√ 3+ Cara Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi Anda - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

3+ Cara Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi Anda

Daftar Isi [Tampil]
    3+ Cara Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi Anda. Management keuangan itu dibilang cukup sensitif. Karena jika Anda tidak bisa mengelolanya dengan baik dan tepat. Maka keuangan Anda disetiap bulananya bahkan mingguannya akan terus menurun sampai-sampai tidak kerasa sudah habis saja, ntah dipakai apa saja tiba-tiba hilang ntah kemana.

    Maka perlunya Anda belajar didalam mengelola keuangan agar bisa efesien dan efektif sehingga tidak boros dan lebih hemat. Kali ini Kang Yusuf ingin memberikan beberapa studi kasus agar Anda bisa mengelola keuangan pribadi dengan baik.

    Sebagai orang dewasa yang bekerja di perekonomian saat ini, Anda akan menyadari bahwa mengelola keuangan pribadi sangat penting untuk kelangsungan hidup. Biaya hidup berada pada titik tertinggi sepanjang masa, ada lebih banyak untuk dibelanjakan dan lebih sedikit cara untuk membuatnya. 

    Jika Anda tidak hati-hati, Anda mungkin hidup dari cek gaji ke cek pembayaran atau lebih buruk lagi, dalam utang! Menabung adalah bagian penting dari mengelola keuangan pribadi yang kebanyakan orang gagal menyebabkan ketegangan keuangan jika terjadi keadaan darurat. Berikut ini adalah beberapa cara Anda dapat meningkatkan keuangan pribadi Anda dan menabung lebih banyak:
    3+ Cara Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi Anda
    Mengelola Keuangan Pribadi

    Di mana Kebutuhan Anda Secara Finansial ?


    Mulailah dengan mengetahui status keuangan Anda hari ini. Status keuangan terdiri dari beberapa faktor:
    •     Berapa banyak Anda berutang ?
    •     Berapa banyak yang Anda belanjakan ?
    •     Berapa banyak yang kau dapat ?
    •     Berapa banyak yang Anda miliki dalam tabungan ?

    Anda mungkin perlu sekitar satu bulan untuk mengambil semua informasi di atas. Pastikan Anda mendapatkan semua pembayaran, tagihan, pembelian dan pinjaman kartu kredit untuk menentukan di mana Anda secara finansial. Setelah Anda memiliki gambaran yang jelas tentang uang Anda, Anda dapat mulai membuat keputusan yang akan meningkatkan status keuangan Anda.

    Berikut 3+ Cara Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi Anda

    Berikut ini adalah tiga cara cerdas didalam mengelola keuangan pribadi Anda menjadi lebih baik dan efesien, sehingga laporan keuangan Ana lebih terarah dan tidak boros.
     

    1. Tentukan tujuan keuangan Anda


    Sangat sulit untuk memiliki rencana jika Anda tidak memiliki hasil akhir dalam pikiran. Anda perlu menentukan tujuan moneter Anda dan mengembangkan rencana untuk memenuhi tujuan ini. Apakah Anda ingin membeli rumah baru? Sebuah mobil baru? Memulai bisnis? Anda perlu menabung untuk tujuan jangka pendek atau jangka panjang. 

    Karena itu, tuliskan kebutuhan Anda dalam hal urgensi untuk menghindari stres secara finansial, membeli barang-barang mahal yang saat ini tidak Anda butuhkan. Tambahkan semua biaya yang Anda butuhkan dan ini menjadi target penghematan Anda untuk kebutuhan jangka panjang dan jangka pendek. Ini adalah proyeksi pengeluaran barang modal.


    2. Mengurangi secukupnya


    Setelah Anda tahu apa yang Anda butuhkan, Anda harus kembali ke pengeluaran Anda yang tercatat dan mengurangi semua hal yang tidak perlu. Pengeluaran yang tidak perlu termasuk hal-hal seperti berlangganan majalah yang bahkan tidak pernah Anda baca dan TV kabel yang tidak pernah Anda tonton. 

    Setiap uang yang Anda kurangi adalah satu dolar untuk tujuan Anda. Situs web seperti leasequit.com membantu Anda menghentikan sewa mobil lebih awal sehingga menghemat uang Anda.

    Setelah Anda memotong kembali, buat anggaran bulanan baru dengan hanya pengeluaran dan tabungan yang diperlukan.

    3. Langsung mulai tabungan Anda


    Sekarang Anda sudah gatal untuk mulai menabung. Bersantai; Anda telah membayar sekitar 50% dari penghematan. Menabung melibatkan banyak disiplin dan Anda mungkin perlu mulai menghindari bergaul dengan teman-teman yang sering menghabiskan banyak uang hanya untuk mendapatkan tabungan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk memulai penghematan:
    • Buka rekening tabungan dan buat transfer tabungan otomatis setiap bulan.
    • Anda juga dapat menggunakan setoran langsung untuk memindahkan uang dari gaji langsung ke tabungan Anda.
    • Gunakan paket 401 (k) tempat kerja Anda. 401 (k) adalah rencana pembagian keuntungan yang ditawarkan oleh pengusaha untuk karyawan.
    • Bergabunglah dengan skema tunjangan pensiun.

    Sekian deh artikel seputar tips keuangan dengan topik mengenai Cara Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi Anda. Semoga bisa memberikan solusi yang berguna dan mampu menjadikan Anda lebih cerdas dan baik didalam mengelola keuangan pribadi ya.

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga