Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Detail Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 Terbaru

Daftar Isi [Tampil]
detail kelebihan dan kekurangan windows 10 terbaru
Detail Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 Terbaru
Ketahui berbagai detail kelebihan dan kekurangan windows 10 terbaru ini. Dirilis pada 29 Juli 2015, sistem operasi ini bisa digunakan secara gratis dan untuk Anda yang menggunakan Windows 7 atau 8 bisa langsung meng-upgrade perangkat Anda ke sistem operasi teranyar ini.

Windows telah mengalami perkembangan dari berbagai generasi, sejak dikembangkan dari sebuah sistem yang bernama MS-DOS. Mulai dari Windows 1.0 yang diluncurkan pada tahun 1985 sampai sekarang ada Windows 10 yang dirilis secara resmi sejak tahun 2015.

Pada awal munculnya hanya berupa GUI atau tampilan grafis yang sederhana, yaitu pada Windows 1.0, 2.0 dan 3.0, kemudian mulai berkembang dengan munculnya Windows 95 dan 98. Perbaikan berikutnya adalah kemunculan keluarga Windows NT yang diawali dengan Windows 2000 dan Windows ME.

Lalu berturut-turut ada Windows XP yang paling banyak digunakan dulunya, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan akhirnya sampai di Windows 10.

Ada sebuah mitos yang beredar di kalangan pengguna OS Windows ini, yaitu bahwa terjadi perulangan antara produk sukses dan gagal untuk setiap generasi OS tersebut, lebih tepatnya sejak kemunculan Windows 2000. Produk Windows 2000 ini terbilang sukses, sedangkan penerusnya yaitu Windows ME dianggap sebagai produk gagal.

Lalu berulang pada kesuksesan Windows XP, yang diikuti kegagalan dari Windows Vista. Terulang lagi pada Windows 7 yang menuai sukses, sedangkan Windows 8 dicap gagal.



Hingga sekarang muncul Windows 10 yang sangat sukses dan dianggap perbaikan dari versi-versi sebelumnya. Windows sengaja tidak mengeluarkan yang ke-9 karena angka 9 telah identik dengan Windows 95 dan 98, mereka langsung mengeluarkan versi 10 sebagai penyempurnaan dari OS buatan mereka.

Tunggu apa lagi yuk temen temen baca sampai tuntas terkait detail kelebihan dan kekurangan dari windows 10 terbaru ini. Selamat membaca teman temen :-D

Detail Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 Terbaru

Berikut adalah berbagai detail kelebihan dan kekurangan windows 10 terbaru. 

Berikut Kelebihan Windows 10

1. Fitur Modern yang Canggih

Sebagai sistem operasi terbaru, Microsoft sudah melengkapi Windows 10 dengan berbagai macam fitur mumpuni dan berbeda dengan Windows sebelumnya. Windows 10 memiliki fitur setting yang terintegrasi dengan Drive yang ada, jadi Anda tak perlu khawatir kehilangan akses data dan sebagainya.

Windows 10 juga sangat up-to-date yang terbukti dengan konsep Always Sync yang diusung oleh mereka. Tak lupa juga dengan fitur Windows Mixed Reality dan upgrade browser Edge yang semakin menambah keseruan ketika menggunakan Windows 10.

2. Kompatibel untuk Dipasang Disemua Perangkat

Jangan khawatir, Windows 10 bisa dipasang hampir disemua perangkat Anda. Tak hanya komputer atau notebook saja, tapi juga bisa digunakan di  tablet bahkan smartphone Anda.

3. Cocok untuk Main Game

Ini dia kabar bagus untuk para gamers. Mengupdate perangkat Anda dengan sistem operasi Windows 10 merupakan pilihan yang sangat tepat karena Windows 10 memang dirancang supaya Anda lebih leluasa untuk memainkan game kesukaan Anda.

Windows 10 sudah dilengkapi dengan DirectX 12 yang memang begitu powerful dan terkoneksi dengan hardware yang biasa Anda gunakan untuk bermain game.

4. Menu Start yang Praktis

Berbeda dengan Windows 8 yang banyak dikeluhkan karena memiliki menu start yang sulit digunakan dan kurang efisien, Windows 10 mempunyai menu start yang sangat praktis dan dinamis. Mungkin Anda menyadari bahwa menu start yang ada di Windows 10 mirip seperti perpaduan antara menu start dari Windows 7 dan Windows 8.

5. Memiliki Fitur Virtual Dekstop

Virtual Desktop merupakan salah satu fitur unggulan yang ada pada Windows 10. Virtual Desktop sendiri merupakan teknologi yang bisa membantu Anda untuk membuat beberapa desktop sesuai dengan keinginan Anda.

Teknologi ini berfungsi untuk Anda yang memerlukan pencarian file dengan cepat dan tepat. Tak hanya itu saja, dengan fitur ini Anda bisa berpindah desktop dengan mudah.

6. Jauh Lebih Aman atau Secure

Windows 10 memiliki sistem keamanan yang keren. Ada beberapa fitur security yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan perangkat Anda. salah satunya adalah Windows Hello yang memiliki cara yang mirip seperti smartphone yaitu retina scanner atau fingerprint. 


Anda juga tidak memerlukan software tambahan untuk antivirus karena keamanan pada Windows 10 sendiri sudah ketat.

7. Cocok Di Operasikan untuk Multitasking

Windows 10 lebih cocok digunakan untuk multitasking. Sebenarnya tak jauh beda sih dari versi pendahulunya Windows 7 dan 8, tapi Anda akan lebih terbantu dengan menggunakan Windows 10 ini. Sistem operasi terbaru ini memudahkan Anda untuk membuka beberapa aplikasi dalam satu layar yang sama.

8. Aktivasi yang Cukup Gampang

Kalau Anda masih menggunakan sistem operasi versi lama, ada baiknya segera diupgrade ke Windows 10 yang akan memudahkan perangkat untuk terhubung dengan Microsoft Account. Rincian aktivasi akan tersimpan secara otomatis pada akun Microsoft Anda yang berbentuk Digital Entitlement License.

9. Sistem Operasi yang Lebih Touch-Friendly

Windows 10 memiliki dukungan maksimal untuk perangkat touchscreen seperti tablet, laptop biasa hingga ke type hybrid. Windows 10 memang merupakan sistem operasi yang paling cocok digunakan untuk touchscreen.

10. Beberapa aplikasi dalam satu layar

Para pengguna Windows 10 tidak hanya bisa membuat lebih dari satu layar desktop saja, tetapi juga bisa menampilkan lebih dari satu aplikasi dalam satu layar desktop. Fitur antarmuka yang baru dari Windows 10 membuat pengguna bisa menampilkan lebih dari satu aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Para pengguna juga bisa dengan mudah berpindah dari berbagai macam aplikasi yang ditampilkan tersebut.

11. Terdapat Fitur Game Mode


Bagi para pengguna aplikasi game booster atau semacamnya kini tidak perlu lagi memakai aplikasi tambahan tersebut karena Windows 10 telah menghadirkan game mode yang memiliki fungsi setara.

Opsi game mode ini bisa dipakai ataupun tidak, jika dipakai akan menjadikan aktifitas game sebagai prioritas dan meningkatkan kualitas game yang dimainkan. Dengan demikian aktivitas game yang dimainkan akan menjadi lebih powerful.

12.  Tersedia Windows Store

Satu fitur bawaan dari Windows 10 adalah hadirnya Windows Store yang berfungsi sebagai tempat untuk berbelanja segala macam kebutuhan aplikasi untuk perangkat Windows 10 yang kita pakai, baik di laptop, komputer, tablet, maupun smartphone.

Di sini kita bisa mengunduh segala macam konten digital yang kita butuhkan, misalnya aplikasi, game, musik, film, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan fungsi Google Play Store.

13. Fitur Continuum

Fitur lain dari Microsoft 10 adalah continuum, yaitu fitur untuk menjadikan smartphone yang menggunakan Windows 10 serasa seperti komputer. Caranya adalah dengan menyambungkan layar external, mouse, dan keyboard ke smartphone yang kita pakai. Namun tentu saja ada beberapa persyaratan bagi smartphone yang ingin memakai fitur tersebut. Spek minimalnya adalah resolusi layar 720p, RAM 2 GB, internal storage 8 GB, Bluetooth 4.0, dan WiFi 802.11n. 

14. Fitur Asisten Digital Bernama Cortana

Cortana adalah salah satu fitur baru dari Windows 10. Sebuah asisten digital yang tidak hanya memberikan balasan suara saja, tetapi kita juga bisa memberi perintah dan pertanyaan. Berbagai macam hal yang bisa dilakukan oleh Cortana misalnya menjadi pengingat berdasarkan waktu, tempat atau orang. 

Bisa juga sebagai pelacak jadwal penerbangan kita. Bisa juga mengirim email atau pesan lainnya. Bahkan Cortana bisa mencari berbagai macam file atau informasi yang kita butuhkan dan membukakan apapun aplikasi yang ada di sistem kita. 




Waw cukup keren yah beberapa kelebihan dari sistem operasi windows 10 ini, nah selanjutnya adalah beberapa kekurangan dari sistem operasi windows 10. Yuk langsung simak artikel dibawah ini sampai tuntas gan !

Berikut Kekurangan Windows 10

Berikut ini adalah kumpulan detail kekurangan dari windows 10
 

1. Cukup Sulit Di Operasikan

Windows 10 sepertinya agak sulit untuk digunakan oleh orang awam. Alih-alih membuat sistem operasi yang memudahkan, Microsoft malah membuat Windows 10 untuk orang yang sudah terbiasa memakai komputer.

Windows 10 juga tidak terlalu user-friendly seperti Windows 7. Ya sebenarnya bisa karena terbiasa kan. Jadi sebaiknya biasakan diri Anda untuk menggunakan Windows 10 supaya lebih terbiasa.

2. Sering Mendapatkan ‘Update’

Windows 10 juga belum sepenuhnya ‘sempurna’. Masih banyak pembaruan yang datang dari Microsoft dan Anda mesti siap untuk sering meng-update perangkat Anda. Dikarenakan programnya yang masih belum ‘utuh’, Windows 10 jadi punya performa yang kurang maksimal.

Meskipun bisa kamu matikan secara manual, tetapi update ini tetap bersifat memaksa. Jadi jika masih ingin menggunakan Windows 10 dengan fitur dan dukungan penuh, mau tidak mau kamu juga harus terus update. Intinya, hidup bersama Windows 10 berarti hidup bersama update yang tak berkesudahan.

3. Tidak untuk Keperluan Biasa

Windows 10 juga sepertinya tidak digunakan untuk keperluan sehari-hari karena Windows 10  belum sepenuhnya ‘final’ dan masih ada banyak pembaruan yang harus Anda lakukan.

4. Sering Ganti-ganti Experience

Kekurangan lainnya yang ada di Windows 10 adalah perubahan yang rutin terjadi termasuk ke UI dan UX-nya. Banyaknya perubahan ini juga mungkin bisa mengganggu Anda yang tidak mengikuti perkembangan tentang Windows 10.

Walaupun ini merupakan perubahan yang baik, namun tetap saja Anda akan merasa keteteran dengan perubahan di Windows 10 yang begitu cepat.

5. Membuat Boros Kuota Internet

Banyaknya update membuat Anda bisa dengan cepat kehabisan kuota internet. Berbeda dari versi Windows sebelumnya, Windows 10 mengharuskan Anda untuk update beberapa kali sebulan hingga update tahunan.

2x setahun kamu bakal mendapati update mayor, dimana masing-masing update akan menghabiskan sekitar 2.5GB – 4GB kuota. Belum lagi yang update bulanan (beberapa kali setiap bulannya), dengan masing-masing update bervariasi dari puluhan hingga ratusan MB.



Itu baru dari sisi update. Windows 10 terus melakukan sinkronisasi dengan cloud, bahkan juga mengirim berbagai data telemetry ke Microsoft. Semuanya menggunakan kuota dan bagi kamu pengguna internet berkuota, mungkin ini bisa jadi masalah.

6. Windows Store yang Belum Lengkap

Kekurangan terakhir yang patut diperhatikan adalah aplikasi yang ada masih belum atau kurang lengkap. Aplikasi yang ada pun masih berupa aplikasi biasa (win32).

Ini artinya salah satu keunggulan Windows 10, yaitu Store, masih belum terasa secara optimal. Tentu saja hal ini akan berubah seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya pengguna Windows 10. Namun untuk saat ini, hal ini masih menjadi salah satu kekurangan dari Windows 10.

Ternyata disisi bagusya kelebihan dari sistem operasi windows 10 ini juga terdapat beberapa kekurangan yang perlu temen temen perhatikan yaa. Tentunya saat ini kebanyakan pengguna sistem operasi windows sudah menggunakan windows 10 dalam penggunaan laptop dan komputernya. Tidak sedikit pula yang masih menggunakan windows 7 bahkan pengguna open source Ups.

Nah sekian dulu deh artikel tentang teknologi dari Kang Yusuf kali ini, semoga membahasan terkait detail kelebihan dan kekurangan windows 10 terbaru ini bisa memberikan wawasan dan gambaran bagi temen temen yang ingin mencoba install sistem operasi windows 10 di laptop atau kommputernya.

Selamat membaca dan terima kasih sudah berkunjung di blog Kang Yusuf :-D

Referensi nesabamedia.com ruanglaptop.com dan winpoin.com

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.
Artikel Unggulan
Artikel Pilihan Pengunjung
Artikel Tentang Kesehatan

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami