5+ Soft Skill Penting Sebagai HRD Perusahaan


Yuk ketahui soft skill HRD yang harus Anda pelajari dan ketahui. Sebagai HRD Anda harus memiliki soft skill dengan mentalitas yang hebat. Jika kita ingin bekerja di sebuah perusahaan besar maka perlu memperhatikan hal penting seperti skill, sikap dan mental.

Terdapat 5 soft skill yang penting sebagai pekerja divisi HRD di sebuah perusahaan. Perlu kita ketahui bahwa soft skills HRD yang juga dikenal dengan singkatakn Human Resource Department adalah salah satu divisi di perusahaan yang memainkan peran sangat penting . 

Divisi yang satu ini berfokus pada perekrutan dan juga pembinaan karyawan. Untuk bekerja di divisi HRD, anda dituntut untuk memiliki beberapa soft skill  penting. Namun apa sajakah soft skills tersebut?.


Pada kesempatan kali ini Kang Yusuf akan berbagai sedikit kepada anda tentang beberapa soft skills yang dibutuhkan untuk dapat bekerja di divisi HRD. Berikut beberapa softs skills penting tersebut beserta ulasan lengkapnya sehingga bisa diterima oleh perusahaan dan startup.

Soft Skill HRD

Sоft Skіll аdаlаh kоmbіnаѕі dаrі kеtеrаmріlаn оrаng, kеtеrаmріlаn ѕоѕіаl, kеtеrаmріlаn kоmunіkаѕі, karakter аtаu sifat kepribadian, ѕіkар, аtrіbut karir, kесеrdаѕаn sosial dаn kecerdasan emosional

Sоft Skіll adalah kерrіbаdіаn, atribut реrѕоnаl, serta kemampuan kоmunіkаѕі уаng dibutuhkan untuk sukses dalam ѕеbuаh реkеrjааn. Bаіknуа ѕоft ѕkіll уаng kаmu mіlіkі mеmреrlіhаtkаn bаgаіmаnа kаmu bеrіntеrаkѕі dеngаn lіngkungаn dі sekitarmu.


HRD yang juga dikenal dengan singkatakn Human Resource Department adalah salah satu divisi di perusahaan yang memainkan peran sangat penting.

5 Soft Skills Sebagai HRD Perusahaan

5 soft skills yang penting sebagai pekerja divisi HRD di sebuah perusahaan

Berikut ini adalah beberapa soft skill HRD yang harus dimiliki dan dipelajari terutama HRD perusahaan.

1. Menciptakan Komunikasi yang Baik dengan Karyawan


Menciptakan komunikasi yang baik adalah salah satu soft skills untuk seseorang yang bekerja di divisi HRD. Menjalin komunikasi dengan orang, terutama orang baru sendiri bukanlah hal yang mudah, namun hal ini dapat dipelajari.

Komunikasi dapat dikatakan sebagai hal yang sangat lekat dengan pekerjaan divisi HRD.

Apalagi jika mengingat bahwa pekerjaan ini selalu bersinggungan dengan perekrutan dan juga pembinaan karyawan. Sehingga, anda tentunya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik jika ingin bekerja divisi ini.

Selain dengan calon karyawan baru, divisi HRD juga dituntut untuk dapat menjalin komunikasi yang baik dengan karyawan di perusahaan terkait.

2. Peka dalam Mengobservasi Karyawan dan Calon Karyawan


Menjadi karyawan di divisi HRD, maka anda akan dituntut juga untuk pandai dan peka dalam mengobservasi karyawan maupun calon karyawan di perusahaan tempat anda bekerja.

Hal ini diperlukan untuk membantu anda dalam menilai dan membina karyawan yang tentunya memiliki karakter berbeda-beda.




Dalam mengobservasi calon karyawan baru, anda dapat juga menggunakan teknologi seperti dengan memeriksa profile linkedln hingga sosial media calon karyawan. (Soft Skills HRD)

3. Bekerja Cepat dan Tepat Dengan Waktu yang Singkat


Sama halnya dengan karyawan lainnya, karyawan di divisi HRD juga sering dihadapkan dengan dealine dan pekerjaan yang menumpuk.

Terutama apabila perusahaan tengah mengadakan recruitment dalam jumlah besar, maka anda dituntut untuk dapat melakukan melakukan psikotes dalam waktu yang singkat.

4. Berprilaku Baik dan Dapat Menjadi Contoh


Bekerja di divisi HRD tentunya anda akan dikenal oleh banyak karyawan di perusahaan dimana anda bekerja. Anda akan menjadi orang yang pertama ditemui oleh calon karyawan baru dan juga bertanggung jawab atas gaji maupun tunjangan dari seluruh karyawan.

Untuk itu, anda patut menjaga sikap dan kepribadian anda.

5. Menjalin Hubungan Interpersonal Dengan Seluruh Karyawan


Tidak hanya dituntut memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sebagai karyawan divisi HRD, anda juga harus mampu menjalin hubungan interpersonal dengan seluruh karyawan di perusahaan dimana anda bekerja.

Hal ini dilakukan dalam rangka, untuk mempermudah anda memantau SDM yang memiliki kinerja baik di perusahaan.

Penutup Soft Skill HRD

Sekian dulu ya artikel seputar tips sebagai karyawan dengan judul pembahasan 5 soft skills yang penting sebagai pekerja divisi HRD di sebuah perusahaan.

Semoga bisa menjadi sebuah perhatian bagi temen temen yang ingin bergabung sebagai HRD disebuah perusahaan ternama dan besar. 

Kuncinya ingin belajar, kerja keras dan tekun didalam mengerjakan semua kerjaan yang diberikan. :-D