Kang Ads
Kang Ads Perkenalkan saya Yusuf Maulana Nurhadi. Asal Sumedang, Jawa Barat. Pekerjaa sebagai SEO Specialist dan Digital Marketing

Komputer Salah Satu Bentuk IPTEK Dalam Bidang Teknologi

Komputer Merupakan Salah Satu Bentuk IPTEK Dalam Bidang Teknologi. Semua pasti kenal dengan yang namanya komputer. Bahkan anda sering menggunakannya untuk berbagai keperluan. Komputer memainkan peran besar dalam kehidupan kita seperti, memfasilitasi email, faks, konferensi video dan lainnya. Komputer merupakan sebuah alat yang multi fungsi, yang dapat dipergunakan di berbagai kalangan, muda maupun tua dan berbagai hal lainnya. Dan komputer ini juga sudah banyak digunakan untuk berbagai bidang pekerjaan. Yuk langsung aja ikuti ulasan berikut, untuk mendapat info lebih jelas mengenai komputer tersebut.



Pengertian dan Definisi Komputer


Komputer merupakan alat yang digunakan untuk mengelola data dalam perangkat elektronik untuk membentuk sistem secara otomatis. Komputer secara otomatis dapat menerima dan menyimpan data dengan cepat dan tepat. Selain itu, saat ini perangkat komputer telah dimodifikasi menjadi sebuah perangkat portable yang dikenal dengan nama Laptop. Komputer yang kita kenal sekarang tentu berbeda dengan saat pertama kalinya ditemukan dulu.

Komputer adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengolah suatu data dan kemudian dapat disimpan kedalam perangkat penyimpanan yang terdapat di dalam komputer. Ini akan mempermudah penggunanya dalam mengumpulkan data dan menyimpannya dalam komputer tersebut.

Komputer adalah perangkat elektronik yang memanipulasi informasi atau data. Ini memiliki kemampuan untuk menyimpan, mengambil dan memproses data. Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda dapat menggunakan komputer untuk mengetikkan dokumen, mengirim email, bermain game dan menjelajah Web. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengedit atau membuat spreadsheet, presentasi dan bahkan video.

Komputer Salah Satu Bentuk IPTEK Dalam Bidang Teknologi

Peranan Penting Komputer Dalam Teknologi


Komputer merupakan salah satu alat komunikasi yang berperan penting bagi kehidupan manusia. Ini juga merupakan alat yang sangat dibutuhkan manusia untuk membantu mereka dalam menyelesaikan pekerjaan bagi perusahaan-perusahaan dan mencari segala sesuatu yang dibutuhkan manusia tanpa menghabiskan waktu mereka. Berikut ini merupakan peran komputer sebagai komunikasi:

1. Mengirim email. 


Apakah Anda menginstal server email sendiri atau mengizinkan vendor email untuk meng-host lalu lintas email perusahaan Anda, ini adalah metode utama komunikasi komputer di antara perusahaan. Jika Anda berencana mengirim dan menerima dokumen rahasia melalui email, terapkan tanda tangan digital dan enkripsi. Jika Anda menerapkan server email sendiri, konfigurasikan untuk memfilter email spam dan karantina yang patut dipertanyakan. Langkah-langkah ini akan sangat membantu perusahaan dari malware yang disematkan di email spam.

2. Instal server faks 


Jaringan atau perangkat lunak faks pada komputer yang memerlukan kemampuan faks. Sementara email menjadi lebih diterima, banyak dokumen hukum mungkin tidak dipindai dan dikirim melalui email, namun dapat dikirim melalui faksimile. Beberapa perangkat lunak faks memerlukan saluran telepon untuk menghubungi mesin faks penerima, namun teknologi yang lebih baru memfasilitasi faks melalui Internet. Seperti email, terapkan enkripsi untuk dokumen rahasia.

3. Buat kehadiran Web 


Untuk perusahaan Anda melalui situsnya sendiri. Ini adalah salah satu cara utama untuk mengkomunikasikan layanan Anda kepada calon pelanggan. Hari-hari mencari bisnis di edisi kertas Yellow Pages sebagian besar hilang dan kebanyakan orang mencari layanan dan produk terlebih dahulu di Internet. Optimalkan situs Anda dengan optimasi mesin pencari, atau SEO, untuk mendapatkan rangking yang lebih tinggi dengan search engine.

4. Jaringankan sistem telepon 


Anda dengan Voice over Internet Protocol atau VoIP. Layanan ini menggantikan bursa cabang tua yang lebih tua, yang disebut PBX, dengan server di jaringan Anda. Jika perusahaan Anda memiliki beberapa lokasi di wilayah geografis yang luas, Anda dapat menggunakan VoIP melalui Internet untuk menghemat biaya jarak jauh intracompany. Anda memerlukan telepon IP khusus, tapi tergantung pada kebiasaan menelepon Anda, pengembalian investasi bisa sangat besar.

5. Videoconference 


adalah metode lanjutan untuk menggunakan komputer dalam komunikasi yang bisa sangat bermanfaat bagi perusahaan Anda. Konferensi suara tidak memungkinkan Anda melihat petunjuk nonverbal selama panggilan konferensi, namun konferensi video memungkinkan Anda mengatasi ketidaknyamanan klien sebagai tanggapan atas komentar atau kegembiraan saat menyebutkan harga untuk produk Anda. Either way, videoconference dapat meningkatkan komunikasi perusahaan Anda.

 

Fungsi Komputer Dalam Komunikasi dan IPTEK


Komputer sangat penting untuk komunikasi dan merupakan inti dari teknologi informasi. Awal 1990-an melihat munculnya penggunaan internet rumah tangga, yang pada akhirnya memacu penggunaan email, situs web, blog, jejaring sosial, obrolan video dan Protokol Voice-Over-Internet secara umum. Saat ini, banyak mode komunikasi tradisional termasuk surat pos dan telepon rumah sepertinya sudah usang.

1.    Internet dan Email


World Wide Web, Internet dan email merevolusi cara orang berkomunikasi satu sama lain. Daripada menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu untuk melihat informasi, sekarang kita bisa melihat semua informasi dengan kecepatan cahaya. Email telah mengubah secara mendasar bagaimana orang berbagi informasi dan melakukan bisnis berdasarkan kecepatan dan fleksibilitas yang ditawarkannya.

Komputer bisa mengolah data sekitar 20 juta byte per detik sehingga mudah bagi mereka untuk mendownload dan langsung menampilkan hampir semua teks email.

2.    VOIP dan Video Chat


Protokol Voice Over Internet – atau VOIP – menggantikan kebutuhan akan telepon darat dalam banyak kasus. Baris ini bisa memberikan komunikasi telepon instan melalui Internet dan seringkali lebih murah daripada saluran telepon tetap. Mereka juga menyediakan kemampuan untuk melakukan obrolan video untuk melihat siapa Anda berbicara. Platform VOIP juga menyimpan rincian kontak untuk memudahkan akses dan panggilan. Kelemahan saat ini untuk VOIP, per Mei 2011, adalah bahwa 911 operator tidak dapat melacak panggilan kembali ke lokasi.

3.    Jaringan sosial


Situs jejaring sosial termasuk Facebook, Twitter dan LinkedIn memungkinkan pengguna dengan cepat menghasilkan konten bagi orang-orang di jaringan mereka untuk dilihat. Daripada mengirim catatan individu, jejaring sosial menyediakan arus pembaruan dan informasi yang konstan.

Alat komputer ini telah mengambil komunikasi selangkah lebih maju daripada email karena kemampuan mereka untuk segera mengkomunikasikan pembaruan kehidupan dan status ke keseluruhan jaringan orang-orang yang dapat merespons dan memberi komentar pada catatan tersebut secara real time.

Tidak seperti daftar distribusi email – yang pada dasarnya dapat mentransfer informasi yang sama ke kelompok besar orang – antarmuka jejaring sosial yang ramping dan mudah digunakan menghalangi kelebihan informasi yang terjadi dari mencoba fungsi yang sama dalam program email.

4.    Router


Meskipun bukan komputer pribadi, router adalah jenis komputer yang digunakan untuk mengarahkan lalu lintas komunikasi. Mereka sangat penting untuk distribusi panggilan, email atau lalu lintas Internet yang efisien dan benar. Router mengambil “paket” data elektronik dan mengirimkannya ke arah untuk terhubung dengan orang yang dimaksud. Mereka dapat digunakan di rumah tetapi juga disimpan di gudang data sentral dimana hub lalu lintas diarahkan di tempat yang sama.

Sekian artikel seputar teknologi pendidikan dengan topik pembahasan mengenai Komputer Merupakan Salah Satu Bentuk IPTEK Dalam Bidang Teknologi. Semoga bisa memberikan wawasan dan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

Kang Ads
Kang Ads  Perkenalkan saya Yusuf Maulana Nurhadi. Asal Sumedang, Jawa Barat. Pekerjaa sebagai SEO Specialist dan Digital Marketing
Note: Only a member of this blog may post a comment.