Rekomendasi Peluang Usaha Online Modal Kecil Yang Menjanjikan

Rekomendasi Peluang Usaha Online Modal Kecil Yang Menjanjikan

Sudah waktunya Anda belajar untuk mengelola bisnis masa kini. Berbagai rekomendasi peluang usaha online modal kecil yang menjanjikan. Seiring dengan pesatnya peningkatan pengguna internet dan juga pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini, perkembangan bisnis di Indonesia juga ternyata mengalami kenaikan yang cukup pesat. Pertumbuhan bisnis ini terlihat sangat mencolok pada bidang bisnis online dan juga bisnis offline go online.

Selain di bidang e-commerce (jual beli via internet), bisnis online juga mengalami pertumbuhan pesat di bidang teknologi informasi (TI). Media informasi yang dulunya melalui koran konvensional sekarang menjadi koran online seperti; Tempo.co, Detik.com, TribunNews.com, Republika.co.id, Kompas.com, dan masih banyak lainnya.

Bisnis internet juga banyak dijalankan oleh mereka yang memiliki skill di bidang tertentu dan ingin menghasilkan uang dari keahliannya tersebut. Singkatnya berbagai peluang usaha online di tahun-tahun mendatang akan semakin terbuka lebar dan bisa dilakukan oleh orang-orang yang ingin berbisnis.

Pengertian bisnis online itu adalah bisnis yang dijalankan secara online, hanya bisa dijalankan bila ada koneksi internet dan perangkat komputer/ mobile. Jadi, setiap orang yang ingin menjalankan usaha online harus memiliki koneksi internet dan perangkat komputer/ mobile.

Bisnis internet bisa dikerjakan oleh siapa saja, tidak perduli apa profesi Anda saat ini. Bahkan mereka yang masih gaptek (gagap teknologi) bisa belajar bisnis online dan sukses bila serius menjalankannya.


Baca Juga Peluang Usaha Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan


Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya, apa ada usaha online yang bisa menguntungkan dalam jangka panjang? Berdasarkan pengalaman saya dan juga informasi yang saya temukan mengenai bisnis internet, berikut ini adalah beberapa peluang bisnis online yang menjanjikan dengan modal kecil, dan enaknya lagi bisnis ini bisa kita kerjakan dari rumah.

Rekomendasi Peluang Usaha Online Modal Kecil Yang Menjanjikan

 

1. Bisnis Internet Menjual Produk Orang Lain


Menurut saya, bisnis yang satu ini adalah salah satu jenis bisnis online yang paling menguntungkan saat ini. Alasannya adalah, konsumen di Indonesia sudah banyak yang mulai beralih ke online, dan menjalankan bisnis internet tidak perlu modal besar lho, bahkan nyaris tanpa modal.

Keuntungan menjual produk orang lain (reseller/ dropshiper/ affiliate) adalah kita tidak perlu pusing soal pengadaan barang yang akan dijual dan juga proses pengirimannya. Ada banyak toko online yang menawarkan program ini, tentunya kita juga harus mempelajari riwayat transaksi dari toko online tersebut. Pastikan bahwa Anda bekerjasama dengan orang yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya.

Toko online yang menawarkan program reseller dan dropship biasanya bersedia mengirimkan barang kepada pembeli dimana dalam kemasan barang tersebut nama atau toko online kita yang menjadi pengirimnya. Sehingga kita tidak akan kehilangan pembeli tersebut apabila ingin melakukan pembelian di kemudian hari. Produk yang dijual dengan cara reseller/ dropship biasanya adalah barang berbentuk.

Selain menjual produk berbentuk fisik, kita bisa menjual produk orang lain dalam bentuk digital seperti ebook, video, dan membership. Biasanya program ini disebut dengan affiliasi dimana kita mendapatkan komisi sekian persen dari total harga produk digital yang berhasil kita jual melalui link affiliasi kita.

Anda bisa menemukan berbagai produk yang bisa dijual di situs marketplace berikut:
  •     Dropshipaja.com (produk fisik/ dropship)
  •     Supplier.id (produk fisik/ dropship)
  •     Cakning.com (produk fisik/ dropship)
  •     Ratakan.com (produk digital/ affiliate)
  •     Idaff.com (produk digital/ affiliate)
  •     Tokopedia.com (produk fisik/ dropship)
  •     Bukalapak.com (produk fisik/ dropship)

2. Peluang Usaha Menyediakan Jasa Content Writers


Menjual jasa menulis adalah salah satu jenis bisnis online yang paling laris di Indonesia saat ini. Alasannya, karena sekarang ini banyak media blog/ website bermunculan dan membutuhkan penulis untuk mengisi konten website tersebut. Jasa content writers merupakan rekomendasi peluang usaha online modal kecil yang menjanjikan masa kini.

Konten website bisa dalam bentuk teks, gambar, dan video. Namun dari kebanyakan konten website yang saya lihat rata-rata menggunakan teks atau artikel. Jika Anda atau orang di sekitar Anda memiliki kemampuan dalam menulis artikel, membuat video, dan gambar, maka peluang usaha online inilah yang harus Anda jalankan.


Baca Juga Ide Bisnis Membuka Usaha di Kampung dan Desa


Selain konten dalam bentuk teks, konten video dan gambar logo juga cukup banyak yang membutuhkan. Salah satu konten video dan gambar yang sering dicari adalah membuat video marketing dan juga gambar logo yang berhubungan dengan bisnis yang akan dipasarkan.

Ada banyak sekali pemilik website atau pemilik bisnis yang tidak memiliki waktu atau tidak memiliki skill yang baik dalam membuat konten, logo, dan video untuk website dan bisnis mereka. Jika Anda serius ingin membangun usaha online di bidang bisnis jasa penulis artikel website, mereka inilah target market ideal Anda.

Bagaimana cara menemukan calon klien? Anda bisa menemukan mereka di beberapa situs ini:
  •     Sribulancer.com
  •     Projects.co.id
  •     Sribu.com

3. Usaha Online Menjual Jasa Pembuatan Website/ Blog


Usaha online yang satu ini sangat cocok bagi seseorang yang memiliki kemampuan dalam membangun sebuah website atau blog. Kita tidak perlu punya keahlian yang sangat hebat dalam menyusun kode-kode website dari nol karena sebenarnya ada banyak cara yang cukup mudah dalam membangun sebuah website/ blog yang bagus.

Salah satu platform yang sangat mudah dipelajari dan diterapkan dalam membangun sebuah website/ blog adalah WordPress. Pada WordPress, ada banyak sekali themes/ template yang siap pakai dan unik, baik yang gratis maupun yang berbayar dengan tampilan yang profesional.

Pada awalnya mungkin Anda merasa kurang mampu menjalankan bisnis ini, namun jika Anda sudah terbiasa membuat sebuah website/ blog yang bagus, tentu calon pembeli Anda tidak akan berpikir lama untuk menyewa jasa Anda. Dan perlu kita diperhatikan sebelum menjual jasa ini, sebaiknya kita juga memiliki website bisnis dengan tampilan yang meyakinkan.

Bagaimana cara menemukan calon klien? Anda bisa menemukan mereka di situs marketplace berikut:
  •     Sribulancer.com
  •     Projects.co.id

Agar bisa menjalankan bisnis ini dengan baik tentunya Anda harus memiliki rekanan penyedia domain dan hosting yang berkualitas. Untuk layanan ini, saya merekomendasikan Niagahoster.

4. Berbisnis Internet Menjadi Makelar Online


Bisnis ini cukup banyak dilakukan oleh pebisnis online. Seorang makelar adalah orang atau sebuah perusahaan yang bertugas untuk mempertemukan antara penjual sebuah produk/ jasa kepada calon pembeli. Tentunya untuk menjadi seorang makelar, kita harus memiliki jaringan dan kenalan yang cukup luas.

Dalam bisnis online, rasa percaya dari calon konsumen itu adalah sesuatu yang sangat penting. Karena itu, sebaiknya kita perlu mempelajari latar belakang dari orang yang ingin kita pertemukan, baik si penjual maupun calon pembeli.

Beberapa bisnis yang menggunakan jasa makelar online antara lain; menjual website, menjual property, menjual jasa, dan lain-lain. Hal lain yang perlu kita perhatikan sebagai makelar online adalah dalam hal penentuan harga produk/ jasa yang Anda berikan.

Sebaiknya jangan mengambil untung terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil karena ini menyangkut keuntungan Anda dan juga rasa percaya dari klien Anda. Anda bisa menemukan berbagai produk yang bisa dijual kembali di situs marketplace berikut:
  •     Ciptaloka.com (jual kaos + desain)
  •     Rumah123.com (jual beli property)
  •     Olx.co.id (jual beli beragam produk)
  •     Carmudi.co.id (jual beli mobil)

5. Menjual Jasa Konsultasi di Bidang Tertentu Secara Online


Bisnis ini sangat cocok jika Anda memiliki kemampuan atau keahlian yang sangat baik dalam bidang tertentu. Dalam artian Anda adalah seorang expert di bidang yang Anda geluti.

Beberapa contoh untuk bidang bisnis ini adalah konsultasi SEO (search engine optimization) sebuah website, konsultasi pengembangan bisnis, konsultasi masalah asmara, konsultasi pengobatan tradisional, konsultasi kesehatan, dan lain-lain.

Dulu, bisnis jasa konsultasi dijalankan secara offline. Namun, sekarang bisnis di bidang jasa konsultasi sangat marak kita temukan di internet. Jadi, bila Anda punya skill atau keahlian di bidang tertentu maka keahlian tersebut bisa menjadi bisnis yang menguntungkan jika dipasarkan secara online.

Sekian dulu deh artikel seputar tips peluang usaha online masa kini dengan judul pembahasan rekomendasi peluang usaha online modal kecil yang menjanjikan. Semoga bisa memberikan wawasan dan gambaran terkait gagasan bisnis yang bisa Anda pelajari dan praktikan .