Tips dan Cara Merawat Kulkas yang Baik dan Benar

Berikut ini Tips dan Cara Merawat Kulkas yang Baik dan Benar. Cari tahu bagaimana cara merawat kulkas dengan benar serta tips menjaganya agar lebih awet dan tahan lama. Kulkas atau lemari es sudah bukan benda asing bagi kita. Dengan kenyamanan dan kepraktisan yang dimiliki lemari es, menjadikan alat ini tak lagi barang mewah yang mudah kita temukan di banyak rumah.

 

Beriku ini Tips dan Cara Merawat Kulkas yang Baik dan Benar. 

Kulkas atau lemari es sudah bukan benda asing bagi kita. Dengan kenyamanan dan kepraktisan yang dimiliki lemari es, menjadikan alat ini tak lagi barang mewah yang mudah kita temukan di banyak rumah. Tentunya kita perlu tahu bagaimana cara merawat kulkas dengan baik dan benar agar kulkas menjadi awet dan tahan lama.

Alat ini dipastikan selalu dalam kondisi menyala setiap saat. Upaya penghematan listrik pada lemari es, tentu akan memberi kontribusi yang tak sedikit pada pengeluaran biaya listrik rumah Anda. Berikut ini kami sajkan kiat-kiat yang dapat dijadikan panduan untuk memilih, merawat, dan membuat penggunaan kulkas Anda efektif.


Berikut Tips dan Cara Merawat Kulkas yang Baik dan Benar


Tips Membeli Kulkas yang Benar

o    Pilih kulkas yang dayanya kecil. Dengan daya yang kecil otomatis konsumsi daya listrik akan lebih hemat.
o    Sesuaikan kapasitas kulkas dengan kebutuhan Anda. Bila untuk konsumsi 1 orang, cukup dengan kapasitas kulkas 100 liter. Untuk suami istri dan anak satu, kapasitas 150 liter sudah mencukupi. Bila untuk lebih dari tiga orang, biasanya di atas 180 liter.
o    Carilah kulkas dengan gasket (karet yang melapisi pintu dengan body) yang cukup tebal. Seiring waktu, elastisitas gasket bakal berkurang.
o    Pilih kulkas yang non-CFC (chlorofluorocarbons). Agar ozon bumi kita tidak cepat bolong.
o    Cari kulkas yang memiliki kemampuan untuk NOFROST. Sehingga dapat mencegah bunga es menumpuk. Biasanya ini terdapat pada kulkas dua pintu.
o    Lebih bijak juga jika memilih kulkas yang ada kuncinya. Sehingga tak bisa dibuka dengan seenaknya.
 

Tips Penempatan Kulkas yang Baik dan Benar

o    Letakkan jauh dari sumber panas, seperti sinar matahari, tungku, atau kompor. Karena dapat membuat kondensor lemari es bekerja lebih keras, efeknya konsumsi listrik bertambah.
o    Letakkan di tempat yang berventilasi baik. Beri jarak antara kulkas dengan tembok atau bagaian atas ruangan. Sisi samping kulkas minimal berjarak 10 cm dari tembok. Bagian atas kulkas minimal berjarak 30 cm. Dan bagian belakang kulkas minimal 15 cm. Kompresor butuh sirkulasi udara yang lancar. Ventilasi udara yang tak lancar membuat kulkas membutuhkan 15% listrik lebih banyak.

 

Tips Pemakaian Kulkas yang Baik dan Benar

o    Buka pintu kulkas seperlunya. Agar temperatur dingin dalam kulkas tetap terjaga. Bila menutup pintu, pastikan tertutup rapat. Untuk mengetes tingkat kerapatan, letakkan selembar uang kertas kemudian tutup pintu kulkas. Bila uang itu mudah ditarik, berarti pintu kurang rapat ditutup. Kemungkinan lainnya, gasket sudah tidak bekerja dengan baik. Jika itu yang terjadi, segera direparasi.
o    Isi kulkas secukupnya, tidak melebihi kapasitas. Agar sirkulasi udara lancar. Jika kulkas disi berlebih, akan membutuhkan listrik lebih banyak dari biasanya.
o    Hindari memasukkan makanan/minuman yang masih panas ke dalam kulkas. Karena akan membuat kompresor bekerja lebih berat. Biarkan makanan/minuman dingin terlebih dulu.
o    Rencanakan bahan yang dibutuhkan ketika akan memasak. Agar tak bolak-balik buka pintu kulkas.
o    Atur suhu kulkas sesuai kebutuhan. Semakin rendah/dingin temperatur, semakin banyak konsumsi energi listrik. Perubahan setiap derajat akan meningkatkan konsumsi energi sebesar 5%. Gunakan termometer untuk mengecek temperatur.
o    Dalam freezer, makanan-makanan sebaiknya tidak dibiarkan bersentuhan atau ditumpuk sampai semuanya benar-benar membeku.
o    Matikan kulkas bila tidak digunakan dalam waktu lama. Misal ditinggal mudik atau bepergian ke luar kota. Dan sebelumnya jangan lupa membersihkan dan mengosongkan isinya. Serta buka pintu kulkas sedikit agar suhunya menyesuaikan dengan suhu ruangan dan tak timbul bau tak sedap.
o    Untuk mengetahui berbagai masalah pada kulkas dapat anda 


 

Berikut Tips dan Cara Perawatan Kulkas yang Baik dan Benar


o    Paling tidak sebulan sekali kulkas dibersihkan.
o    Juga bersihkan bagian freezer agar bunga es tak terlalu tebal (jangan lebih dari 6 mm). Bunga es yang terlalu tebal, membuat kompresor bekerja lebih keras. Akibatnya cepat membuat kompresor rusak. Saat membersihkan bunga es, jangan menggunakan alat tajam. Selain bisa merobek dinding freezer, juga dapat membuat pipa evaporator bocor.
o    Bersihkan juga kondensor (terletak di belakang lemari es) dari debu dan kotoran dengan menggunakan penyedot debu atau sikat. Bila bagian belakang bersih, proses pelepasan panas akan berjalan baik. Dan operasional kulkas akan lebih efisien hingga 30%.
o    Bila kulkas anda memiliki tadahan air di bawahnya, jangan lupa cek minimal seminggu sekali karena air tersebut dapat menjadi sarang berkembang biak nyamuk.
o    Bila kulkas tua Anda (lebih dari 10 tahun) rusak, pertimbangkan untuk membeli yang baru saja. Perkembangan teknologi pada kulkas telah mampu menekan daya konsumsi listrik dibanding satu dekade lalu yang bisa mencapai 1700 watt.
o    Untuk menghemat, bila memiliki lebih dari satu kulkas, matikan salah satu yang kurang dibutuhkan. Maksimalkan penggunaan satu kulkas. Sedang, kulkas lainnya yang tidak digunakan dapat dibersihkan dan biarkan pintunya sedikit terbuka.

Demikianlah berbagai tips seputar kulkas dengan topik pembahasan Tips dan Cara Merawat Kulkas yang Baik dan Benar yang dapat kami sajikan kepada pembaca. Untuk artikel menarik dan pembahasan lengkap mengenai kulkas dapat anda simak di www.dinginaja.com.