Tips Menulis Artikel SEO Friendly di Google


Pelajari tips ampuh menulis artikel yang SEO friendly agar bisa bersaing di halaman pertama Google. Tentunya hal ini merupakan harapan dari berbagai pelaku blogger maupun bisnis bahwa websitenya bisa berada dihalaman pertama search engine atau mesin pencari. Nah banyak faktor yang mempengaruhi hal ini sehingga bisa memberikan hasil yang sesuai keinginan.

Banyak sekali tools SEO yang bisa Anda gunakan serta formula lainnya yang cocok digunakan untuk bisa bersaing di halaman pertama Google. Maka dari itu ketahui formula tersebut agar bisa membuat website bisnis Anda bersaing di halaman pertama mesin pencari.

Pada artikel ini akan dibahas beberapa tips cara menulis artikel yang SEO friendly agar bisa bersaing di search engine Google. Selamat membaca pembahasan mengenai artikel SEO friendly ya.
 


tips ampuh menulis artikel yang SEO friendly

Jika Anda adalah seorang blogger atau pemilik website, Anda pasti berharap posisi yang lebih baik untuk artikel Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP). Untuk mendapatkan hasil terbaik tersebut Anda perlu mengetahui bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas supaya artikel Anda dapat bersaing dengan kompetitor Anda dihasil pencarian. Baca Juga Cara Ampuh Meningkatkan Backlink Yang Berkualitas

Namun cara membuat artikel yang baik dan berkualitas dapat dikatakan gampang-gampang susah jika kita tidak tahu triknya meskipun sebenarnya membuat cara membuat artikel untuk website itu mudah saja dilakukan oleh siapa saja.

Untuk itu sebagai blogger kita perlu belajar seo dan juga mempelajari bagaimana cara membuat artikel seo friendly supaya kita dapat membuat artikel yang dapat bersaing di hasil pencarian. Sebetulnya diinternet sudah banyak sekali bertebaran contoh artikel seo friendly yang dapat kita lihat dan kita jadikan sebagai referensi untuk membuat sebuah artikel untuk website atau blog yang kita kelola.



Selain itu, jika kita mau sering membaca artikel-artikel di blog milik orang lain kita juga dapat menemukan banyak sekali orang-orang yang membagikan tips dan trik membuat artikel yang baik, berkualitas dan seo friendly.

Akan tetapi, menulis artikel untuk blog yang seo friendly juga bukan hanya mengutamakan seo on page dan penempatan kata kunci semata, melainkan kita juga harus tahu bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas dan enak dibaca oleh orang lain sehingga pengunjung betah.

Kita bisa mengambil contoh dan referensi dari blogger-blogger senior bagaimana cara membuat artikel yang baik dan berkualitas bagi pembaca dan juga mesin pencari. Ada banyak sekali tips menulis artikel artikel seo friendly dan petuah-petuah yang dapat kita ambil jika kita mau sering-sering membaca artikel orang lain.



Untuk mendapatkan peringkat mesin pencari yang lebih baik tidak hanya tergantung pada situs atau tema blog (niche blog), tetapi sangat tergantung pada konten yang telah Anda tulis dalam postingan Anda. Dibawah ini ada beberapa tips tentang bagaimana menulis Artikel SEO friendly untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari.

Jadi, Ketahui Apa dan Bagaimana Artikel SEO Friendly ?

tips ampuh menulis artikel yang SEO friendly

Artikel SEO friendly adalah konten ramah bagi pengguna, yang ditulis dengan beberapa tips dan trik mengingat bagaimana mesin pencari melihat konten Anda. Menulis konten yang buruk adalah salah satu kesalahan SEO umum yang dibuat oleh sebagian besar blogger.

Search engine memiliki pembaruan teratur (update reguler) di algoritma mereka, sehingga mereka dapat memberikan hasil yang lebih baik untuk pembaca. Menulis artikel ramah pengguna tidak hanya membantu mesin pencari untuk menemukan hasil yang lebih baik untuk ditampilkan di SERP, tetapi juga mendukung untuk memperoleh peringkat yang lebih baik untuk blog Anda.

Berikut Tips Cara Menulis Artikel SEO Friendly



1. Jangan Melakukan Copy Paste

Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang pertama yaitu mengenai copy paste. Sebuah kesalahan umum yang dibuat oleh sebagian besar blogger adalah menyalin isi dari beberapa halaman web lainnya. Ingat bahwa mesin pencari saat ini cerdas, mereka dapat dengan mudah mendeteksi konten salinan.

Menulis konten yang unik tidak berarti bahwa Anda harus menulis sesuatu yang benar-benar keluar dari dunia, tapi sarana konten yang unik juga bukan hanya menyalin konten Anda dari beberapa halaman web lain.

2. Periksa Ulang Artikel Anda Sebelum Diterbitkan

Sebaiknya, periksalah keunikan artikel hasil tulisan Anda. Ada ratusan alat online yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa keunikan konten Anda. 

3. Gunakan Kata Kunci Tapi Hati-hati

Pilih beberapa kata kunci untuk blog Anda dan menggunakannya dalam konten Anda dengan cara yang cerdas. Sangat disarankan agar Anda menggunakan kata kunci utama dalam judul blog Anda dan di paragraf pertama artikel. Anda juga dapat menggunakan kata kunci utama dalam isi, tetapi tidak menggunakannya lebih dari 3 atau 4 kali.

Sebaiknya riset kata kunci yang relevan sehingga Anda dapat menggunakan kata kunci Anda secara efektif. Satu hal lagi yang perlu diingat bahwa mesin pencari membenci kata kunci berlebihan (keyword stuffing). Baca Juga Pelajari Metode SEO On Page dan Off Page pada Website


Jadi jangan menggunakan kata kunci Anda di mana Anda tidak membutuhkannya. Lebih baik menambahkan kata kunci turunan atau long tail keyword didalam artikel daripada menumpuk keyword utama. Untuk mencari kata kunci turunan bisa menggunakan keyword tool seperti ubersuggest untuk menemukan kata kunci yang tepat.

Gunakan kata kunci dengan cara alami dan jika Anda menemukan beberapa kesulitan untuk menggunakan kata kunci Anda, sebaiknya Anda tidak menggunakannya. Ini adalah tips ampuh menulis artikel yang SEO friendly agar bisa bersaing di halaman pertama Google

4. Tambahkan Beberapa Konten Multimedia



Orang yang berbeda memiliki kebiasaan membaca yang berbeda. Jangan membuat pembaca Anda merasa bosan saat membaca konten Anda. Coba beberapa konten multimedia seperti gambar, video dan infografis.

Menambahkan konten multimedia tidak hanya membuat konten Anda lebih menarik bagi pembaca, tetapi juga akan membantu Anda untuk menyesuaikan kata kunci Anda. Gunakan tag gambar ALT sebagai pilihan untuk menggunakan kata kunci Anda. Jangan lupa untuk mengoptimalkan gambar Anda sebelum menempatkan dalam konten Anda karena dapat memperlambat kecepatan loading untuk halaman Web Anda.

Gunakan gambar yang yang tidak melanggar hak cipta. Ini merupakan point yang tidak mutlak namun perlu diperhatikan yaa. Setidaknya Anda memberikan sumber dimana Anda menggunakan image tersebut sebagai menghargai hasil karya orang tersebut
.

5. Gunakan Internal Link

Internal Linking adalah cara terbaik untuk memberitahu pembaca bahwa ada lebih banyak artikel dan blog untuk mereka baca. Cara yang akan membuat mereka merasa lebih terlibat dengan konten Anda. Ini adalah praktek terbaik untuk optimasi SEO On Page.

Setiap kali Anda menempatkan internal link ke halaman peringkat yang lebih tinggi Anda akan melewati link juice ke halaman yang berhubungan, dengan cara ini akan membantu dalam peringkat yang lebih baik untuk Anda pada halaman-halaman terkait.

6. Gunakan Tag Heading



Setiap kali Anda menulis artikel, terutama artikel yang panjang, dianjurkan untuk menggunakan tag heading yang tepat. Untuk sebagian besar mesin pencari, menganggap judul posting sebagai tag H1. Gunakan H2, H3 dan seterusnya untuk sub judul berikutnya. 

7. Meta Descripsi Dan Judul

Menambahkan meta description adalah hal penting karena memberikan ringkasan untuk mencari mesin merayapi konten Anda. Meta description ini muncul dalam hasil SERP di mana pembaca dapat memiliki pandangan singkat tentang halaman web Anda.

Hal ini direkomendasikan oleh Google bahwa judul Anda harus lebih dari 45 karakter dan kurang dari 65 karakter. Di sisi lain meta deskripsi harus setidaknya 155 karakter. 

8. Membaca Artikel Anda Sebagai Pembaca

Ketika Anda selesai menulis artikel postingan Anda, sekarang saatnya untuk Anda membacanya dua kali dari dari sudut pandang pembaca. Membaca artikel Anda seperti Anda adalah pembaca yang sebenarnya untuk posting ini dan mencoba untuk mencari tahu semua perbaikan yang mungkin diperlukan untuk artikel Anda.

Jangan posting artikel Anda dengan beberapa kesalahan seperti kesalahan tata bahasa, kesalahan ejaan atau jenis kalimat yang tidak masuk akal.



Ada sejumlah alat yang tersedia secara online untuk memeriksa konten Anda untuk setiap jenis tata bahasa atau kesalahan ejaan dan hal terbaiknya adalah alat ini benar-benar gratis untuk digunakan.

9. Jaga Fokus Anda pada Pembaca Tidak Hanya Tentang SEO


Kita memang berbicara tentang cara menulis Artikel SEO friendly, tapi satu hal yang harus selalu diingat adalah, tidak hanya fokus pada SEO tapi menjaga pikiran Anda pada pengalaman yang lebih baik bagi pembaca karena SEO adalah bagian dari optimasi namun bukan hal yang harus membuat anda lupa pada kenyamanan pembaca. Baca Juga Tips Ampuh Mendapatkan 1000 Pengunjung Organic Perhari


Pembaca Anda pasti akan datang kembai ke artikel Anda jika mereka menemukan konten Anda berguna dan menarik dan itu adalah hal yang mesin pencari benar-benar inginkan dari Anda. jika pembaca menemukan blog Anda berguna, mesin pencari akan memberikan prioritas untuk blog Anda langsung hasil peringkat yang lebih baik di SERP.

Penutup

Tips Menulis Artikel SEO Friendly

Luar biasa bukan formulanya, sekian dulu ya aartikel terkait tips ampuh menulis artikel yang SEO friendly agar bisa bersaing di halaman pertama Google. Semoga saja artikel ini bisa memberikan wawasan dan ilmu yang bermanfaat bagi temen temen pelaku bisnis maupun blogger. Sukses terus dan semangat berkaryaaa..

Sumber referensi https://www.alviya.com/