√ Definisi dan Fungsi Gateway - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Definisi dan Fungsi Gateway

Daftar Isi [Tampil]

    Definisi dan Fungsi Gateway Adalah Sebagai node jaringan yang menghubungkan dua jaringan menggunakan protokol berbeda secara bersamaan. Sementara bridge digunakan untuk menggabungkan dua jenis jaringan yang serupa (sama), gateway digunakan untuk menghubungkan atau menggabungkan dua jaringan yang berbeda.

    Gateway yang paling umum adalah router yang menghubungkan jaringan rumah atau perusahaan ke internet. Di sebagian besar jaringan berbasis IP, satu-satunya lalu lintas yang tidak melewati setidaknya satu gateway adalah lalu lintas yang mengalir di antara node pada segmen jaringan area lokal (LAN) yang sama – misalnya, komputer yang terhubung ke switch yang sama.

    Definisi dan Fungsi Gateway Adalah Sebagai
    Definisi dan Fungsi Gateway Adalah
    Gateway (Gerbang Jaringan) adalah suatu perangat yang menghubungkan jaringan komputer yang satu atau lebih jaringan komputer dengan media komunikasi yang berbeda sehinga informasi pada saat jaringan komputer di alihkan akan berbeda dengan media jaringan yang berbeda.

    Jika dikaitkan dengan jaringan komputer, maka definisi gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan sebagai media untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu ataupun beberapa jaringan komputer lainnya yang menggunakan sistem protokol yang berbeda sehingga setiap jaringan komputer dapat saling mengakses informasi yang dimiliki oleh jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.

    Fungsi Gateway Dalam Jaringan Komputer


    Jika dikaji dari pengertiannya, maka fungsi gateway adalah sebagai media untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya yang berbeda protokol, sedangkan jika dirinci secara lebih mendalam maka fungsi gateway adalah sebagai berikut :

    1. Protocol Converting


    Fungsi gateway yang pertama adalah sebagai protocol converting. Seperti yang telah dijelaskan diatas, gateway berguna sebagai penghubung beberapa jaringan komputer yang berasal dari protocol yang berbeda. 

    Nah, untuk bisa menghubungkan dua jaringan komputer yang berbeda protocol, gateway harus mengkonversi setiap protocol yang ada sehingga beberapa jaringan tersebut dapat saling dihubungkan.

    2. Mempermudah Akses Informasi


    Fungsi gateway yang kedua adalah sebagai alat untuk mempermudah akses informasi pengguna jaringan komputer. Jaringan komputer yang dengan protocol yang berbeda pada dasarnya tidak dapat disambungkan satu sama lainnya. 

    Ketika jaringan komputer tidak dapat dihubungkan satu sama lainnya, maka secara otomatis satu jaringan komputer tidak akan bisa mengakses informasi yang ada di jaringan komputer lainnya. Nah, ketika gateway digunakan dan jaringan komputer telah terhubung, maka secara otomatis akses informasi dapat berjalan dengan lebih mudah.

    Itulah definisi ataupu pengertian gateway dan fungsi gateway dalam jaringan komputer. Adapun beberapa bentuk dan berbagai jenis tugas gateway sebagai berikut,

     

    Beberapa Bentuk dan Berbagai Tugas Gateway Yaitu,


    Berikut adalah beberapa bentuk dan tugas gateway dalam penerapan teknologi sekarang ini.


    1. Web application firewall (WAF) – menyaring lalu lintas ke dan dari server web dan melihat data lapisan aplikasi

    2. API, SOA atau XML gateway – mengelola lalu lintas yang mengalir masuk dan keluar dari layanan, arsitektur berorientasi layanan-mikro atau layanan web berbasis-XML.

    3. IoT gateway – menerjemahkan antara protokol sensor, memproses data sensor sebelum mengirimnya ke server dan perangkat lain yang terkonfigurasi.

    4. Cloud storage gateway – menerjemahkan permintaan penyimpanan dengan berbagai panggilan API layanan penyimpanan cloud.

    5. Media gateway – mengonversi data dari format yang diperlukan untuk satu jenis jaringan ke format yang diperlukan untuk yang lain.

    6. Amazon API Gateway – amemungkinkan pengembang untuk menghubungkan aplikasi non-AWS ke sumber daya back-end AWS.

    7. VoIP trunk gateway – memfasilitasi penggunaan peralatan plain old telephone service (POTS), seperti telepon landline dan mesin faks, dengan jaringan voice over IP (VoIP).

    8. Email security gateway – mencegah pengiriman email yang melanggar kebijakan perusahaan atau akan mentransfer informasi dengan maksud jahat.

    Sekian deh artikel seputar dunia pendidikan teknologi dengan topik pembahasan mengenai Definisi dan Fungsi Gateway. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda yang membutuhkan.

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga