√ 5+ Ide Work From Home yang Efektif dan Asyik - - Kang Yusuf -->
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

5+ Ide Work From Home yang Efektif dan Asyik

Daftar Isi [Tampil]

    5+ Ide Work From Home yang Efektif dan Asyik. Dengan adanya kebijakan dari pemerintah mengenai WFH atau Work From Home demi mencegah penyebaran virus Corona di masyarakat Indonesia. Cukup tegas dan pantas mengenai pengambilan keputusan tersebut.

    Terkadang ada situasi yang membuat kita tidak bisa melakukan interaksi dikarenakan hal-hal tertentu seperti bencana alam, wabah, atau sesuatu hal yang diluar kendali manusia lainnya. 

    Hal ini juga berlaku pada para pekerja dan profesional jika menghadapi situasi ini salah satunya adalah melakukan WFH atau Work From Home. Informasi ini di sadur dari situs accurate.id. Selamat membaca dan semoga bisa membantu Anda .

    5+ Ide Work From Home yang Efektif dan Asyik


    5+ Ide Work From Home yang Efektif dan Asyik
    Ide Work From Home
    Berikut ini terdapat beberapa ide work from home yang efektif dan juga asyik yang perlu Anda perhatikan ya demi kenyaman dirumah.

    1. Gunakan Device dan Aplikasi Berbasis Cloud/ Online Internet


    Teknologi akan memungkinkan Anda untuk melakukan kerja jarak jauh. Jadi pastikan untuk membawa pulang laptop Anda, dan jangan lupa charger, mouse dan keyboard Anda – apa pun yang mungkin membuat laptop Anda dapat digunakan di rumah.

    Jika Anda tidak memiliki laptop kantor dan Anda akan menghabiskan waktu lama di tempat lain, tanyakan apakah supervisor Anda mengijinkan untuk membawa komputer desktop Anda dari kantor. Jika Anda tidak mengemudi atau menggunakan transportasi umum, tanyakan kepada atasan Anda apakah bisa menggunakan taksi atau layanan rideshare.

    Lalu pastikan juga perangkat lunaknya. Pastikan Anda memiliki aplikasi yang tepat. Banyak pekerja jarak jauh bersandar pada Slack, Microsoft Team, Skype, Zoom, atau GoToMeeting. Selesaikan apa yang direncanakan tim Anda dengan bantuan semua software tersebut.

    Bagi Anda pemilik usaha atau akuntan yang melakukan pembukuan secara manual, Anda juga bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online untuk memudahkan proses pembukuan dan pencatatan transaksi yang terjadi pada bisnis secara keseluruhan, dimana saja dan kapan saja.

    Tentu saja, Anda harus memastikan semua teknologi Anda benar-benar berfungsi dari rumah. Apakah Anda memiliki jaringan aman? Apakah aplikasi itu dapat diakses dari Wi-Fi rumah Anda? Apakah Anda memerlukan akses keamanan untuk masuk? Ini semua adalah pertanyaan yang mungkin diajukan kepada supervisor atau departemen IT Anda.

    2. Perhatikan Kesediaan Bandwith Jaringan Internet Anda


    Hal lain yang penting adalah akses internet. Apakah jaringan internet Anda cukup kuat di rumah untuk memungkinkan Anda melakukan konferensi video? Banyak konferensi dan hampir semua perjalanan kerja yang tidak penting dibatalkan pada saat terjadi kegentingan, sehingga orang ingin menggunakan konferensi video online, yang membutuhkan koneksi internet yang baik.

    Jika bandwidth Anda rendah dan Anda melakukan panggilan video, coba matikan program lain untuk meringankan beban koneksi Anda. Jika koneksi Anda benar-benar buruk, Anda  dapat mematikan bagian video panggilan dan hanya menggunakan audio.

    Ini akan membuat Anda untuk melihat tim Anda namun tim Anda tidak akan melihat Anda, tetapi masih akan memungkinkan Anda untuk berpartisipasi dalam percakapan.

    3. Pelajari Dirimu dan Kelemahan WFH-mu


    Jika Anda terganggu, bersiaplah untuk bekerja setiap pagi seperti Anda akan bekerja di kantor. Berdandan, tata rambut Anda – apa pun yang biasanya Anda lakukan. Ini menempatkan Anda dalam pola pikir profesional.

    Sulit untuk membedakan antara rumah dan kantor saat Anda berada di rumah. Tetapi sejauh memungkinkan, buat ruang di rumah yang terlihat dan terasa seperti kantor Anda bagi Anda.

    Jika Anda tipe orang yang tidak pernah beristirahat di rumah, atur penghitung waktu untuk makan siang untuk menngambil istirahat dari pekerjaan Anda. Jika Anda tidak mengubah tempat Anda pada suatu waktu di siang hari dan mengambil nafas, itu bisa membuat keadaan lebih buruk. Usahakan untuk mempertahankan jam kerja normal, dan matikan semuanya saat Anda biasanya meninggalkan kantor.

    Cobalah untuk menghargai manfaat yang datang dengan pekerjaan jarak jauh. Anda tidak bepergian. Anda dapat membuat makan siang sendiri dan menghemat uang dengan melakukannya. Anda memiliki kontrol lebih besar atas jadwal Anda dan lebih banyak waktu bersama keluarga. Fokus pada hal positif apa pun yang dapat Anda temukan.


    4. Perhatikan Keluarga Anda


    Tidak hanya kantor, pada saat masa genting terjadi biasanya sekolah juga menutup kegiatan pengajaran.

    Dengan penutupan sekolah dan kekhawatiran tentang menempatkan anak-anak di penitipan anak, orang tua dihadapkan pada tantangan, terutama orang tua yang secara fisik harus pergi bekerja karena mereka tidak memiliki pilihan pekerjaan jarak jauh.

    Anda harus membuat rencana untuk pendidikan dan hiburan. Persediaan buku-buku dan teka-teki. Tidak apa-apa menggunakan layanan streaming  dan mengatur waktu pemutaran, sementara Anda menyelesaikan pekerjaan Anda di rumah.
        “Social distancing tidak berarti Anda harus tetap terjebak di rumah Anda. … Rekomendasi saat ini adalah untuk menghindari pertemuan yang tidak penting. Ini berarti Anda harus menghindari pertemuan yang dihadiri lebih dari 50 orang, tetapi secara konservatif pertemuan apa pun lebih dari 10 orang akan sangat berisiko. Namun, jika Anda tidak  termasuk dalam kelompok berisiko tinggi, Anda masih dapat saling mengunjungi. “

    Cobalah lebih berhati-hati terhadap kakek-nenek, tetangga, teman, dan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu. Alih-alih kunjungan tatap muka setiap minggu, cobalah memulai kebiasaan obrolan melalui videocall.

    5. Optimalkan Prioritas Kerja


    Adalah bijaksana untuk berdiskusi dengan atasan Anda tentang apa yang sebenarnya bisa dicapai dari WFH atau Work From Home.  Tanyakan kepada manajer Anda apa prioritasnya, dan diskusikan bagaimana tugas akan diselesaikan.

    Bagaimana tim akan menjalankan dan memantau proyek yang sedang mereka kerjakan? Bagaimana mereka bertemu untuk membahas semua hal ini? Apakah Anda semua akan terhubung di Slack atau email? Akankah ada rapat pada waktu tertentu untuk membuat semua orang terkoordinasi?

    Ini harus menjadi percakapan yang berkelanjutan. Jujurlah tentang apa yang tidak berhasil atau tidak bisa dilakukan dalam situasi seperti ini. Komunikasi yang lebih menyeluruh akan diperlukan pada saat genting terjadi.

    Penutup Ide Work From Home

    Sekian deh artikel seputar dunia informasi dengan topik pembahasan mengenai 5+ Ide Work From Home yang Efektif dan Asyik. Semoga bermanfaat dan membantu Anda yang membutuhkan. 

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Hai

    Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

    Pemilik Kang Yusuf
    +62 823-7775-4543
    Call us to +62 823-7775-4543 from 0:00hs a 24:00hs
    Hai, ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Tanya Kami