Resep Opor Ayam Bumbu Kuning Betawi yang Menggoda

Resep Opor Ayam Bumbu Kuning Betawi yang Menggoda

Sebentar lagi hari Raya Idul Fitri, nih. Sudah merencanakan mau bikin masakan apa buat hidangan lebaran nanti? 

Menu andalan keluarga di setiap hari raya umumnya, sih, opor ayam. Agar kali ini agak sedikit berbeda, kita bikin bumbu Opor ayam kuning khas Betawi, yuk. 

Perpaduan bahan bumbu Opor ayam Kuning yang pas, dengan pilihan ayam yang berkualitas.

Apalagi jika disajikan bersama lontong, bakal bikin menu lebaran kali ini dijamin pasti lezat. Ikuti panduan masaknya, yuk 💃

Bahan-bahan Opor Ayam Bumbu Kuning Betawi

Siapkan 500 gram daging ayam, 500ml santan kental, 500ml, santan encer 1/2 sdt kunyit bubuk, 1/2 sdt jintan, 1 sdt ketumbar, 3 butir kemiri, 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 sdt garam, 1/2 sdt asam jawa, larutkan dengan 50 ml air, 4 cm lengkuas, digeprek, 1 batang serai dan memarkan, 3 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 30 ml minyak untuk menumis. 

Bumbu Opor Ayam Kuning yang dihaluskan

  • 10 butir bawang merah 
  • 8 siung bawang putih 1 sdm merica
  • 1 sdm ketumbar
  • 2/4 sdt jintan 
  • 2/4 biji pala
  • 1 ibu jari jahe 
  • 1 ibu jari kunyit
  • 50 gram kemiri  
  • Garam secukupnya

Cara Memasak

Tumis hingga harum bumbu opor ayam kuning yang sudah dihaluskan bersama serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk, kemudian masukkan ayam hingga berubah warna. 

Tuang air, kemudian masukkan gula serta kaldu bubuk, dan sedikit asam Jawa, kemudian aduk kembali. Lanjutkan memasak menggunakan api sedang hingga air menyusut dan ayam lunak. 

Tambahkan santan dan masak kembali hingga matang serta bumbunya meresap. Angkat, tuang di mangkok saji dan taburi bawang goreng, hidangkan bersama lontong dan kerupuk udang. 

Tips Memasak Opor Ayam Bumbu Kuning Betawi

Cuci bersih daging ayam hingga bagian rongga perut, lumuri dengan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan aroma anyir, sekaligus membuat cita rasa masakan ayam berkuah ini menjadi lebih segar. 

Tips kedua adalah setelah santan dimasukkan, sesekali aduk santan agar tidak pecah, kemudian masak diatas api sedang. Hal ini untuk menyiasati supaya air santan tidak lekas habis sebelum ayam yang dimasak tadi matang. 

Tips berikutnya untuk memasak bumbu opor ayam putih adalah terletak pada bumbunya. Bumbu yang dipakai harus menjadi kunci kelezatan masakan opor ayam kuning Betawi. 

Maka gunakan lah bumbu-bumbu dasar kuning seperti yang sudah disebutkan diatas, dengan menambahkan jeruk, ketumbar, lengkuas dan kencur agar membuat cita rasa yang mantap

Nah, untuk memasak Opor ayam bumbu Kuning yang lezat dan nikmat menu sajian khas lebaran ini, kamu memerlukan daging ayam yang segar dan berkualitas. 

Untuk itu kamu bisa mendapatkannya di aplikasi KingKong Meats, karena semua produknya langsung disimpan setelah dipotong dalam keadaan beku dengan menggunakan teknologi Air Blast Freezer. 

Selain ayam, KingKong Meats menyediakan daging sapi, telur, dan juga seafood dengan harga yang pasti lebih murah jika dibanding dengan harga di pasar.

Sehingga apabila kamu memutuskan untuk belanja kebutuhan dapurmu melalui aplikasi KingKong Meats maka sudah pasti dijamin lebih hemat.  

Produk yang kamu pesan pun akan segera dikirim langsung dari cabang terdekat, sehingga ketika produk tiba di tempatmu masih dalam keadaan fresh. 

Dengan slogan siap kirim ke dapurmu, KingKong Meats tersedia di Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi. Selamat berbelanja dan selamat memasak.