√ Cara Tracking Ninmedia dengan Android - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Cara Tracking Ninmedia dengan Android

Daftar Isi [Tampil]
    Cara Tracking Ninmedia dengan Android. Teknologi benar-benar mengubah kehidupan manusia, salah satunya di dunia siaran TV satelit. Jika dulu kita harus menyewa jasa teknisi untuk mengatur parabola, kini banyak aplikasi android yang cukup akurat mencari arah satelit. Kita bisa tracking sendiri untukmenghemat biaya instalasi..

    Cara kerja aplikasi seperti ini menggunakan teknologi GPS dan kompas. Selanjutnya menghitung arah satelit dari rumah dan menampilkan hasilnya dalam Azimuth, Elevation dan LNB Skew. Di luar sana banyak pilihannya baik itu untuk android ataupun iOS.

    Syarat handphone yang bisa dipakai itu sudah ada sensor magnetometer dan accelerometer untuk kompas. Tak lupa GPS dan koneksi internet, ada juga yang membutuhkan kamera untuk mode Augmented Reality.

    Berikut Cara Tracking Ninmedia dengan Android

    Cara Tracking Ninmedia dengan Android

    Ninmedia bisa dibilang sebagai penyedia layanan TV satelit yang paling banyak channel gratis. Mayoritas memang TV lokal namun ada beberapa channel premium yang digratiskan dalam paket Mantul. Gratis asalkan membeli receiver rekomendasi seharga 200-300 ribu rupiah di online (belum ongkos kirim).

    Channel Ninmedia disiarkan melalui satelit Chinasat 11 Ku-band yang mengorbit geostasioner di 98 derajat bujur timur dan sejajar khatulistiwa. Beam sudah menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Siarannya mudah ditangkap meskipun menggunakan dish parabola berukuran < 60 cm.

    Kalau di peta, satelit ini berada di atas pulau Nias Sumatera. Artinya kalau dari jawa maka mengarah ke barat geser dikit ke utara, dari kalimatan maka arahnya barat lurus, dst. Supaya lebih akurat memang harus pakai aplikasi.

    Ada banyak sekali aplikasi di luar sana, salah satu yang paling populer adalah SatFinder. Nama aplikasi ini mirip dengan alat yang digunakan teknisi untuk tracking. Di Playstore banyak sekali aplikasi bernama SatFinder namun yang banyak diinstall adalah buatan Maciej Grzegorczyk.

    Cara Tracking Ninmedia dengan Android

    1. Silahkan download dulu melalui link ini, tunggu hingga proses pemasangan selesai.

    2. Setelah dibuka, SatFinder akan meminta izin untuk mengakses lokasi perangkat. Pilihlah Izinkan.

    Otomatis di your location adakah muncul angka Latitude dan Longitude, kota dan alamat anda berada. Kalau tidak muncul coba keluar dari aplikasi, matikan GPS lalu hidupkan kembali dan masuk lagi ke SatFinder.
    3. Klik tombol Cari (Search berbentuk kaca pembesar). Ketik Chinasat di kolom Search dan klik Chinasat 11.

    Terlihat data Azimuth untuk mengatur arah parabola, Elevation untuk kemiringan parabola dan LNB skew untuk arah putaran LNB.

    Compass berfungsi menuntun anda ke arah Azimuth yang tepat. Tanda merah adalah arah satelit sedangkan tanda hijau adalah arah anda saat ini.

    Agar lebih akurat silahkan klik tanda Peta di samping Search. Kalau ingin lebih mantap, klik tanda titik tiga dan pilih Show AR untuk mengaktifkan mode Augmented Reality dengan menggunakan kamera belakang.
    Cara Tracking Ninmedia dengan Android


    4. Silahkan berdiri di belakang parabola, posisikan diri anda menuju arah yang ditandai garis merah panjang. Saat sudah mendekati sudut Azimuth, angka di atas berubah warna dari putih ke hijau. Arahkan parabola anda ke arah tersebut.

    5. Atur sudut kemiringan parabola berdasarkan Elevation.
    6. Pasang LNB anda sesuai dengan LNB Skew. Jika sudut negatif maka arahnya berlawanan dengan jarum jam dan sebaliknya.
    7. Masukkan frekuensi Ninmedia terbaru di pengaturan receiver.
    8. Tuning manual parabola hingga memperoleh Kualitas Sinyal terbaik. Lakukan dengan mengeser perlahan ke kiri, kanan, atas dan bawah. Ingat ya beda 1 derajat bisa beda kualitas sinyalnya. Usahakan maksimal agar sinyal tidak mudah hilang saat terjadi hujan.

    9. Terakhir lakukan blind scan untuk mendapatkan daftar channel gratis di satelit Chinasat 11.

    Tracking Ninmedia dengan android tidaklah sulit karena kualitas sinyal yang mudah ditangkap dari seluruh wilayah Indonesia. Kalau masih belum dapat juga pastikan tiang fokus benar-benar tegak lurus. Usahakan tidak ada dahan pohon atau bangunan yang menghalangi. Parabola harus mengarah ke langit tanpa halangan.

    SatFinder memang gratis namun banyak sekali iklan yang dapat mengganggu proses tracking anda. Sebenarnya mereka juga punya pilihan SatFinder Pro seharga 28.000 yang tanpa iklan. Sayangnya untuk fitur kurang lebih sama dengan versi Free.

    Sekian semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan pembaya. Cara di atas tidak hanya untuk Ninmedia di Chinasat 11 saja, kalian juga bisa menggunakannya untuk satelit lain. Satfinder memiliki database berisi ratusan satelit yang mengorbit mengitari bumi. 

    Guest Post from Fregnesia.com

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.