√ Cara Membuat Surat Lamaran Kerja agar Mudah Diterima - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja agar Mudah Diterima

Daftar Isi [Tampil]

    Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif agar Mudah Diterima. Bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan yang benar sehingga mudah diterima ? Saat sedang mencari pekerjaan, tentu saja yang perlu kita buat ketika melamar kerja adalah surat lamaran kerja.

    Surat lamaran kerja merupakan poin penting yang menentukan apakah sobat akan diterima kerja pada tempat yang sobat lamar atau tidak. Dan tentu saja sobat harus mempromosikan diri sobat dengan benar tanpa perlu basa-basi atau mengada-ada agar bisa menjadi nilai lebih bagi perusahaan yang akan menerima sobat bekerja.

    Agar meningkatkan kemungkinan diterima oleh perusahaan yang sobat inginkan, sobat harus menulis/membuat contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.

    Hal ini dikarenakan begitu banyak orang yang memerlukan pekerjaan namun lapangan kerja yang tersedia tidak memadai. Sehingga untuk memasuki perusahaan yang sobat inginkan bisa saja menjadi susah karena persaingannya yang semakin ketat.

    Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Efektif


    Berikut tips menulis surat lamaran kerja agar peluang sobat diterima semakin besar.
    1. Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut. Hal ini dibutuhkan agar isi surat lowongan pekerjaan sobat tidak keluar dari konteks.
    2. Tulislah surat lamaran kerja dengan kata yang merupakan bahasa baku menurut EYD Kamus Besar Bahasa Indonesia.
    3. Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.
    4. Tujuan surat harus jelas. Nama yang dituju harus sobat pastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan.
    5. Setelah Anda selesai menulis surat lamaran kerja. Baca sekali lagi, pastikan tidak ada salah ketik. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.
    6. Baik surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik, pastikan kertas yang sobat pakai bersih. Tidak ada kotoran, bekas terlipat, bekas dihapus, bekas tip-ex, atau kotoran apapun itu.

    Jika sobat menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, pastikan tulisannya dapat dibaca dengan mudah. Hindari menggunakan tulisan tegak bersambung. Alasi tangan sobat menggunakan tisu ketika menulis agar kertas tidak kotor maupun tiba-tiba terlipat.

    Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif agar Mudah Diterima

    Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Efektif


    Setelah sobat mengetahui beberapa tips dalam menulis contoh surat lamaran kerja agar peluang diterima lebih besar, simak cara menulis surat lamaran kerja di bawah ini.

    Biasanya cara menulis surat lamaran kerja untuk diajukan kemanapun sama saja isinya. Baik cara membuat surat lamaran kerja online, cara membuat surat lamaran kerja di bank, maupun cara membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan

    Langkah-langkah Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar


    1.    Tempat dan tanggal penulisan surat.
    2.    Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju. Alamat lengkap perusahaan.
    3.    Salam hormat
    4.    Kata pengantar / pembukaan
    Dalam kata pengantarnya atau pembuka dalam surat lamaran kerja, wajib sobat cantumkan di mana sobat mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang sobat tuju. Baik dari koran/surat kabar maupun dari internet, atau teman sobat.
    Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang akan sobat inginkan jika dalam perusahaan tersebut membutuhkan banyak sekali karyawan baru.
    5. Biodata pribadi
    Sobat harus mencantumkan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, Pendidikan (tidak wajib)
    Jika sobat ingin menulis latar belakang pendidikan sobat, maka tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi sobat.
    6. Pengalaman kerja dan kemampuan
    Jika sebelumnya sobat sudah pernah bekerja atau memiliki pengalaman dan keahlian dibidang tertentu, sobat bisa mencantumkannya pada surat lamaran agar menjadi nilai lebih. Namun, kika belum pernah bekerja (fresh-graduate) maka tidak usah juga tidak apa-apa. Sobat hanya perlu menulis kemampuan sobat yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.
    7. Penutup
    Dalam penutup ini tulislah untuk pembaca (HRD) bahwa sobat mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.
    8. Lampiran surat lamaran kerja
    Agar perusahaan yang sobat tuju semakin yakin untuk menerima sobat, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai tambah. Hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah:
    •    Pas foto (foto terbaru)
    •    Fotokopi KTP
    •    Daftar riwayat hidup
    •    Fotokopi ijazah terakhir
    •    Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah sobat ikuti)
    9. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap sobat)

    Setelah sobat mengetahui cara membuat surat lamaran pekerjaan, sobat bisa melihat gambar contoh surat lamaran pekerjaan di bawah ini.

    Penutup dan Kesimpulan

    Pada jaman yang sudah modern ini menulis lamaran kerja sudah bisa dikirm melalui email, namun alangkah baiknya bila sobat bisa menulisnya sendiri melalui kertas karena menurut riset sendiri, menulis surat lamaran kerja dengan tangan lebih memiliki peluang lebih besar diterima.

    Yap, itulah bagaimana Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif agar Mudah Diterima dan tentu saja bisa sobat lakukan agar mempunyai peluang besar untuk diterima pada perusahaan yang sobat inginkan. Semoga bermanfaat.

    Guest Post from  Jangklik.com

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga