√ Uraikan Mengenai Tahap Penulisan Pesan Bisnis - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Uraikan Mengenai Tahap Penulisan Pesan Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

    Uraikan Mengenai Tahap Penulisan Pesan Bisnis. Pesan bisnis adalah pesan yang dikirimkan atau diterima dan merupakan tindakan komunikasi langsung

    Tujuan dari komunikasi bisnis adalah memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain, memberikan persuasi kepada pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahami dengan baik, melakukan kolaborasi atau kerja sama bisnis antara seorang dengan orang lain

    Tahap Penulisan Pesan Bisnis adalah

    Uraikan Mengenai Tahap Penulisan Pesan Bisnis
    Mengenai Tahap Penulisan Pesan Bisnis

    1. Perencanaan pesan bisnis (planning)

    Analisis Situasi, Pengumpulan Informasi, Memilih Medium yang Tepat , Mengorganisasikan Informasi.

    2. Penulisan pesan bisnis (writing)  

    Dengan menyesuaikan diri pada audiens dengan sensitivitas, gaya, dan keterampilan yang berhubungan dengan mereka.

    3. Penuntasan pesan bisnis (completing)

    Merevisi Pesan, Memproduksi Pesan,  Distribusikan Pesan.


    Berikut Perencanaan Pesan-Pesan Bisnis



    A.      Pemahaman Proses Komposisi


    Penyusunan pesan-pesan bisnis meliputi tiga tahap yaitu:

    1.        Perencanaan

    Pada dasarnya, proses perencanaan meliputi tiga tahapan penting yang perlu diperhatikan, yaitu mendefinisikan tujuan, menganalisis audiens, dan memilih saluran dan media komunikasi yang akan digunakan.

    2.        Pengorganisasian

    Proses ini dimulai dengan merangkai kata, kalimat, paragraf, dan memilih ilustrasi yang diperlukan untuk mendukung ide pokok bahasannya. Perlu diperhatikan bagaimana menggunakan kata-kata, kalimat, dan paragraf yang sederhana, mudah dipahami, dimengerti, dan dilaksanakan oleh si penerima pesan.

    3.        Revisi

    Seluruh maksud dan isi pesan harus ditelaah kembali dari sisi substansi pesan yang ingin disampaikan maupun dari gaya penulisannya, struktur kalimat yang digunakan, dan bagaimana tingkat pemahamannya. Kalau belum sesuai, perlu dilakukan pengecekkan sekaligus revisi, sehingga apa yang telah direncakan sebelumnya dapat dicapai seefektif mungkin.

    B.       Penentuan Tujuan


    Tahap pertama dalam merencanakan suatu pesan bisnis adalah memikirkan maksud dan tujuan komunikasi. Harus dapat menentukan tujuan yang jelas dan dapat diukur, sesuai dengan tujuan organisasi.

    1.        Mengapa Tujuan Harus Jelas

    a.        Keputusan untuk Menanggapi Pesan

    Jika pesan-pesan yang akan disampaikan diduga mempunyai pengaruh yang sangat kecil kepada audiens, sebaiknya penyampaian ditahan dulu. Sebaliknya bila sangat penting dan akan membawa pengaruh yang besar, pesan sebaiknya segera diteruskan atau disampaikan.

    b.        Keputusan untuk Menanggapi Audiens

    Komunikator perlu mempertimbangkan motif-motif audiens. Tanpa mengetahui motif audiensnya, komunikator tidak akan dapat menanggapi audiens dengan baik. Komunikator dan audiens juga akan gagal mendapatkan apa yang mereka inginkan bila harapan mereka tidak sesuai/sejalan.

    c.        Keputusan untuk Memusatkan Isi Pesan

    Komunikator seharusnya hanya memasukkan informasi yang penting, yang relevan dengan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

    d.        Keputusan untuk Menetapkan Media yang akan Digunakan

    Media komunikasi yang akan digunakan dapat berupa lisan atau tulisan.

    2.        Tujuan Komunikasi Bisnis

    Hubungan partisipasi audiens dengan pengendali komunikator

    Secara umum ada tiga tujuan komunikasi bisnis, yaitu:


    a. Memberi Informasi

    Tujuan pertama adalah memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain. Media komunikasi mana yang akan dipilih sangat bergantung pada kebijakan perusahaan dengan mempertimbangkan kemampuan internal perusahaan tersebut.
    b. Melakukan Persuasi

    Tujuan kedua adalah melakukan persuasi kepada pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahami dengan baik dan benar. Terutama berkaitan dengan negosiasi. Untuk memperoleh hasil maksimal dalam bernegosiasi, setiap pihak perlu memahami prinsip win-win solution (kedua belah pihak dalam negosiasi tersebut saling memperoleh manfaat tanpa merasa harus ada yang dikorbankan atau gagal).

    c. Melakukan Kolaborasi

    Tujuan ketiga adalah kolaborasi atau kerjasama. Melalui jalinan komunikasi  bisnis tersebut, seseorang dapat dengan mudah melakukan kerja sama bisnis baik dengan perusahaan domestik maupun asing. Teknologi komunikasi sangat penting artinya dalam mempererat  kerja sama dalam dunia bisnis.

    Sekian artikel seputar dunia pendidikan dengan topik mengenai Uraikan Mengenai Tahap Penulisan Pesan Bisnis. Semoga artikel pembahasan ini bisa memberikan informasi mengenai gambaran dunia pendidikan.

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga