 

    Kendaraan ini memiliki kecepatan maksimal 40 sampai 60 km/h. Meskipun kendaraan ini tidak secepat motor dengan bahan bakar premium, tetapi kendaraan ini rendah bahan bakar dan rendah terhadap polusi.

    5. Bedol Eco-Friendly Clock


    Tidak perlu menggunakan listrik untuk menggunakan gadget ini, hanya perlu mengisi air putih dan jus lemon untuk membuat jam yang akan menyala 8 – 12 minggu. Bedol Eco-Friendly Clock benar benar ramah lingkungan dan bebas polusi. 

    Tak hanya itu gadget ini dilengkapi untuk menampilkan kelembaban dan tekanan atmosfer ruangan. harganya pun cukup murah antara 150-200 ribu saja. namun di indonesia kita jarang menjumpai gadget ini sehingga kita harus mengimpor barang ini dari luar negeri.

    Penggunaan dari teknologi yang ramah lingkungan di Indonesia sendiri masih belum banyak dikembangkan. Hal ini disebabkan masih kurangnya sosialisasi dalam mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya yang ada. 

    Terlebih lagi, masyarakat di zaman modern saat ini memang telah terbiasa hidup secara instan dan praktis. Di mana gaya hidup mereka memang sudah dekat sekali dengan peralatan canggih yang sebenarnya bisa memicu terjadinya pemanasan global yang mengancam lingkungan, Oleh sebab itu pilihlah dengan bijak teknologi yang akan kita manfaatkan.  

    Sekian deh artikel seputar dunia pendidikan teknologi dengan topik mengenai 5+ Jenis Teknologi Ramah Lingkungan. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat.

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga