Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Tips Mengatur dan Management Waktu bagi Freelancer (Pekerja Lepas)

Daftar Isi [Tampil]
5 Tips Mengatur dan Management Waktu bagi Freelancer (Pekerja Lepas). Freelancer alias pekerja lepas memang bukan profesi paling populer di tanah air. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu pekerjaan ini mulai banyak diminati. Terbukti dari tahun ke tahun jumlah freelancer (pekerja lepas) di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Tips Mengatur dan Management Waktu bagi Freelancer (Pekerja Lepas)

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik per Mei 2019, jumlah pekerja di Indonesia mencapai 129,36 juta orang. Dan berdasarkan perkiraan dari majalah tempo, freelancer atau pekerja lepas menyumbang sekitar 4,55% dari total seluruh jumlah pekerja di Indonesia.

Ada banyak alasan mengapa orang memutuskan untuk menjadi Seorang Freelancer. Salah satunya adalah untuk mencari penghasilan tambahan selain penghasilan dari pekerjaan utama. Tak hanya itu saja, cara kerjanya yang fleksibel dan tidak perlu panas-panasan untuk pergi ke kantor menjadi daya tarik tersendiri sehingga membuat seseorang tertarik menjadi freelancer.

 

 

Tips Mengatur dan Management Waktu Bagi Freelancer

 

Kelihatannya memang mudah, bahkan banyak yang beranggapan pekerjaan seorang freelancer cenderung santai. Bisa dikerjakan dimana saja, cukup dengan modal laptop saja. Namun percayalah, setiap pekerjaan punya kesulitan dan resikonya masing-masing.

Begitupun halnya dengan seorang freelancer yang sebenarnya tak jauh berbeda dengan para pekerja full time. Freelancer juga dihadapkan pada deadline, dimarahi klien, dan berbagai problematika lainnya. Salah satu penyebab dari hal ini adalah ketidakmampuan dalam mengatur waktu dalam bekerja.

Memang sebagai freelancer, anda diberi kebebasan waktu. Tetapi jika kebebasan tersebut ditabrak begitu saja, tentu anda sendiri yang akan rugi pada akhirnya. Untuk itulah, paling tidak untuk meminimalisir dampak negatif yang mungkin terjadi manajemen waktu adalah hal terbaik untuk dilakukan. Bagaimana tipsnya?
 

 

Berikut Tips Mengatur dan Management Waktu bagi Freelancer

 

1. Tentukan Target

Setiap pekerjaan memiliki deadline. Termasuk project yang sedang anda kerjakan saat ini. Biasakanlah untuk menentukan target, kapan tugas tersebut bisa terselesaikan dalam kurun waktu tertentu. Ini akan membuat anda terus terpacu dan tidak pernah lagi menyia-nyiakan waktu yang ada.

Akan lebih baik lagi jika anda menentukan target lebih cepat dari deadline yang ada. Misal saja  deadline tanggal 24 Januari 2020 maka sebelum tanggal tersebut project tersebut benar-benar bisa anda selesaikan.

 

2. Selesaikan Pekerjaan yang Mudah Terlebih Dahulu

Setiap freelancer bisa saja mengerjakan lebih dari 1 projects. Dan semuanya tentu tidak mungkin jika dikerjakan dalam waktu yang bersamaan. Untuk itu, anda bisa menyelesaikan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu agar paling tidak ada 1 pekerjaan yang bisa anda selesaikan. Jika satu sudah selesai, maka lainnya bisa menyusul dan dapat dikerjakan dengan penuh konsentrasi.

 

3. Buat Time Table

Sebagai freelancer, anda juga harus membuat Time Table sebagai salah satu cara untuk melakukan manajemen waktu yang baik. Walau kelihatannya tidak sibuk, namun tetap saja freelancer adalah orang-orang yang bekerja walaupun bisa dari dalam rumah.

Anda harus tau kapan waktunya bekerja dan kapan waktunya istirahat. Jangan sampai 24 jam waktu anda hanya digunakan untuk bekerja saja tanpa melakukan aktivitas yang lainnya.

 

4. Utamakan yang Deadline Terlebih Dahulu

Tips mengatur waktu bagi freelancer selanjutnya adalah menyelesaikan pekerjaan dengan deadline yang paling cepat. Tidak ada pilihan lain, sebab pekerjaan tersebut benar-benar harus anda selesaikan.

Saya sarankan untuk menyelesaikan projects yang ada sebelum waktu deadline itu tiba. Sebab, anda akan lebih memiliki banyak waktu untuk memeriksa hasil pekerjaan sebelum benar-benar diserahkan kepada klien anda.

 

5. Jangan Menunda Pekerjaan

Stop tunda-tunda pekerjaan. Apapun pekerjaan yang sedang anda lakukan, menunda pekerjaan merupakan hal yang kurang bagus jika sering dilakukan. Segala hal menjadi terbengkalai hingga pada akhirnya andalah yang menjadi rugi sendiri.

Jangan terapkan sistem kebut semalam dalam menyelesaikan pekerjaan. Walaupun pada akhirnya projects tersebut berhasil anda selesaikan, kesehatan yang jadi taruhannya. Terlalu sering begadang tentu dapat membahayakan tubuh anda sendiri.

Itulah beberapa tips manajemen waktu bagi seorang freelancer. Insyaallah jika kelima hal tersebut dilakukan, anda bisa menyelesaikan setiap projects yang ada dengan baik tanpa khawatir dikejar-kejar klien karena keterlambatan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.
Artikel Unggulan
Artikel Pilihan Pengunjung
Artikel Tentang Kesehatan

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami