Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Jelaskan Tentang Pencarian Identitas Diri Pada Masa Remaja Pubertas

Daftar Isi [Tampil]
Jelaskan Tentang Pencarian Identitas Diri Pada Masa Remaja Pubertas. Penjelasan dan pembahasan mengenai pencarian identitas diri pada masa remaja pubertas. Yuk kita cari tahu masing-masing diri kita apakah sudah masuk pada masa remaja pubertas atau belum ? Simak penjelasan dan pembahasan dibawah ini ya.


Kenali Identitas Diri Pada Masa Remaja Pubertas


Bagaimana sih ciri-cirinya masa remaja pubertas itu ? Masa pubertas yaitu dimana fase adanya perubahan pada beberapa anggota tubuh baik laki-laki maupun pria. Tidak hanya pada anggota tubuh melainkan suara, sikap, mental pun mengalami beberapa perubahan pada masa Remaja Pubertas.


Pencarian Identitas Diri Remaja Pubertas


Pada umumnya remaja yang menjalani masa pubertas, mudah merasa bosan dan mudah sensitif. Hal ini disebabkan masa pubertas yang mempengaruhinya.

Jelaskan Tentang Pencarian Identitas Diri Pada Masa Remaja Pubertas 


Jelaskan Tentang Pencarian Identitas Diri Pada Masa Remaja Pubertas


Masa pencarian identitas diri pada masa remaja pubertas. Biasanya remaja menaruh kepercayaannya kepada mentor atau orang yang dicintainya. Dikarenakan pada masa ini remaja mengalami intimasi yang dilandaskan pada komitmen, pengorbanan, dan kompromi.

Sementara itu James Marcia (Papalia & Feldman, 2017) menyatakan bahwa perkembangan identitas remaja didasarkan pada dua hal yaitu krisis dan komitmen. Krisis didefinisikan sebagai pembuat keputusan secara sadar dan komitmen didefinisikan sebagai sistem keyakinan atau ideologi individu tersebut. Berikut status identitas yang dikemukakan oleh Marcia :

Pencapaian Identitas: remaja sudah menghadapi krisis pilihan dan sudah menentukan komitmen akan masa depannya sehingga mereka dikatakan sudah mendapatkan pencapaian identitas.

Pengambilalihan: remaja membuat komitmen bukan berdasarkan krisis tetapi akibat dari rencana orang lain terhadap kehidupannya. Contoh seseorang berkuliah di jurusan psikologi bukan karena kemauannya tetapi dari pilihan orang tuanya.

Penundaan: remaja masih dihadapkan kepada krisis dan belum berkomitmen. Seseorang dapat mencapai keadaan pencapaian identitas apabila sudah memiliki komitmen. Contoh seseorang masih bingung ingin masuk kuliah di jurusan ekonomi atau matematika.

Penyebaran identitas: remaja belum mengalami krisis dan membuat komitmen. Mereka belum serius terhadap pencarian identitas dan cenderung tidak kooperatif. Pada akhirnya mereka akan menyesal dan merasa tidak bahagia.

Proses pencarian identitas yang dilakukan oleh remaja memang berliku-liku. Untuk itu orang lain disekitarnya wajib membantu dan menuntun mereka dalam pencarian identitas tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan bertukar pikiran kepada remaja tentang pilihan-pilihan yang dihadapinya, berupa dampat positif dan negative dari pilihan-pilihan yang sudah ditentukan oleh remaja.

Walaupun pada masa ini, remaja cenderung merasa diri mereka sudah dewasa sehingga mereka ingin menentukan segala sesuatunya secara mandiri. Para orangtua dianjurkan untuk membimbing secara perlahan agar remaja merasa bebas dan tidak terbenani serta jangan memaksakan keinginan orangtua dalam pilihan-pilihan yang diambil oleh remaja.

Berikut Ciri-ciri Identitas Diri pada Masa Remaja Pubertas


cowok; tumbuh jakun , tumbuh kumis , suara berubah ,dada membidang
cewek; suara melengking, pinggul membesar, buah dada membesar, suara berubah,  


Sekian artikel seputar pendidikan dengan topik pembahasan mengenai Jelaskan Tentang Pencarian Identitas Diri Pada Masa Remaja Pubertas. Semoga bisa membantu temen teman didalam mengenal dan mengetahui masa pubertasnya masing-masing ya dan silahkan berbagi pada temen temen sekitarmu.

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.
Artikel Unggulan
Artikel Pilihan Pengunjung
Artikel Tentang Kesehatan

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami