√ Kenapa Tampilan Website Menentukan Kesuksesan Produk ? - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Kenapa Tampilan Website Menentukan Kesuksesan Produk ?

Daftar Isi [Tampil]
    Kenapa Tampilan Website Menentukan Kesuksesan Produk?.  Anda pasti pernah browsing mencari info tentang produk di internet, entah lewat HP atau lewat komputer. Apa yang anda lihat pertama kali? Pastinya tampilan website kan? Apa yang anda harapkan dari halaman pertama website tersebut? Banyak kejadian, setelah melihat halaman pertama, langsung menutup dan berpindah ke website selanjutnya. Bisa jadi karena ekspektasi anda tidak terpenuhi.



    Kenapa Tampilan Website Menentukan Kesuksesan Produk ?

    Pentingnya Tampilan Website Agar tidak Sekedar “Tempelan”


    Website Bisnis sebenarnya bisa menjadi “mesin pendorong” yang ampuh untuk menjaring pembeli lebih banyak hingga terkonversi dari pengunjung menjadi konsumen bahkan berlanjut menjadi pelanggan. Anda pun dapat menjual lebih banyak lagi.

    Tetapi hal ini sering tidak mendapatkan perhatian khusus. Website terkesan hanya sebagai sumber informasi alias ‘brosur online”. Padahal produk yang dijual sangat bagus kualitasnya, harga bersaing, pelayanan paska pembelian juga ready. Masalahnya dimana?

     

    Tips Mendesain Tampilan Website yang Profesional


    Untuk membantu agar website anda “lebih nendang”, berikut beberapa saran yang patut anda pertimbangkan secara serius :

     

    1.    Tampilan Website yang Baik dan Professional


    “Pandangan pertama awal aku berjumpa”, itu sepotong lirik lagu dari almarhum A. Rafiq. Betul sekali, segala sesuatu dimulai dari pandangan pertama. Pastikan harmonisasi warna, pemilihan font dan penempatan gambar diolah dengan serius dan memberikan kesan professional, bahwa bisnis anda tidak main-main. Kalau anda menjual produk kerajinan, ingin fokus di bidang kerajinan apa? 

    Warna dasar dari halaman pertama website, harus mewakili karakter produk tersebut. Jangan berlawanan. Misalkan menjual produk kerajinan bambu, warna dasar website pink??? Alangkah relevan kalau dipilihkan nuansa warna alam, natural. Pink cocok untuk mewakili produk dengan segmen remaja, abg, misalkan menjual aneka boneka lucu.

     

    2.    Above the Fold Home Page yang “Menjelaskan”


    Above the Fold Home Page secara singkat adalah titik lokasi yang akan dilihat pengunjung di tiap halaman website, sebelum mereka scroll kebawah. Manfaatkan agar pengunjung dapat “tertahan” lama disitu dan pastikan membaca tulisan/gambar yang “nendang”, sehingga tertarik untuk melihat konten website anda lebih lanjut.

     

    3.    Navigasi Yang Mudah


    Ini yang sering kejadian. Kadang navigasi membuat pengunjung bingung dan malas untuk melihat halaman berikutnya. Buatlah navigasi se-efektif mungkin. Bukan berarti serba pendek lo. Tetapi mudah digunakan, cepat di “eksekusi” dengan jari dan urutannya efisien. Pengunjung akan berlama-lama di depan website anda.

     

    4.    Deskripsi Produk


    Siapkan format katalog produk secara mudah tetapi informasi lengkap. Misalkan menjual produk kerajinan bambu orientasi ekspor. Sebutkan secara lengkap :

    -    Kode produk;
    -    Deskripsi produk;
    -    Ukuran (per produk dan setelah dipacking)
    -    Harga produk dan satuannya (satuan / pair / set / pack / box). Termasuk jumlah per pack / per pair;
    -    Berat produk (bersih dan kotor);
    -    Jumlah produk per container. Informasi ini sangat membantu pengunjung yang berprofesi sebagai exporter wholesaler.
    Dan lain-lain. Intinya adalah info sedetail mungkin kepada calon pembeli yang memiliki berbagai keperluan dan tujuan.

     

    5.    CTA (Call to Action)


    Website memiliki fungsi sebagai “pintu gerbang” untuk tindakan-tindakan yang diharapkan, yaitu dalam bentuk pemberian informasi, pengumpulan informasi, agar terkonversi dari pengunjung menjadi pembeli. Untuk memastikan tindakan pengunjung tersebut berlanjut sesuai dengan yang anda harapkan, arahkan dengan CTA (Call to Action), yaitu berupa kalimat ajakan agar pengunjung segera melakukan tindakan.

    CTA harus dibuat secara jelas, singkat dan kuat. Gunakan kalimat ajakan yang relevan dengan segmen pengunjung website anda, susun dan modifikasi dengan kombinasi warna yang kontras, menarik, sehingga pengunjung tergerak untuk SEGERA mengklik button yang sudah anda siapkan, yaitu “BELI SEKARANG’, “ORDER NOW”, KLIK SEKARANG”.

    Nah, tahu kan arahnya kemana? Segera konsultasikan tampilan website anda ke pihak-pihak yang berkompeten. Banyak sekali jasa web designer yang akan mendukung ide-ide bisnis anda menjadi lebih “nendang” hingga pengunjung terkonversi menjadi pembeli sampai pelanggan, salah satunya https://divedigital.id/. Segera realisasikan kesuksesan anda sekarang!!!!

    Sekian artikel seputar website dengan topik pembahasan Kenapa Tampilan Website Menentukan Kesuksesan Produk ?. Semoga bisa memberikan saran dan ide yang kreatif bagi Anda yang ingin mengoptimalkan website sebagai kesuksesan bisnisnya.

    =============================
    Guest Post From Jawarakonten

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga