√ 2+ Cara Mudah Mengubah Kartu MicroSD Menjadi Memori Internal - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

2+ Cara Mudah Mengubah Kartu MicroSD Menjadi Memori Internal

Daftar Isi [Tampil]

    2+ Cara Mengubah Kartu MicroSD Menjadi Memori Internal. Menjumpai masalah bingung untuk mengubah kartu MicroSD ke memori internal karena data penuh. Mari kita simak pembahannya dibawah ini yang mana Kang Yusuf sadur dari situs kabarg*mes.id.

    Hal ini perlu kita perhatikan sebab dengan anyaknya aplikasi dan fitur multimedia yang bisa diinstall secara gratis di Google Play Store membuat smartphone membutuhkan ruang penyimpanan lebih besar. Sehingga perlunya mengubah kartu MicroSD jadi memori internal deh.

    Meski saat ini smartphone biasanya hadir dengan memori internal diantara 4-8 GB untuk kelas entry level, namun banyak yang masih kekurangan opsi penyimpanan. Slot tambahan untuk kartu MicroSD pun jadi opsi menambah kapasitas penyimpanan ataupun mengubah nya menjadi memori internal.

    MicroSD

    MісrоSD adalah kаrtu mеmоrі nоn-vоlаtіlе yang dіkеmbаngkаn oleh SD Cаrd Aѕѕосіаtіоn уаng digunakan dаlаm реrаngkаt portable. Saat іnі, tеknоlоgі mісrоSD ѕudаh dіgunаkаn оlеh lebih dari 400 merek produk ѕеrtа dіаnggар sebagai standar industri dе-fасtо.


    2+ Cara Mudah Mengubah Kartu MicroSD Menjadi Memori Internal
    Cara Mudah Mengubah Kartu MicroSD Jadi Memori Internal

    Namun setting awal smartphone biasanya akan menjadikan memori internal sebagai media penyimpanan utama. Jika Kamu mendownload aplikasi dan game dalam jumlah banyak, maka memori tidak akan cukup. Selain itu memori internal yang penuh juga akan memperlambat kinerja smartphone.

    Merubah Kartu MicroSD Jadi Memori Internal

    Sebagai opsi, Kamu bisa menjadikan kartu MicroSD sebagai media penyimpanan utama. Tergantung jenis smartphone yang dimiliki, Kamu bisa memakai MicroSD hingga kapasitas simpan 64 GB bahkan lebih, sehingga bisa menyimpan bermacam file tanpa mengurangi kinerja smartphone.

    Cara Mengubah Kartu MicroSD Menjadi Memori Internal

    Berikut langkah – langkah cara mudah dalam proses mengubah kartu MicroSD menjadi memori internal Android kamu. Sehingga bisa dipergunakan dengan sebaik mungkin dan bermanfaat deh.

    1. Perhatikan Langkah Untuk Memasukkan MicroSD

    Jika Kamu membeli smartphone baru dan memasukkan kartu MicroSD ke dalamnya, akan muncul pilihan Setting dimana Kamu bisa menjadikannya memori internal secara default, dan berikut langkah selanjutnya yang harus Kamu ikuti:
    1.     Saat baru dimasukkan, smartphone pasti akan memberikan notifikasi jika ada kartu memori baru yang terdeteksi
    2.     Pilihan yang tersedia adalah ‘Set Up’ dan ‘Eject’. Pilih Set Up
    3.     Scroll hingga menemukan ‘Use as Internal Memory‘
    4.     Setelah itu Kamu tinggal ikuti prosesnya klik next dan next hingga selesai
    5.     Done!

    2. Langkah Untuk Mengubah Penyimpanan ke MicroSD


    Cara berikut ini bisa dilakukan jika sebelumnya Kamu menggunakan memori internal smartphone sebagai default penyimpanan dan ingin mengubahnya ke MicroSD.
    1.     Back up terlebih dahulu semua data yang ada di kartu MicroSD Kamu, bisa ke laptop, HDD eksternal maupun flashdisk
    2.     Setelah itu buka Settings > Storage & USB > SD Card
    3.     Klik ikon tiga dot yang ada di bagian kanan atas layar
    4.     Di menu drop down pilih ‘Settings’
    5.     Selanjutnya pilih “Format as Internal”
    6.     Akan ada notifikasi berisi peringatan jika SD card akan diformat untuk membuatnya aman digunakan. Selain itu SD card tersebut hanya akan bekerja di smartphone Kamu saat ini dan tidak bisa digunakan jika dipindah ke smartphone lain
    7.     Jika sudah OK, pilih ‘Erase & Format’ dan klik OK untuk melanjutkan
    8.     Done!

    Mengenai kartu microSD yang hanya akan bisa digunakan di smartphone Kamu dikarenakan telah dienskripsi untuk menjaga keamanan Android. Kamu Jadi yang bisa ‘membacanya’ adalah perangkat pertama yang menggunakan microSD tersebut. 

    Dengan kata lain, jika suatu waktu ingin memindahkan kartu microSD ke smartphone lain, PC atau Laptop via card reader, kartu microSD tersebut tidak akan terdeteksi. Menurut Google, ini dilakukan untuk menjaga keamanan pada smartphone Android itu sendiri.

    Sebagai tambahan, jika Kamu memutuskan menggunakan microSD sebagai penyimpanan default, ada baiknya untuk menggunakan kartu microSD yang berkualitas karena akan langsung mempengaruhi kinerja smartphone. Ada baiknya menggunakan microSD kelas 10 agar smartphone tetap ngebut meski dipakai menyimpan berbagai jenis aplikasi dan game.


    Penutup

    Mengubah Kartu MicroSD Menjadi Memori Internal

    Sekian deh artikel seputar dunia teknologi dengan topik pembahasan mengenai Cara Mudah Mengubah Kartu MicroSD Menjadi Memori Internal. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan ya sobat.

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga