Kumpulan Kata-kata Harapan Terbaik di Tahun 2021

Berikut ini berbagai Kumpulan Kata-kata Harapan Terbaik di Tahun 2021. Kata-kata motivasi dengan penuh inspirasi yang bisa membuat hati menjadi lebih bersemangat dan penuh positif di dalam menjalankan setiap aktifitas. Memiliki harapan sangat penting bagi setiap orang.

Hal ini karena harapan memiliki peranan penting yang akan membuat hidup manusia lebih berarti. Orang yang memiliki harapan akan lebih mudah mendapatkan apa yang diinginkan. Ini merupakan suatu kekuatan besar dari dalam diri seseorang. Akan tetapi, harapan biasanya disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

Kumpulan Kata-kata Harapan Terbaik di Tahun 2020

Untuk membuat harapan menjadi nyata, diperlukan suatu usaha yang sungguh-sungguh dari seseorang. Misalnya, siswa yang memiliki harapan mendapatkan ranking 1 harus diimbangi dengan usahanya belajar dengan sungguh-sungguh.

Tanpa ada usaha, apa yang diharapkan tak akan menjadi nyata. Selain berusaha, manusia juga harus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar harapannya terkabul.

Berikut ini ada beberapa kumpulan kata kata tentang harapan terbaik dari orang terkenal di tahun 2021. Yuk langsung simak ulasannya berikut ini!

Kumpulan Kata-Kata Bijak tentang Harapan Terbaik di Tahun 2021

1. Miliki tekad yang kuat

    “Gantilah harapan Anda dengan tekad.” – Greg S. Reid

Orang yang memiliki harapan harus berusaha keras mewujudkannya. Tekad yang kuat diperlukan untuk membuat harapan menjadi nyata. Biasanya, orang yang menginginkan harapannya menjadi nyata akan melakukan berbagai cara untuk membuat harapannya menjadi nyata.

Misalnya, jika kamu memiliki harapan memiliki mobil, lakukan berbagai upaya untuk mengupayakannya. Misalnya dengan bekerja keras dan menabung. Targetkan berapa waktu yang akan kamu tempuh untuk dapat memiliki mobil tersebut.

Menabung saja tidak cukup, kamu juga perlu melakukan berbagai usaha lainnya seperti melakukan berbagai investasi agar uang yang kamu miliki bisa berkembang lebih banyak. Sudahkah kamu mempraktekkan nasehat kata kata tentang harapan di atas untuk mewujukan cita cita mu?

2. Harapan di titik nol mampu membuat kita bersyukur

    “Andaikan harapan seseorang diturunkan hingga titik nol, orang akan benar-benar menghargai semua yang dia miliki saat ini.” – Stephen Hawking

Menurut kata kata tentang harapan di atas, agar bisa selalu bersyukur atas apa yang telah dimiliki, kita bisa mencoba untuk menurunkan harapan. Harapan di titik rendah akan membuat kita sadar bahwa ternyata sudah banyak yang dimiliki.

Kamu bisa berkaca pada orang lain yang status kedudukannya ada di bawah kamu. Sejatinya, orang yang pandai bersyukur akan mendapatkan kebahagiaan dengan kesederhanaannya.

3. Berusaha mewujudkan harapan

    “Anda tidak pernah diberi harapan tanpa diberi kekuatan untuk membuatnya nyata sekaligus. Namun bagaimanapun Anda harus mengupayakannya.” – Richard Bach

Harapan ialah anugrah terindah yang diberikan oleh Tuhan kepada umat Nya. Harapan bisa dimulai dari hal terkecil misalnya harapan untuk bisa hidup dalam waktu yang lebih lama. Biasanya, harapan seperti ini dimiliki oleh orang yang mengidap penyakit berat sehingga divonis dokter bahwa umurnya sudah tidak lama lagi.

Tentunya, orang yang terkena penyakit berat sudah tidak memikirkan hal lain seperti memiliki rumah megah, mobil mewah, harta melimpah dan sebagainya. Yang dia inginkan ialah kesehatan sehingga bisa menikmati hidup dengan bahagia bersama orang-orang tersayang.

Untuk memiliki kesehatan, tentunya harus ada upaya yang dilakukan. Misalnya berobat secara rutin disertai berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

4. Membahagiakan seseorang dengan memberinya harapan

    “Agar dapat membahagiakan seseorang, isilah tangannya dengan kerja, hatinya dengan kasih sayang, pikirannya dengan tujuan, ingatannya dengan ilmu yang bermanfaat, masa depannya dengan harapan.” – Frederick E Crane

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membahagiakan seseorang. Hal pertama yang harus dilakukan ialah dengan membekalinya pekerjaan. Jangan berikan dia uang karena uang akan segera habis bila dibelanjakan. Namun, pekerjaan akan membuatnya mampu menghasilkan uang dengan hasil keringatnya sendiri.

Kemudian, jangan lupa untuk membekali pikirannya dengan tujuan. Orang yang memiliki tujuan membuat hidupnya lebih terarah sehingga tahu mana yang harus dilakukan dan mana yang harus dihindari. Kemudian, bekali juga dengan ilmu yang bermanfaat sehingga dalam bergaul di masayarakat dia akan memiliki kemampuan berpikir yang baik. Hal yang paling utama ialah berilah harapan untuk masa depannya.

Orang yang memiliki harapan besar akan berusaha keras untuk meraih masa depan yang cemerlang. Masa depan bisa diwujudkan oleh seseorang yang selalu memelihara harapannya di dalam hati beserta tekad yang kuat.

Kata-kata Harapan Terbaik di Tahun 2021

Kata-kata Harapan Terbaik di Tahun 2021

5. Manfaat besar sebuah harapan

    “Tidak ada obat semanjur harapan, tidak ada pendorong sehebat harapan dan tidak ada tonikum sekuat mengharapkan sesuatu terjadi pada hari esok.” – O O Marden

Menurut kata kata tentang harapan dari O O Marden ini, sungguh luar biasa manfaat memiliki sebuah harapan. Harapan diibaratkan seperti obat yang sangat manjur. Bahkan, orang sakit harus memiliki harapan sembuh apabila ingin sembuh.

Obat-obatan dan tindakan medis yang diterimanya tidak akan berarti apa-apa apabila seseorang tidak memiliki harapan untuk sembuh dari penyakitnya. Orang yang harapan sembuhnya besar biasanya akan lebih cepat sembuh.

Kemudian, harapan juga sangat bermanfaat untuk mewujudkan sebuah cita-cita. Harapan akan mendorong seseorang untuk melakukan usaha-usaha untuk mewujudkannya. Harapan tersebut juga akan membuat hidup seseorang lebih terarah karena ia akan mengisi hari-harinya dengan hal-hal positif yang bisa mendukung apa yang dicita-citakan terwujud.

6. Miliki harapan sebagai pegangan hidup

    “Pegangan hidup saya adalah: berjagalah untuk hal yang terburuk, berharaplah akan hal yang terbaik dan terimalah apapun yang datang.” – Robert E. Speer

Kamu harus memiliki pegangan hidup agar hidupmu lebih terarah. Hal yang perlu diperhatikan ialah selalu berjaga terhadap hal-hal terburuk. Pasti akan ada berbagai masalah yang harus dihadapi. Jika kamu selalu siap menghadapi hal terburuk yang menimpamu.

Kamu tak akan kaget dan terpuruk sehingga bisa lebih mudah untuk bangkit kembali. Seseorang yang terpuruk terhadap masalah yang didapatkan biasanya akan lebih lama bangkit.

Selain selalu siap terhadap segala kemungkinan buruk, hal yang perlu kamu lakukan ialah memiliki harapan untuk mendapatkan hal yang terbaik. Hal-hal indah dan membahagiakan selalu diimpikan oleh setiap orang. Harapan ini akan membuatmu berupaya melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk membuat hidup lebih bahagia.

7. Harapan mengalahkan harapan

    “Harapan dapat mengalahkan rasa takut jika kita percaya.” – Susilo Bambang Yudhoyono

Terkadang, manusia memiliki rasa takut ketika ingin meraih impiannya. Akan tetapi, rasa takut itu bisa dikalahkan ketika memiliki harapan yang besar. Rasa cemas atau kekhawatiran akan hilang karena ada keyakinan dalam diri bahwa kamu pasti bisa melakukannya.

Dengan adanya kepercayaan diri yang kuat, seseorang akan lebih mudah meraih apa yang dicita-citakan. Itulah mengapa setiap orang harus memiliki harapan karena merupakan kekuatan yang besar.

Orang yang memiliki harapan akan cenderung selalu melakukan perubahan yang lebih baik dalam hidupnya. Rasa takut akan dilawan demi mewujudkan impian menjadi nyata.

8. Harapan membuat orang berusaha keras

    “Di mana tidak ada harapan, di situ tidak ada usaha keras.” – Samuel Johnson

Menurut kata kata harapan di atas, orang yang memiliki harapan akan melakukan berbagai usaha keras untuk mewujudkannya. Harapan akan menentukan masa depan seseorang karena bisa mendorongnya untuk berupaya keras melakukan usaha pencapaian masa depan yang diinginkan.

Orang yang tak memiliki harapan tak akan memiliki tujuan hidup. Keadaan ini diibaratkan seperti orang yang mati dalam hidupnya karena hidup tanpa tujuan yang jelas.

Menurut kata kata tentang harapan di atas, tanpa adanya harapan, kamu tak akan mampu mendapatkan suatu pencapaian karena tidak adanya usaha yang sungguh sungguh. Misalnya, karir tak akan maju tanpa ada harapan dan usaha, hubungan tak akan menjadi lebih baik tanpa ada harapan serta usaha untuk membuatnya lebih baik, dan kehidupan tidak akan semakin membaik.

Bahkan hal tersebut bisa memicu orang tidak bersemangat untuk hidup. Banyak orang memohon kematian karena hidupnya sudah tidak memiliki harapan apapun.

Sebuah penelitian dilakukan pada hewan. Hewan yang dikurung pada tempat tertentu yang tidak disenangi oleh hewan tersebut akan membuat si hewan tidak memiliki harapan. Secara perlahan, hewan tersebut akan mati karena diberi makan pun dia tidak mau memakannya.

Kemudian, hal sebaliknya dilakukan penelitian pada hewan yang diberikan kesempatan untuk bisa melarikan diri pada situasi yang tidak menyenangkan. Hal yang terjadi ialah hewan tersebut akan mampu hidup lebih lama.

9. Jangan kehilangan harapan

    “Kita boleh saja kecewa dengan apa yang telah terjadi, tetapi jangan pernah kehilangan harapan untuk masa depan yang lebih baik.” – Bambang Pamungkas

Kata kata harapan di atas mengandung nasehat bahwa sudah sepantasnya manusia hidup dengan memelihara harapannya. Tak jarang hidup ini mengalami kekecewaan karena apa yang terjadi tidak selalu sesuai dengan apa yang diharapkan. Tugas kita ialah ikhlas menerima segala ketentuanNya setelah berusaha melakukan usaha yang terbaik. Kita harus selalu percaya bahwa takdir Allah SWT selalu yang terbaik.

Hidup di dunia merukan anugerah terbesar dari Allah SWT kepada umatNya. Ini merupakan kesempatan bagi manusia untuk menunjukkan kelayakannya sebagai hamba Allah yang mulia. Jika hidup ini tidak diisi dengan kegiatan yang bermanfaat maka penyesalan akan terjadi.

Harapan membuat seseorang tidak berputus asa untuk meraih masa depan yang cemerlang. Jangan pernah membunuh harapan karena itu akan menjadi kekuatan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Jika kamu berani membunuh harapn, artinya kamu sudah kehilangan semangat menjalani hidup dan tidak bisa merasakan nikmatnya kehidupan ini bersama orang-orang tercinta.

Berusahalah untuk memelihara harapan apapun yang terjadi. Entah ketika berada dalam posisi sulit ataupun keadaan yang membahagiakan. Meskipun cobaan berat melanda, jangan pernah hilang semangat. Jalani kehidupan yang berat dengan ketulusan. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT seperti nikmat bernafas.

10. Tumbuhkan harapan dalam diri

    “Bersungguhlah saat harapan Anda kecil, lebih bersungguhlah saat Anda mungkin kalah, dan makin bersungguh-sungguhlah saat Anda tidak mungkin menang. Itulah iman.” – Mario Teguh

Super sekali, menurut kata kata harapan di atas semakin sulit kita mencapai harapan semakin kita harus berusaha sungguh-sungguh untuk mencapainya. Kamu harus selalu memelihara harapan yang ada di dalam diri agar tahu ke mana harus melangkah. Harapan membuat seseorang mengetahui apa yang harus dilakukan. Selain itu, semangat untuk hidup lebih baik akan dimiliki oleh seseorang yang memiliki harapan besar untuk hidupnya. Pastinya, harapan itu akan membuat kita lebih bersemangat bangun di pagi hari untuk segera melakukan aktivitas yang berguna.

Orang yang mengalami masa sulit mampu keluar dari masalahnya dengan harapan yang dimilikinya. Sebagai contoh, seorang anak yang tidak mampu memiliki harapan ingin masuk ke universitas agar masa depannya lebih baik meskipun ia tahu bahwa tak ada biaya untuk kuliah.

Namun, karena tekadnya yang kuat, dia mampu membiayai kuliah dengan hasil kerjanya. Ya, dia menjadi mahasiswa yang bekerja setelah selesai kuliah. Setelah lulus, dia mampu mendapatkan pekerjaan yang baik sehingga mampu merubah nasibnya dari orang yang tidak mampu menjadi orang sukses.

Perjuangan yang dilalui semasa kuliah dengan bekerja keras akan menjadi suatu kenangan manis setelah mencapai titik kesuksesan.

11. Berpegang pada harapan untuk hidup lebih baik

    “Kami selalu berpegang pada harapan, keyakinan, dengan keyakinan bahwa ada kehidupan yang lebih baik, dunia yang lebih baik, di luar cakrawala.” – Franklin D. Roosevelt

Memiliki hidup yang lebih baik merupakan hal yang diinginkan oleh seseorang. Semua itu akan terwujud dengan sempurna apabila diiringin dengan harapan yang besar untuk mewujudkannya. Harapan memberikan keyakinan bahwa kamu bisa mewujudkan apa yang kamu inginkan. Tanpa keyakinan ini, segalanya akan sulit dicapai karena pada dasarnya keyakinan dalam diri merupakan kekuatan besar untuk mencapai sesuatu.

Orang yang memiliki harapan besar mampu mencapai kemajuan karir, memiliki kehidupan yang lebih baik, memiliki hubungan keluarga yang lebih harmonis, dan sebagainya. Kehidupan akan menjadi semakin bahagia ketika mencapai keinginan yang diimpikan selama ini.

12. Temukan harapan di masa sulit

    “Aku menemukan harapan di hari-hari terkelam, dan fokus pada hari-hari tercerah. Aku tidak menyalahkan alam semesta.” – Dalai Lama XIV

Ketika pada posisi yang sulit di mana masalah datang bertubi-tubi, hal yang harus kamu lakukan ialah tetap mempertahankan harapan yang ada di dalam diri. Jangan biarkan harapan itu lari karena hal ini akan membuatmu semakin sulit bangkit.

Harapan mendorong dirimu untuk bangkit dari keterpurukan sehingga menggapai  kehidupan yang lebih baik. Saat diri sudah ada di posisi atas, tetaplah fokus agar apa yang telah kamu capai bisa dipertahankan. Sebab, mempertahankan juga tidak semudah meraihnya. Butuh ketekunan dan semangat untuk tetap bertahan di posisi yang sudah diraih.

13. Tuhan mengabulkan doa orang yang memiliki harapan besar

Kata kata bijak

    “Bahwa Tuhan selalu mengabulkan doa orang-orang yang memiliki keyakinan dan kemauan kuat untuk mewujudkan harapan.” – Khrisna Pabichara

Tuhan menyukai orang-orang yang memiliki harapan besar dalam hati dan pikirannya. Bahkan, doa yang dia panjatkan senantiasa akan dikabulkan olehNya. Namun, jangan hanya mengandalkan doa saja karena Tuhan akan merubah nasib hambaNya yang mau berusaha keras berjuang membuat perubahan dengan jerih payahnya. Tanpa melakukan suatu usaha, nasib manusia tak akan berubah.

14. Miliki harapan tanpa batas

    “Kita harus menerima kekecewaan yang terbatas, namun jangan pernah kehilangan harapan yang tidak terbatas.” – Martin Luther King

Kecewa sering dirasakan ketika apa yang diharapkan tidak menjadi kenyataan. Boleh saja merasa kecewa, namun jangan sampai kekecewaan tersebut membuatmu terlarut dalam kesedihan sehingga hanya diam tak berbuat apa-apa. Itu sama saja dengan putus asa. Biarlah apa yang kamu harapkan tidak tercapai, namun jangan sampai kamu kehilangan harapan.

Selama nafas masih berhembus, kamu memiliki kesempatan untuk memiliki harapan baru. Kesalahan yang lalu bisa kamu jadikan pembelajaran sehingga tidak melakukan kesalahan yang sama.

15. Harapan membuat kita semangat berjuang

    “Berbuat untuk sebuah harapan, yang tidak lagi dikeluhkan tetapi diperjuangkan.” – Najwa Shihab

Harapan sangat penting bagi manusia karena dia akan berbuat sesuatu berdasarkan harapan yang dimilikinya. Mengeluh bukan lah hal yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki harapan tinggi. Hal yang lebih penting dibandingkan mengeluh ialah memikirkan mengenai cara yang tepat untuk bangkit dari masa sulit. Yakinlah bahwa tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan.

Dengan memiliki harapan, ini menjadi kekuatan besar sehingga mampu bertahan dalam segala ujian kehidupan. Ketika mampu mengatasi segala persoalan hidup yang pelik, maka harapan yang dimiliki akan semakin bertambah besar.

Kata-kata Harapan Terbaik di Tahun 2021

Sekian deh artikel seputar motivasi dengan judul Kumpulan Kata-kata Harapan Terbaik di Tahun 2021. Semoga dapat memberikan inspirasi sehingga kita semua selalu berupaya mempertahankan harapan cita cita kita dalam segala kondisi dan situasi, baik suka maupun duka.