√ 20 Manfaat Reaksi Redoks Dalam Kehidupan Sehari hari - - Kang Yusuf -->
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

20 Manfaat Reaksi Redoks Dalam Kehidupan Sehari hari

Daftar Isi [Tampil]

    Manfaat Reaksi Redoks Dalam Kehidupan Sehari hari. Redoks adalah istilah yang menjelaskan perubahan bilangan oksidasi dalam sebuah reaksi kimia. Nah, lebih lanjut, hal ini dapat berupa reaksi redoks sederhana seperti oksidasi karbon yang menghasilkan karbon dioksida (CO2),

    Atau reduksi karbon oleh hidrogen sehingga menghasilkan metana (CH4), ataupun dapat berupa proses kompleks seperti oksidasi gula pada tubuh manusia melalui transfer elektron.

    Jenis atau Pengertian Oksidasi dan Reduksi


    Dalam redoks ada istilah oksidasi dan reduksi. Apa pengertian dari kedua istilah tersebut?
    •     Oksidasi menjelaskan pelepasan elektron dari sebuah molekul, atom, atau ion.
    •     Reduksi menjelaskan penambahan elektron dari sebuah molekul, atom, atau ion.

    Nah, itu adalah pengertian paling sederhana. Berikut di bawah pengertian yang lebih lanjut:
    •     Oksidasi adalah peningkatan bilangan oksidasi.
    •     Reduksi adalah penurunan bilangan oksidasi.

    Pengertian Oksidator dan Reduktor


    Oksidator adalah senyawa yang memiliki kemampuan untuk mengoksidasi senyawa lain atau biasa dikenal senyawa menerima elektron. Oksidator adalah senyawa yang memiliki unsur dengan bilangan oksidasi tinggi seperti. H2O2, MnO4–, CrO3, Cr2O72-, OsO4, atau senyawa yang sangat elektronegatif.

    Redutor adalah senyawa yang memiliki kemampuan mereduksi senyawa lain atau biasa dikenal senyawa mendonorkan elektron. Senyawa yang berupa reduktor bisa pada unsur logam seperti Li, Na, Mg, Fe, Zn, dan Al. Jenis reduktor lainnya yaitu reagen transfer hibrida, misalnya NaBH4 da LiAH4.


    20 Manfaat Reaksi Redoks Dalam Kehidupan Sehari hari
    20 Manfaat Reaksi Redoks Dalam Kehidupan Sehari hari

    20 Manfaat Reaksi Redoks Dalam Kehidupan Sehari hari



    1.  Zat pemutih

    Zat pemutih adalah senyawa yang dapat digunakan untuk menghilangkan warna benda, seperti pada tekstil, rambut dan kertas. Penghilangan warna terjadi melalui reaksi oksidasi. Oksidator yang biasa digunakan adalah natrium hipoklorit (NaOCl) dan hidrogen peroksida (H2O2).
     
    Warna benda ditimbulkan oleh elektron yang diaktivasi oleh sinar tampak. Hilangnya warna benda disebabkan oksidator mampu menghilangkan elektron tersebut. Elektron yang dilepaskan kemudian diikat oleh oksidator.

    2.  Fotosintesis

    Fotosintesis adalah proses reaksi oksidasi-reduksi biologi yang terjadi secara alami. Fotosintesis merupakan proses yang kompleks dan melibatkan tumbuhan hijau, alga hijau atau bakteri tertentu. Organisme ini mampu menggunakan energi dalam cahaya matahari (cahaya ultraviolet) melalui reaksi redoks menghasilkan oksigen dan gula.

    3.  Pembakaran

    Pembakaran merupakan contoh reaksi redoks yang paling umum. Pada pembakaran propana (C3H8-;) di udara (mengandung O2), atom karbon teroksidasi membentuk CO2 dan atom oksigen tereduksi menjadi H2O.

    4.  Baterai Nikel Kadmium

    Baterai nikel-kadmium merupakan jenis baterai yang dapat diisi ulang seperti aki,baterai HP, dll. Anoda yang digunakan adalah kadmium, katodanya adalah nikel danelektrolitnya adalah KOH. Reaksi yang terjadi:

    anoda : Cd + 2 OH-→Cd(OH)2+ 2e

    katoda : NiO(OH) + H2O→Ni(OH)2+ OH-

    5.  Baterai alkali

    Baterai alkali hampir sama dengan bateri karbon-seng. Anoda dan katodanya samadengan baterai karbon-seng, seng sebagai anoda dan MnO2 sebagai katoda.Perbedaannya terletak pada jenis elektrolit yang digunakan. Elektrolit pada bateraialkali adalah KOH atau NaOH. Reaksi yang terjadi adalah:
    anoda: Zn + 2 OH-→ZnO + H2O + 2e
    katoda: 2MnO2+ H2O + 2e-→Mn2O3+ 2OH-
    Potensial sel yang dihasilkan baterai alkali 1,54 volt. Arus dan tegangan padabaterai alkali lebih stabil dibanding baterai karbon-seng.

    6.  Baterai perak oksida

    Bentuk baterai ini kecil seperti kancing baju biasa digunakan untuk baterai arloji,kalkulator, dan alat elektronik lainnya. Anoda yang digunakan adalah seng,katodanya adalah perak oksida dan elektrolitnya adalah KOH. Reaksi yang terjadi:
    anoda : Zn→Zn2++ 2 e-

    katoda : Ag2O + H2O + 2e→2Ag + 2 OH-

    Potensial sel yang dihasilkan sebesar 1,5 volt.

    7.  AKI

    Jenis baterai yang sering digunakan pada mobil adalah baterai 12 volt timbal-asamyang biasa dinamakan Aki. Baterai ini memiliki enam sel 2 volt yang dihubungkan seri. Logam timbal dioksidasi menjadi ion Pb2+ dan melepaskan duaelektron di anoda. Pb dalam timbal (IV) oksida mendapatkan dua elektron danmembentuk ion Pb2+ di katoda. 

    Ion Pb2+bercampur dengan ion SO42- dari asamsulfat membentuk timbal (II) sulfat pada tiap-tiap elektroda. Jadi reaksi yang terjadiketika baterai timbal-asam digunakan menghasilkan timbal sulfat pada keduaelektroda

    .PbO2+ Pb + 2H2SO4→2PbSO4+ 2H2O

    Reaksi yang terjadi selama penggunaan baterai timbal-asam bersifat spontan dantidak memerlukan input energi. Reaksi sebaliknya, mengisi ulang baterai, tidakspontan karena membutuhkan input listrik dari mobil. Arus masuk ke baterai danmenyediakan energi bagi reaksi di mana timbal sulfat dan air diubah menjaditimbal(IV) oksida, logam timbal dan asam sulfat.

    2PbSO4+ 2H2O→PbO2+ Pb + 2H2SO4

    8.  Baterai karbon-seng

    Kalau anda memasukkan dua atau lebih baterai dalam senter, artinya andamenghubungkannya secara seri. Baterai harus diletakkan secara benar sehinggamemungkinkan elektron mengalir melalui kedua sel. Baterai yang relatif murah iniadalah sel galvani karbon-seng, dan terdapat beberapa jenis, termasuk standarddan alkaline. 

    Jenis ini sering juga disebut sel kering karena tidak terdapat larutanelektrolit, yang menggantikannya adalah pasta semi padat.Pasta mangan(IV) oksida (MnO2) berfungsi sebagai katoda. Amonium klorida(NH4Cl) dan seng klorida (ZnCl2) berfungsi sebagai elektrolit. Seng pada lapisanluar berfungsi sebagai anoda.Reaksi yang terjadi :

    anoda : Zn→Zn2++ 2 e-


    katoda : 2MnO2+ H2O + 2e-→Mn2O3+ 2OH-

    Dengan menambahkan kedua setengah reaksi akan membentuk reaksi redoksutama yang terjadi dalam sel kering karbon-seng.


    Zn + 2MnO2+ H2O→Zn2++ Mn2O3+ 2OH-

    Baterai ini menghasilkan potensial sel sebesar 1,5 volt. baterai ini bias digunakanuntuk menyalakan peralatan seperti senter, radio, CD player, mainan, jam dansebagainya.

    9.  pengaratan logam

    4Fe(s)+3O2(g)→2Fe2O3(s)

    10. Redoks dalam Fotografi

    Film fotografi dibuat dari plastik yang dilapisi gelatin yang mengandung milyaran butiran AgBr, yang peka terhadap cahaya.

    -Ketika cahaya mengenai butiran-butiran AgBr, terjadilah reaksi redoks

    -Sehingga ion Ag+ tereduksi menjadi logamnya, dan ion Br- menjadi gas Bromin

    11. Pernapasan sel

    contohnya, adalah oksidasi glukosa (C6H12O6) menjadi CO2 dan reduksi oksigen menjadi air. Persamaan ringkas dari pernapasan sel adalah:

    C6H12O6 + 6 O2 → 6 CO2 + 6 H2O

    12. Reaksi dalam sel bahan bakar

    2H2+4OH-→4H2O+4e
    O2(g)+2H2O+4e-→4OH-
    Reaksitotal
    2H2(g)+O2(g)→2H2O(l)

    13. Las karbit

    Karbit atau Kalsium karbida adalah senyawa kimia dengan rumus kimia CaC2. Karbit digunakan dalam proses las karbit dan juga dapat mempercepat pematangan buah.
    Persamaan reaksi Kalsium Karbida dengan air adalah:
    CaC2 + 2 H2O → C2H2 + Ca(OH)2
    Karena itu 1 gram CaC2 menghasilkan 349ml asetilen. Pada proses las karbit, asetilen yang dihasilkan kemudian dibakar untuk menghasilkan panas yang diperlukan dalam pengelasan.


    14. Pada perkaratan besi

    Pada peristiwa perkaratan (korosi), logam mengalami oksidasi, sedangkan oksigen (udara) mengalami reduksi.
    Rumus kimia dari karat besi adalah Fe2O3 . xH2O => berwarna coklat-merah.

    Korosi merupakan proses elektrokimia. Pada korosi besi, bagian tertentu
    dari besi itu berlaku sebagai anode, dimana besi mengalami oksidasi.

    Fe(s) -----> Fe2+(aq) +2e .............. E=+0,44V
    O2(g) + 2H2O(l) +4e --------> 4OH- ....... E=+0,40V

    Ion besi (II) yg terbentuk pd anode selanjutnya teroksidasi membentuk ion besi (III) yg kemudian membentuk senyawa oksida terhidrasi, Fe2O3 . xH2O, yaitu karat besi.

    15. PENGOLAHAN AIR KOTOR (SEWAGE)
    Pengolahan air kotor ada 3 tahap : tahap primer, sekunder, dan tersier. Saya akan menyingkat tahap ini satu persatu...

    a) TAHAP PRIMER
    untuk memisahkan sampah yang tidak larut air, yang dilakukan dengan penyaringan dan pengendapan.

    b) TAHAP SEKUNDER
    untuk menghilangkan BOD dengan jalan mengOKSIDASInya.

    c) TAHAP TERSIER
    untuk menghilangkan sampah yang masih terdapat lumpur aktif. Lumpur aktif merupakan Lumpur yang kaya dengan bakteri yang dapat menguraikan limbah organic yang dapar mengalami biodegradasi. Bakteri aerobmengubah sampah organic menjadi biomassa dan CO2, N menjadi ammoniumdan nitrat, P menjadi fosfat.

    16. Penyapuhan emas

    Dalam proses penyepuhan dengan emas reaksi yg terjadi adalah reduksi ion-ion emasmenjadi logamnya,

    Au+ + e- -> Au atau Au3+ + 3e- -> Au2.

    17. Peleburan biji logam

    Untuk besi, reaksi totalnya adalah

    2Fe2O3 + 3C -> 4Fe + 3CO2 Fe2O3

    adalah bijih besi (hematit) dengan kokas (karbon/C) sebagai reduktor.

    18. Dalam sistem biosensor

    sistem biosensor berupa alat pengukur kadar gula dan kolesterol berbasis enzimdidalam tanah untuk keperluan medis yang menggunakan teknologi film tebal(thick film). Alat Pengukur kadar gula dan kolesterol dalam darah bekerjamenggunakan prinsip elektrokimia amperometrik. Prinsip kerja deteksi dari alatini didasari pada reaksi yang terjadi antara enzim glucose oxidase dancholesterol oxidase dengan sample darah yang diukur. Proses reaksi kimiawi inimenghasilkan aliran arus listrik yang kemudian diproses oleh signal conditioningdan data akusisi. Hasil proses ini merupakan besar kadar gula dan kolesterol didalam darah. Peralatan ini bersifat portable, kompak dan berdaya rendah

    19. Pengolahan Alumunium

    Zaman dahulu kala, Alumunium termasuk logam yang harganya mahaldipasaran. Hal ini dikarenakan jumlahnya yang sedikit di alam dan caramendapatannya yang cukup sulit. Cara memperolehnya dengan cara elektrolisistidak berhasil karena apabila larutan garam alumunium dihidrolisis, air lebihmudah direduksi daripada Ion Alumunium. Hal ini menyebabkan gas Hidrogenyang terbentuk di anoda dan bukannya Alumunium. 

    Elektrolisis leburanAlumunium juga tidak berhasil karena 2 hal : Larutan tidak berbentuk ion dansenyawanya mudah menguap apabila bersuhu tinggi. Elektrolisis oksidanya jugatidak praktis karena titik lelehnya yang tinggi yang mencapai 2000 derajatcelsius.Pada tahun 1886, Charles Hall dari Oberlin College menemukan cara yangdapatdigunakan untuk mengelektrolisis Alumunium Oksida dengan menggunakanAl2O3dengan Kriolit Na3AlF3. Penambahan Kriolit ke dalam

    Al2O3menurunkantemperatur campuran hingga 1000 derajat celcius, sehingga elektrolisi dapatdilaksanakan. Bejana yang menampung campuran alumunium terbuat dari besiyang dilapisi beton yang bertindak sebagai katoda dan batang karbon yangberfungsi sebagai Anoda.

    20. Pengolahan Magnesium

    Magnesium merupakan logam yang penting karena sangat ringan. Magnesiumdijumpai berlimpah dalamair laut. Ion magnesium diendapkan dari air lautsebagai hodroksida, kemudian Mg(OH)2
    diubah menjadi kloridanya dengan caramereduksinya dengan asam klorida. setelah airnya menguap, MgCl2dilelehkandan dielektrolisis. Magnesium dihasilkan di katoda dan Klor di Anoda.

    Sekian artikel seputar pendidikan dengan topik pembahasan mengenai 20 Manfaat Reaksi Redoks Dalam Kehidupan Sehari hari. Semoga penjelasanya bermutu dan berguna ya temen temen.

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Hai

    Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

    Pemilik Kang Yusuf
    +62 823-7775-4543
    Call us to +62 823-7775-4543 from 0:00hs a 24:00hs
    Hai, ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Tanya Kami