Bagaimana Kegiatan Ekonomi Penduduk di Daerah Dataran Rendah

Pembahasan mengenai Apa Saja dan Bagaimana Kegiatan Ekonomi Penduduk di Daerah Dataran Rendah. Berikut penjabaranya mengenai kegiatan ekonomi penduduk yang tinggal di daerah dataran rendah. Mari kita simak penjelasannya dibawah ini dengan seksama.

apa saja kegiatan ekonomi penduduk di wilayah dataran rendah

Contoh Kegiatan Ekonomi di Daerah Dataran Rendah


1. Kegiatan Pertanian
2. Kegiatan Perternakan
3. Kegiatan Perikanan air tawar
4. Kegiatan Industri
5. Kegiatan Pariwisata

Bagaimana Kegiatan Ekonomi di Daerah Datara Rendah yaitu,

Bagaimana Kegiatan Ekonomi Penduduk di Daerah Dataran Rendah

 
1. Pertanian

Wilayah dataran rendah dapat digunakan untuk pertanian misalnya padi, gandum dan jagung di dataran rendah, serta sayuran, kopi, teh dan karet di pegunungan. kata berima pada larik ganjil 1 dan 3

2. Perternakan

Wilayah daratan datar dapat digunakan untuk lahan berternak dan mengembala. Hewan ternak misalnya sapi, kambing dan kerbau. Baca Juga Bagaimana Cara Melakukan Penelitian Sejarah Secara  Sederhana


3. Perikanan air tawar

Perikanan air tawar dilakukan di wilayah dataran rendah yang diairi seperti tambak atau di wilayah aliran sungai dan danau. Hewan yang dibudiayakan misalnya ikan lele, kerapu dan udang.
 

Kegiatan Ekonomi Penduduk di Daerah Dataran Rendah


Bagaimana Kegiatan Ekonomi Penduduk di Daerah Dataran Rendah

4. Industri

Industri dapat dibangun di wilayah dataran rendah, seperti industri tekstil, otomotif, elektornik dan sebagainya.

5. Pariwisata

Obyek pariwisata di dataran rendah antara lain pantai, taman nasional, hutan lindung, dan sebagainya.

Bagaimana Kegiatan Ekonomi Penduduk di Daerah Dataran Rendah

Bagaimana Kegiatan Ekonomi Penduduk di Daerah Dataran Rendah

Kegiatan ekonomi adalah usaha yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Kegiatan ekonomi ini ada di setiap tingkatan masyarakat. Salah satu tujuan utama kegiatan ekonomi adalah menghasilkan barang dan jasa agar memenuhi kebutuhan.

Kegiatan ekonomi secara garis besarnya meliputi produksi, distribusi dan konsumsi.

Produksi

Produksi adalah kegiatan menambah faedah ( kegunaan ) suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Produksi di bagi menjadi dua macam yaitu produksi barang dan produksi jasa.

• Produksi Barang yaitu kegiatan menambah faedah dengan mengubah sifat dan bentuknya. Hal ini terdiri dari barang konsumsi dan barang modal. Barang konsumsi siap untuk dikonsumsi langsung, barang modal digunakan untuk menghasilkan barang berikutnya.contoh : membuat kerajinan batok kelapa, membuat makanan, dan kebutuhan lainya.

• Produksi Jasa yaitu kegiatan menambah faedah suatu benda tanpa mengubah bentuknya. contoh : sebuah pagelaran seni, angkutan barang, perbankan

Meningkatkan nilai guna barang atau jasa.

 ♦ Meningkatkan kemakmuran masyarakat.
 ♦ Memperoleh  keuntungan sebesar - besarnya.
 ♦ Memperluas lapangan usaha.
 ♦ Menjaga kesinambungan usaha perusahaan.
 ♦ Memenuhi kebutuhan rumah tangga produksi maupun rumah konsumsi
 ♦ Memenuhi kebutuhan sesuai perkembangan zaman dan kemajuan teknologi serta penduduk yang semakin meningkat.
 ♦ Memacu tumbuhnya usaha produksi lain sehingga dapat menyerang pengangguran.
 ♦ Meningkatkan pendapatan masyarakat atau pendapatan Negara.

Distribusi

Distribusi adalah suatu proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan para pemakai, sewaktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan. Proses distribusi tersebut pada dasarnya menciptakan faedah (utility) waktu, tempat, dan pengalihan hak milik.

Contoh kegiatan distribusi : kegiatan perdagangan di pasar, toko, minimarket, pelabuhanKegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan orang dalam bidang ekonomi untuk menghasilkan pendapatan dalam rangka memenuhi kebutukan hidup.

Apa saja kegiatan ekonomi penduduk di wilayah dataran rendah

Sekian artikel tentang pendidikan dengan tema pembahasan Bagaimana Kegiatan Ekonomi Penduduk di Daerah Dataran Rendah. Semoga bisa membantu rekan rekan pelajar didalam mencari tahu mengenai kegiatan penduduk di daerah dataran rendah di negara Indonesia.