6+ Cara Mudah Membuat Disclaimer Blog atau Website


Berikut ini adalah Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog atau Website. Sebelum Anda menciptakan halaman disclaimer pada blog atau webiste anda, ada baiknya anda tahu dulu apa itu disclaimer dan apa fungsi nya pada blog anda semoga tidak sembarang buat. Karena tidak semua blog dan website harus mempunyai halaman disclaimer.


Disclaimer merupakan sebuah halaman pendukung yang berisi pernyataan bahwa segala sesuatu yang dimuat di dalam blog atau web tersebut hanya berisi informasi semata dan pemilik atau pengurus blog tidak bertanggung jawab atas keakuratan dan kelengkapan informasi yang dimuat di dalamnya.

Disclaimer lebih semacam peringatan dari pemilik blog. Disclimer dipakai untuk melindungi si pemilik blog atau web atas isi di dalam blog tersebut. Pembaca akan dianggap otomatis mendapatkan syarat dan ketentuan dari blog atau web tersebut.

Jika menyerupai itu, akan timbul pertanyaan “apakah legal disclaimer dipakai sebagai jalan keluar apabila ada pelanggaran yang terjadi pada hal-hal yang di formulasikan terms & conditions serta privacy policy pada sebuah website?

Lalu, dimanakah posisi legalitas sebuah disclaimer dalam Undang-Undang Informasi Teknologi dan Elektronik (UU ITE) ?

Berdasarkan pencarian yang saya lakukan, saya menemukan tanggapan dari Graham J.H.Smith pada bukunya yang berjudul “ internet Law and Regulation “  menyatakan bahwa “pada dasarnya disclaimer atau pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan menawarkan dukungan bagi si pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi.

Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis mendapatkan syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk klausul disclaimer”.

Tapi berbeda dengan negara kita Indonesia, pencantuman disclaimer pada blog atau situs tidak sanggup membebaskan tanggung jawab aturan bagi si pemilik atau pengurus blog. Hal ini tertera dalam UU ITE yang berlaku di negara Indonesia. Terlepas dari itu semua, tidak ada salahnya anda menciptakan halaman ini pada blog anda sebagai antisipasi di lalu hari.

Jika anda menciptakan blog hanya untuk curhatan dan untuk blog eksklusif tanpa ada niat monitize atau di bisniskan, maka anda tidak harus menciptakan halaman disclaimer.

Disclaimer dibentuk jikalau anda punya niat untuk tujuan komersial atau menghasilkan uang maka ini hal yang sangat dibutuhkan. Apalagi kalau anda berniat untuk mendaftarkan nya pada google adsense.

Hal yang diharapkan untuk mendaftar Google Adsense selain privacy policy, contac, sitemap yakni disclaimer. Hal ini semoga blog anda lebih terlihat profesional. Kalau hanya sekedar blog, privacy dan kontak sudah mewakili semua halaman pendukung.

Tapi biar semakin manis dan lebih profesional di mata google tidak ada salahnya anda melengkapi dan memasukkan semua halaman pendukung pada blog anda.

Lantas bagaimana cara menciptakan halaman disclaimer? Sebenarnya disclaimer sanggup saja anda tulis sendiri dengan cara dan gaya bahasa anda. Tetapi jikalau anda tidak ingin ribet dan ingin kelihatan lebih profesional.

Anda sanggup memakai layanan situs pembuat disclaimer secara otomatis dan instan. Salah satu situs pembuat disclaimer terbaik yang banyak digunkan oleh para blogger yakni situs privacy policy online. 

Walau namanya privacy policy, situs ini tidak hanya menciptakan privacy policy tetapi bebrapa halaman pendukung lainnya menyerupai Term of service dan Disclimer juga sanggup dibentuk disini. Bagaimana cara membuatnya?

cara menciptakan disclaimer untuk blog. Sebelum nya anda membutuhkan halaman contact us untuk menciptakan disclaimer.

Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog atau Website

Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog atau Website

Berikut adalah Cara Membuat Disclaimer Blog atau Website yang harus dicoba.

1. Silahkan buka situs Privacy Policy Online di http://www.privacypolicyonline.com/

2. Kemudian anda klik link/menu “ Disclaimer Generator “ pada bab header situs.

3. Halaman berikutnya anda disuruh mengisi form yang sudah disediakan :
  • Your Site Title : Tulis nama blog atau website Anda
  • Your Site URL : Alamat blog Anda
  • Contact Link : Laman contact us Anda
  • Email Address : Email untuk menghubungi Anda.
  • Email Encryption: Ada tiga pilihan, mau tidak pakai Encryption, HTML atau JavaScript. Saran pilih “No Encryption”.
Jika semua sudah di isi dan sudah dirasa benar klik tombol “ Generate Disclaimer “.

4. Sekarang disclaimer anda sudah final dibuat. Kemudian anda copy untuk dipasang di blog.

5. Buka Dashboard Blogger anda, pilih sajian “halaman” > “halaman baru”.

6. Isikan judul halaman dengan “disclaimer”. Lalu klik tab “HTML” dan “paste-kan” disclaimer yang sudah anda copy tadi. Klik Publikasikan untuk mempublish halaman disclaimer anda.

Sekarang halaman discalimer anda sudah online dan sudah sanggup di lihat oleh semua orang. Dan webiste atau blog anda sanggup kelihatan lebih profesional dan sudah siap di daftarkan adsense.

Serta halaman ini sanggup melindungi anda jikalau terjadi hal yang tidak diinginkan di lalu hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Cara Membuat Disclaimer Blog atau Website

Sekian artikel seputar website dengan topik pembahasan mengenai Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog atau Website. Semoga berguna dan bermanfaat ya. Oia jika anda masih bingung, jangan sungkan-sungkan bertanya kepada kami dengan berkomentar di bawah ini. Terimakasih.