√ Contoh Ide Bisnis Usaha di Kampung dan Desa - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Contoh Ide Bisnis Usaha di Kampung dan Desa

Daftar Isi [Tampil]

    Di zaman sekarang sudah terbuka lebar dan luar untuk berbisnis. Ketahui berbagai contoh ide bisnis usaha di kampung dan desa yang sangat menjanjikan dan sukses. Terdapat beberapa ada diantara kita yang berfikir bahwa usaha yang menjanjikan hanya bagi orang yang bertempat tinggal di kota. 

    Ternyata tidak demikian, ada banyak sekali peluang usaha yang bisa kita jalankan di desa. Buktinya banyak kisah sukses pebisnis desa yang bisa kita baca dari berbagai media. Pendapat yang mengatakan peluang di kota itu lebih baik memang ada benar dan ada juga tidak. Jika untuk ke jenjang karir dan bekerja pada perusahaan besar sih iya.

    Maka dari itu yuk kita pelajari Ide Bisnis Usaha di Kampung dan Desa yang bisa digeluti menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan di kampung Anda semuanya disini.

    contoh ide bisnis membangun usaha di kampung dan desa yang sangat menjanjikan dan sukses
    Ide Bisnis Usaha di Kampung dan Desa

    Karena biasanya perusahaan bisnis besar dan gaji tinggi sering berada di pusat keramaian kota. Akan tetapi, di desa  juga memiliki kesempatan untuk sukses, yakni dengan membuka usaha sendiri. Asalkan kita mau berusaha dan belajar mengembangkan diri untuk terus maju.

    Ide Bisnis Usaha di Kampung dan Desa

    Berikut ini adalah beberapa ide bisnis di kampung dan desa yang bisa Anda pelajari serta geluti ya.

    1. Membuka Jasa Bimbel


    Ide bisnis di kampung yang pertama yaitu Bimbel. Sekarang ini kesadaran akan betapa pentingnya pendidikan semakin tinggi. Peluang usaha bimbel mungkin belum cukup popular di wilayah pedesaan. Akan tetapi, jika memang tingkat kebutuhan pendidikan tinggi, Anda bisa memulai usaha ini di daerah pedesaan.

    Jika Anda menguasai komputer, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka bimbel komputer. Anda bisa menyediakan peralatan komputer lalu mengajarkan mereka sesuai dengan modul pembelajaran yang sering kita temui pada kursus – kursus komputer.

    Selain bidang komputer, masih banyak jenis bimbel yang lain, seperti bidang pelajaran matematika, bahasa indonesia dll.

    2. Membuka Toko Sembako


    Ide bisnis di kampung selanjutnnya yaitu Toko sembako (Sembilan bahan pokok) merupakan jenis usaha yang terus di gemari oleh masyarakat Indonesia, baik itu di wilayah kota maupun desa.

    Sembako merupakan kebutuhan pokok manusia setiap saat, jadi tidak akan pernah ada hentinya. Usaha ini juga cocok untuk diperhatikan jika Anda telah melakukan anlisa yang lengkap terlebih dahulu.

    Berikut ini beberapa tips sebelum membuka toko sembako


    •     Posisi dan lokasi warung
    •     Jenis produk yang akan dijual
    •     Catatan yang lengkap mengenai keluar masuk barang
    •     Ramah melayani konsumen
    •     Memberikan harga kompetitif pada salah satu produk untuk daya tarik warung usaha Anda. Sebagai contoh ada sayur yang dihargai dengan harga murah.

    3. Membuka Warung Sarapan atau Toko Kelontong


    Toko kelontong juga termasuk usaha di desa yang lumayan menjanjikan. Terutama bagi daerah yang sedang berkembang.

    Warung sebenarnya bukan hanya menjual kelontong saja, bisa diselingi dengan produk makanan dan minuman lain. Seperti jus, kue – kue basah, kerupuk, pulsa elektrik, es batu dan lain sebagainya.


    Jadi, warung sarapan atau toko kelontong bisa dikembangkan menjadi waserba (Warung Serba Ada). Tergantung kreatifitas dan kejelian kita dalam menangkap peluang bisnis yang ada di desa.

    Warung sarapan ini merupakan berbagai contoh ide bisnis usaha di kampung dan desa yang sangat menjanjikan dan sukses sampai saat ini loh.

    4. Menjual Aneka Bibit


    Masyarakat desa pada umumnya suka berkebun. Anda bisa menyediakan aneka bibit sesuai dengan trend perkebunan yang ada di pedesaan. Anda bisa menyediakan berbagai jenis bibit. Coba perhatikan trend yang ada, lalu perhatikan juga apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

    Sebagai contoh bibit kelapa sawit, karet, bibit cabai, bibit sayuran dan aneka tanaman kebun lain. Anda tentu bisa menilai, apakah peluang ini ada di desa Anda.

    Ide Bisnis Usaha di Kampung

    5. Usaha Perkebunan / Bercocok Tanam


    Masyarakat desa memang terkenal memiliki lahan yang luas. Dengan demikian banyak hal yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya adalah dengan memanfaakan lahan untuk berkebun.

    Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa kita olah menjadi hasil perkebunan, berikut ini beberapa contohnya.

    a. Daun Sup / seledri

    Budidaya seledri atau dengan nama lain daun sup sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang. Terutama bagi mereka yang hobi bertani.

    Harga daun sup bisa berkisar 5000 hingga 50.000 ribu rupiah, bahkan lebih, tergantung dari lokasi dan pasar di daerah Anda. Untuk daerah admin sendiri harga daun sup menembus angka 70.000 ribu rupiah. Sungguh fantastis bukan?

    b. Kebun kelapa

    Harga kelapa sekarang ini memang cenderung naik, terutama di wilayah yang memang belum banyak pohon kelapa. Nah bagi Anda  yang memiliki lahan, kebun kelapa cukup menjanjikan. Anda bisa menjual hasil panen ke penampung atau membuka warung sekaligus menjual santan kelapa.

    Anda bisa menjadi penampung sekaligus jika Anda memiliki modal yang cukup. Cari agen terlebih dahulu, kemudian pancing dengan hasil panen yang telah Anda miliki.

    Perawatan kebun kelapa terbilang cukup mudah. Pohon kelapa hanya perlu bersih dan tanah yang cocok untuk tumbuh. Tidak ada perlakuan khusus agar pohon kelapa bisa berbuah.

    c. Kebun cabai

    Ide selanjutnya yaitu kebun cabai, harga cabai juga tak kalah menarik dengan harga daun seledri diatas.

    Agar hasil perkebunan lebih maksimal, belajarlah dari orang yang telah mahir dibidang ini. Karena kebun cabai memiliki beberapa penanganan khusus agar hasil nya lebih banyak.

    6. Budidaya ikan


    Budidaya ikan juga merupakan binsis yang boleh dikatakan menjanjikan di desa. Apalagi jika pasar yang ada diksekitar desa Anda masih minim pemasok ikan di pasar.

    Untuk itu, langkah yang paling penting ketika ingin memulai usaha budidaya ikan adalah, cobalah untuk mencari kemampuan pasar terlebih dahulu. Cari dengan lengkap, dimana agen dan distributor ikan. Ketahui kekuatan pasar dan ketahui berapa harga masing – masing jenis ikan.

    Dengan mengumpulkan data seperti seperti cara diatas, kita dapat menghitung apakah budidaya ikan cocok untuk dijalankan. Budidaya sangatlah besar peluangnya sebab termasuk berbagai contoh ide bisnis membangun usaha di kampung dan desa yang sangat menjanjikan dan sukses.


    Berikut ini ada beberapa jenis ikan yang bisa di budidaya
    •     Ikan hias : Ikan mas koi, Arwana, Cupang, Lougan, Gurame, Oscar, Rainbow fish, Man fish dll.
    •     Ikan untuk kebutuhan : Ikan Nila, Betutu, Lele, Belut, Galah, Gurame, Kepting dll.

    7. Jamur Tiram


    Usaha jamur tiram merupakan bisnis desa yang lumayan menjanjikan. Pasalnya usaha ini dapat memberikan penghasilan harian bagi Anda.

    Lagi pula, usaha jamur tiram dapat Anda bangun dengan modal yang relatif kecil, bahan yang mudah dan areal yang luar di desa.

    Contoh bahan yang mudah bagi masyarakat desa.
    •     Serbuk kayu
    •     Kapur
    •     Dedak

    Agar Anda mahir membudidayakan jamur tiram. Anda bisa belajar secara otodidak melalui internet atau dari buku dari perpustakaan.

    8. Membuka Jasa Desain dan Cetak


    Bagi Anda yang tinggal di desa, peluang usaha ini biasanya sangat terbuka lebar. Mengapa? Sebab masih jarang orang yang memiliki keahlian bidang desain atau cetak mencetak.

    Lagipula Anda dapat mengembangkan usaha ini menjadi lebih besar. Mungkin pada awalnya hanya modal komputer dan printer. Selanjutnya bisa Anda kembangkan dengan menambah peralatan fotokopi dan menjual perlengkapan desain.

    Contoh jasa yang bisa dikerjakan adalah:
    •     Jasa desain kartu undangan
    •     Jasa pengetikan
    •     Jasa desain baleho atau papan iklan

    Apa yang paling penting adalah hasil desain Anda harus bagus dan menarik. Dengan demikian pelanggan akan dengan sendirinya mempromosikan jasa Anda kepada orang lain.

    Ide Bisnis Usaha di Kampung dan Desa

    Wow keren sekali kan ide bisnisnya. Sekian dulu deh artikel terkait ide dan gagasan bisnis dengan judul pembahasan berbagai contoh ide bisnis usaha di kampung dan desa yang sangat menjanjikan dan sukses.

    Semoga bisa memberikan wawasan dan gambaran bisnis apa yang ingin Anda terapkan didesa dan kampungnya masing-masing.

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga