Mengenal Dompet Crypto Terbaik yang Wajib Anda Ketahui

Mengenal Dompet Crypto Terbaik yang Wajib Anda Ketahui

Beberapa tahun silam dunia sempat di hebohkan dengan adanya Bitcoin dengan nilai jual begitu tinggi dan sangat di luar persangkaan orang-orang.

Tentunya hal tersebut menjadikan banyak masyarakat yang ingin tahu akan aset digital dalam bentuk crypto ini.

Namun dengan perkembangan teknologi yang canggih kini telah hadir beragam jenis crypto yang bisa Anda manfaatkan demi mengumpulkan pundi-pundi uang di dunia digital atau maya.

Pastinya setiap aset mempunyai dompet crypto atau wallet crypto sebagai tempat untuk menyimpan, mengirim, bahkan bertransaksi crypto menggunakan platform tersebut.

Menariknya lagi ini berhubungan dengan web3, sedikit ulasanya web3 adalah istilah yang mengarah pada konsep ekosistem internet yang lebih terbuka, beroperasi secara otonom, dan dikelola secara terdesentralisasi. 

Dicetuskan oleh Gavin Wood, Web3 merupakan evolusi internet yang ingin menjauh dari sentralisasi Web2. Sistem Web2 tersentralisasi pada perusahaan-perusahaan besar yang mengontrol internet (Google dan Amazon).

Maka dari itu pada topik kali ini Kang Yusuf akan sharing untuk kamu semuanya terkait dompet crypto paling aman dan terbaik yang bisa kamu jadikan platform wallet crypto.

Informasi lebih lengkap dan jelas, silahkan kamu simak pembahasan berikut dibawah sini.

Apa itu Dompet Crypto?

Wallet crypto atau dompet crypto adalah platform aplikasi atau perangkat lunak yang berfungsi untuk menyimpan aset kripto kamu. 

Denga hadirnya dompet crypto ini memungkinkan kamu untuk menyimpan, mengirim, dan menerima aset kripto dengan cepat dan aman.  

Tentunya dompet ini memiliki lebih banyak fitur dibanding yang lain. Keunggulannya termasuk kemampuan untuk menyimpan aset kripto dari berbagai jaringan yang disertai sistem keamanan yang lebih canggih.  

Selain itu kamu juga perlu deh untuk mengetahui “hot wallets” dan “cold wallets.” Hot wallets merupakan sebuah dompet yang hosted di perangkat dukungan internet, sehingga membuatnya lebih mudah diakses. 

Akan tetapi, dompet jenis ini juga lebih rentan terhadap risiko yang mengancam keamanan.  

Sedangkan cold wallets ialah dompet untuk menyimpan aset sepenuhnya secara offline. Hal ini berarti satu-satunya cara untuk mengaksesnya adalah dengan memiliki perangkat fisik, kunci pribadi, atau master seed phrase.

Nah dengan penjelasan dasar akan dompet crypto paling aman tentunya sekarang kamu sudah sedikit faham akan wallet crypto donk.

Hardware Wallet : Dompet Crypto Paling Aman dan Terbaik

Pastinya adanya berbagai risiko pencurian dan penyerangan, penyimpanan aset yang aman adalah hal yang sangat penting saat berinvestasi di crypto. 

Para pengguna crypto pemula sering kali menyimpan aset mereka di bursa dengan alasan praktis dan mudah. 

Namun yang perlu untuk kamu ketahui bahwa ini artinya mereka tidak benar-benar memiliki kendali penuh atas penyimpanan aset crypto mereka. Nah disini kamu perlu mengenal mengenai hardware wallet.

Hardware wallet merupakan rekomendasi dompet crypto paling aman untuk penyimpanan aset jika kamu ingin benar-benar secara mandiri menyimpan dan mengelola aset crypto-mu. 

Lalu, apa itu hardware wallet dan apa saja keuntungan dan kekurangannya?

Apa itu Hardware Wallet?

Hardware wallet atau hard wallet adalah jenis dompet crypto yang menyimpan private key dan aset crypto dalam bentuk perangkat fisik dan offline. 

Tentunya ini jelas sangat berbeda dengan software wallet, yang menyimpan private key dan aset crypto di komputer atau perangkat seluler.

Secara design, Hardware wallet memang di setting untuk memberikan tingkat keamanan yang tinggi untuk menyimpan aset crypto, karena tidak terhubung dengan internet.

Sehingga menyulitkan peretas untuk mendapatkan akses ke private key pengguna. Private key disimpan pada hardware wallet, yang biasanya berupa perangkat kecil dan portabel yang terhubung ke komputer atau perangkat seluler melalui USB atau Bluetooth.

Perlu untuk kamu ketahui juga bahwa hardware wallet disebut sebagai cold wallet. Hal ini karena cara kerjanya yang tidak terhubung langsung ke internet, sehingga dianggap lebih aman atau “dingin”(cold) dalam menyimpan aset crypto. 

Dilansir dari Coin Bureau, beberapa contoh cold wallet diantaranya adalah Trezor Model T, Ledger Nano X, NGRAVE ZERO, KeepKey, dan ELLIPAL Titan.

Bagaimana Cara Kerja Hardware Wallet ?

Berikut ini adalah informasi menarik mengenai cara kerja hardware wallet yang perlu untuk kamu ketahui.

Ada Private Key dan Seed Phrases

Ketika kamu menyiapkan hardware wallet, dompet ini akan menghasilkan sepasang kunci kriptografi – private key dan public key. 

Ini akan membuat sebuah seed atau frasa mnemonik, yang merupakan sebuah rangkaian dari 12 sampai 24 kata yang dibuat secara acak yang dapat digunakan untuk memulihkan akses ke dompet jika perangkat hilang, dicuri, atau rusak. 

Menariknya lagi bahwa seed ini biasanya ditampilkan pada layar perangkat dan harus ditulis pada kertas dan disimpan di lokasi yang aman.

Transaksi Aman

Bagi kamu sebagai pemula ketika ingin mengirim transaksi crypto, alangkah baiknya demi keamanan kamu memulai prosesnya di komputer atau perangkat seluler kamu. 

Nantinya hardware wallet akan menandatangani transaksi menggunakan private key yang tersimpan di perangkat, memastikan bahwa transaksi tersebut aman dan tidak dapat dirusak.

Adanya Verifikasi Transaksi

Tahap berikutnya setelah menandatangani transaksi, dompet ini akan menampilkan detail transaksi pada layarnya untuk verifikasi. 

Disini maka kamu akan mampu untuk mengecek secara mendetail transaksi dan mengonfirmasikannya pada hardware wallet, memberikan lapisan keamanan tambahan.

Penyimpanan Bersifat Offline

Setelah transaksi ditandatangani dan diverifikasi, transaksi yang telah ditandatangani akan dikirim kembali ke komputer atau perangkat seluler kamu, yang akan menyiarkannya ke jaringan blockchain. 

Sebab private key tidak akan pernah meninggalkan hardware wallet, maka aset crypto kamu tersimpan dengan aman secara offline, sehingga mengurangi risiko serangan online yang merugikan.

Dengan beragam informasi yang tersedia di internet kamu perlu membaca info crypto secara berkala dan rutin agar tidak tertinggal update paling baru.

Untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual.