√ Beberapa Contoh Penerapan AI (Artificial Intelligence) Pada Teknologi - - Kang Yusuf -->
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Beberapa Contoh Penerapan AI (Artificial Intelligence) Pada Teknologi

Daftar Isi [Tampil]

    Beberapa Contoh Penerapan AI (Artificial Intelligence) pada teknologi masa kini sangatlah cukup luas. Saat ini terdapat sebuah hasil dari kecanggihan teknologi yang bermana AI atau Artificial Intelligence).  Mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, keuangan, perkantoran, sekolah, gedung-gedung, perhotelan, sarana transfortasi bahkan sampai sistem informasi dan teknologi masa kini.

    beberapa contoh penerapan AI (Artificial Intelligence) pada teknologi masa kini
    Contoh Penerapan AI
    Perlu diketahui bahwa AI merupakan singkatan dari Artificial Intelligence yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi Kecerdasan Buatan. Dari namanya saja, AI merupakan sebuah teknologi yang sangat keren dan canggih. Dimana dengan adanya AI ini mempermudah manusia didalam proses dan kinerja sebuah teknologi yang sedang dipergunakan tersebut.

    Definisi Kecerdasan Buatan (Artificial intelligence)




    Kecerdasan buatan atau artificial intellegence adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence) atau hanya disingkat AI,

    Didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan kecerdasan buatan sebagai “kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel”.

    Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan saraf tiruan dan robotika.

    Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon.

    Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Objek/Muka, bermain sepak bola.

    Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin.

    Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin dan program komputer untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah.

    Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, sains, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game. 

    Apa Itu Intelligence ?

    Intelligence atau kecerdasan adalah kapasitas seseorang untuk berpikir logis, berkomunikasi, belajar, mengetahui, memahami, mengingat, memiliki perencanaan, berpikir kreatif dan mampu memecahkan masalah. Belajar dari pengalaman dan juga mampu beradaptasi dengan lingkungan juga merupakan bagian dari kecerdasan.


    Padahal, melihat kecanggihan yang terdapat pada komputer sudah membuat kita terkagum-kagum. Namun AI malah lebih canggih lagi karena perangkat atau mesin memiliki kemampuan untuk memutuskan atau melakukan tindakan dengan sendirinya tanpa harus kita berikan input.



    AI bekerja dengan merekam apa saja database yang ia terima dari pengguna. Kemudian, ia akan menggunakan database tersebut untuk pengoperasiannya yang mana pengguna sudah tidak perlu lagi memberikan perintah.

    Hadirnya kecerdasan buatan sudah pasti memberikan angin yang segar di dunia teknologi karena menunjukkan bahwa dunia teknologi sudah sangat berkembang dan bahkan terkadang kita tidak menyangka jika sampai sejauh ini.

    Beberapa Contoh Penerapan AI (Artificial Intelligence) Pada Teknologi




    Kehadiran AI sekarang sudah dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Di bawah ini akan terpaparkan informasi mengenai contoh penerapan AI (Artificial Intelligence) paling populer. Dengan mengetahui informasi ini diharapkan Anda paham apa saja teknologi atau sistem yang menggunakan kecerdasan buatan.

    Terlebih lagi jika mungkin temen temen juga berinisiatif untuk memanfaatkan kecerdasan buatan ini untuk keperluan atau aktivitas Anda sehari-hari.

    1. Contoh Penerapan AI di Google


    Contoh penerapan AI atau kecerdasan buatan yang pertama akan kami jelaskan adalah Google. Siapa yang tidak mengenal mesin pencarian atau search engine yang satu ini. Hampir semua orang di dunia ini setiap hari selalu memanfaatkan Google untuk mengakses berbagai macam informasi yang mereka butuhkan.

    Dengan kecerdasan yang dimilikinya membuat Google dinobatkan sebagai mesin pencarian yang paling hebat sampai sekarang ini.

    Mungkin untuk waktu yang lama Google masih akan menduduki pososi teratas tersebut dan seperti memang tidak akan pernah tergantikan dan terkalahkan. Google akan langsung merayap dan mencari semua link yang dibutuhkan oleh pengguna yang berasal dari suatu website.

    Google juga telah memiliki kemampuan membaca dan memprediksi karakteristik yang kira-kira diinginkan oleh pengguna.

    Manfaat kecerdasan yang terdapat pada Google telah banyak membantu manusia untuk memperoleh informasi yang mereka inginkan. Google juga ternyata sudah dibekali kemampuan untuk bisa mengenali mana kira-kira website yang berisi konten negatif maupun positif.

    Jadi, ketika terdapat konten negatif, maka secara otomatis Google akan langsung memblokirnya. Point ini merupakan beberapa contoh penerapan AI (Artificial Intelligence) pada teknologi masa kini yang sangat popular.

    2. Contoh Penerapan AI di SIRI


    Mungkin SIRI masih terdengar baru, terutama bagi mereka yang tidak menggunakan smartphone keluaran Apple. Namun bagi para pengguna Apple, mereka akan langsung mengetahui bahwa SIRI merupakan kecerdasan buatan yang disematkan pada smartphone keluaran Apple.

    Fungsi SIRI yakni membantu pengguna iPhone untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

    SIRI adalah sistem virtual yang serba bisa yang akan melayani pengguna dengan baik. Beberapa hal yang bisa kita dapatkan dari SIRI yakni mengirim pesan, mendapatkan informasi tentang arah, mendapatkan informasi, melakukan panggilan, sampai dengan memberikan tanda baca pada kalender.

    Kecanggihan SIRI sudah banyak membantu para pengguna iPhone dimana mereka tidak kesulitan mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

    3. Contoh Penerapan AI di Tesla Smart Car


    Saat ini, penggunaan AI tidak dibatasi pada smartphone maupun mesin pencarian. Penggunaan kecerdasan buatan telah masuk ke dunia otomotif. Contoh penerapan AI tersebut yakni mobil tesla. Siapa yang menyangka bahwa perusahaan yang dimiliki oleh konglomerat bernama Elon Musk ini menyematkan teknologi kecerdasan buatan pada mobil buatan perusahaannya.

    Dengan kecerdasan yang dimiliki tesla, membuat mobil tersebut bisa beroperasi atau berjalan sendiri tanpa harus membutuhkan kendali dari supir. Bahkan kecerdasan buatan yang ada di tesla memiliki tingkat prediksi yang luar biasa.

    Dengan kata lain, teknologi AI yang dimiliki oleh mobil tesla hampir mirip dengan fitur auto-pilot yang ada di pesawat terbang meskipun dengan fungsi dan cara kerja yang mungkin juga berbeda.

    4. Contoh Penerapan AI di Cogito


    Cogito merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh Joshua dan Dr. Sandy yang konon menjadi salah satu aplikasi AI terhebat dan tercanggih yang akan memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan perusahaan.

    Cogito dimanfaatkan untuk melakukan panggilan setiap hari dengan jumlah panggilan yang bisa mencapai jutaan.



    Cara kerja dari kecerdasan buatan ini adalah dengan menganalisa suara yang dijadikan sebagai input dan kemudian akan memberikan panduan mengenai pelayanan yang diberikan kepada pengguna. Penggunaan AI pada Cogito merupakan beberapa contoh penerapan AI (Artificial Intelligence) pada teknologi yang sangat keren loh.

    5. Contoh Penerapan AI di Pandora


    Pandora merupakan contoh penerapan AI yang sekarang sudah banyak digunakan. Pandora merupakan penerapan AI secara detail yang juga dinamakan sebagai DNA musik. Dengan memiliki kurang lebih 400 karakteristik musik, maka ahli di bidang musik akan mulai menganalisa musik tersebut secara individual.

    Sistem ini juga sangat baik untuk membantu memberikan informasi mengenai lagu yang tidak pernah dibuat atau didengar meskipun lagu tersebut adalah lagu yang banyak disukai orang.

    6. Contoh Penerapan AI di Netflix




    Siapa yang tidak mengenal Netflix? Netflix merupakan sebuah layanan konten on demand yang merupakan salah satu penerapan AI dengan penawaran berbagai macam pilihan, reaksi, minat, maupun juga perilaku dari para konsumen.

    Teknologi ini akan bekerja dengan cara merekomendasikan film-film berdasarkan reaksi dan juga kecintaan dari konsumennya.

    Setiap tahun, Netflix selalu mengalami peningkatan. Namun yang menjadi kekurangan dari Netflix adalah film kecil yang tidak akan ditampilkan. Namun sampai saat ini Netflix terus melakukan pengembangan sehingga bukan tidak mungkin film kecil pun akan bisa ditampilkan.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang pengertian dan contoh penerapan AI (Artificial Intelligence) paling populer. Beberapa penerapan AI lainnya yang juga tak kalah populer adalah seperti di bawah ini:

    7. Contoh Penerapan AI di Nest Learning Thermostat (Google)


    Nest adalah salah satu startup contoh penerapan Artificial Intelligence paling terkenal dan sukses dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2014 seharga $ 3,2 miliar. Nest Learning Thermostat menggunakan algoritme perilaku untuk menghemat energi berdasarkan perilaku dan jadwal Anda.

    Ini menggunakan proses pembelajaran mesin yang sangat cerdas yang mempelajari suhu yang Anda suka dan program itu sendiri dalam waktu sekitar satu minggu. Selain itu, secara otomatis akan mati untuk menghemat energi, jika tidak ada orang di rumah.

    Bahkan, ini adalah kombinasi keduanya — kecerdasan buatan serta Bluetooth rendah energi karena beberapa komponen solusi ini akan menggunakan layanan dan solusi BLE. Google pun menjadikan AI sebagai beberapa contoh penerapan AI (Artificial Intelligence) terbaik pada teknologi mereka.

    8. Contoh Penerapan AI di Boxever




    Boxever adalah perusahaan yang sangat bergantung pada pembelajaran mesin untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam industri perjalanan dan menyampaikan momen mikro atau pengalaman yang dapat memuaskan pelanggan.

    Boxover secara signifikan meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui pembelajaran mesin dan Kecerdasan Buatan untuk mengatur lapangan bermain, membantu pelanggan menemukan cara baru dan membuat perjalanan yang tak terlupakan.

    9. Contoh Penerapan AI di Flying Drones


    Drone sudah mengirimkan produk ke rumah pelanggan — meskipun dalam mode uji coba. Mereka menunjukkan sistem pembelajaran mesin yang kuat yang dapat menerjemahkan lingkungan ke dalam model 3D melalui sensor dan kamera video.

    Sensor dan kamera dapat melihat posisi drone di ruangan dengan menyambungkannya ke langit-langit. Algoritma generasi lintasan memandu drone tentang bagaimana dan kemana harus bergerak. Dengan menggunakan sistem Wi-Fi, kita dapat mengendalikan drone dan menggunakannya untuk tujuan tertentu — pengiriman produk, pembuatan video, atau pelaporan berita.


    10. Contoh Penerapan AI di Alexa


    Alexa diluncurkan oleh Amazon, yang semakin pintar dan menambahkan fitur baru. Ini adalah produk revolusioner yang dapat membantu Anda mencari informasi di web, mengatur janji, berbelanja, mengontrol lampu, switch, termostat, menjawab pertanyaan, membaca audiobook, melaporkan lalu lintas dan cuaca,

    Serta memberikan info tentang bisnis lokal, memberikan skor dan jadwal olahraga , dan lainnya menggunakan Layanan Suara Alexa.



    Perlu temen temen ketahui bahwa Artificial Intelligence (AI) adalah bahan diskusi yang sangat populer yang banyak dibahas di kalangan teknologi dan bisnis. Banyak ahli dan analisis industri berpendapat bahwa AI atau kecerdasan buatan adalah masa depan — tetapi jika kita melihat sekeliling, kita yakin bahwa itu bukan masa depan — itu adalah masa kini.

    Cukup menarik bukan artikel seputar teknologi yang berjudul beberapa contoh penerapan AI (Artificial Intelligence) pada teknologi masa kini. Semoga dengan informasi seputar teknologi ini memberikan wawasan dan pengetahuan buat temen temen yang ingin mencari tahu perkembangan teknologi masa kini yaitu AI atau sering disebut (Artificial Intelligence) artinya kecerdasan buatan.

    Terima kasih sudah berkunjung dan semangat membaca ya temen temen:-D

    Referensi  nesabamedia.com

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Hai

    Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

    Pemilik Kang Yusuf
    +62 823-7775-4543
    Call us to +62 823-7775-4543 from 0:00hs a 24:00hs
    Hai, ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Tanya Kami