Widget HTML Atas

MOGOK DI PINGGIR JALAN? JANGAN PANIK, IKUTI LANGKAH BERIKUT INI!

MOGOK DI PINGGIR JALAN?  JANGAN PANIK, IKUTI LANGKAH BERIKUT INI!

Bagi pengemudi, mobil yang tiba-tiba mogok adalah sebuah hal yang sangat merepotkan tentunya. 

Apalagi kondisinya jika si pengemudi tersebut tidak terlalu memahami masalah mesin, sehingga tidak bisa melakukan perbaikan darurat untuk mengatasi kendala yang terjadi pada mobil. 

Jika sudah begini, satu-satunya yang bisa dilakukan hanyalah mencari bantuan pinggir jalan. 

Entah itu bengkel terdekat ataupun pertolongan dari orang lain yang lebih mengerti mesin. Namun bagaimana jika kendala ini terjadi saat Anda sedang sendirian di pinggir jalan yang sepi?


Karena itu pentingnya bagi Anda sebagai pengemudi untuk bisa mengidentifikasi masalah yang ada pada mobil ketika sewaktu-waktu mengalami mogok mendadak. 

Dengan kemampuan mengidentifikasi penyebab mogok akan membantu Anda untuk bisa mengatasi masalah pada mobil Anda hingga cara darurat untuk memperbaikinya agar kendaraan bisa berfungsi normal kembali. Ikuti langkah-langkah berikut saat mobil Anda tiba-tiba mogok di jalan.

Tetap tenang & Amankan Posisi Mobil 

Saat mesin mobil tiba-tiba mati dan tapi masih bisa bergerak meski dalam kecepatan yang lambat, jangan panik! Segera nyalakan lampu hazard dan sebisa mungkin arahkan mobil ke tepian jalan dan lihat keadaan di sekitar.

Jika memungkinkan pilihlah tempat yang paling aman untuk menepi dan memeriksa kondisi mobil Anda.  Awasi barang penting di dalam mobil untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

Jangan lupa untuk menaruh tanda segitiga pengaman di belakang mobil sebagai penanda jika kendaraan Anda sedang mengalami kendala.

Lakukan Pengecekan Pada Lampu Indikator Dashboard

Setelah memastikan Anda berada di tempat yang leluasa, segera lakukan pengecekan pada dashboard dan panel instrumen. Perhatikan lampu indikator mana saja yang menyala, misalnya jika lampu yang berbentuk termometer menyala.

Hal ini berarti mobil Anda mengalami overheat, sedangkan jika lampu berbentuk aki yang menyala maka masalah ada pada aki. Lakukan starter ulang untuk melihat apakah indikator yang menyala tadi akan mati. 

Namun hal ini sebaiknya jangan dilakukan lebih dari 3 kali berturut-turut, sebab akan merusak starter motor, baterai dan kualitas oli mesin.

Periksa Aki

Apabila saat mogok Anda mendapati seluruh panel indikator di dashboard termasuk lampu speedometer mati total bahkan saat Anda sudah mencoba melakukan starter ulang, segera buka kap mesin mobil. 

Periksalah bagian terminal aki apakah sudah terpasang dengan benar. Cek juga keberadaan bagian positif (+) dan negatif (-) pada aki termasuk juga dengan kabel-kabelnya. 

Bisa jadi penyebab mobil mogok adalah aki yang soak dan kehilangan daya listriknya. Hal ini tentunya bisa Anda atasi dengan melakukan pengecasan aki atau menggantinya dengan yang baru.

Cek Sekring Mobil

Satu bagian yang juga wajib Anda periksa saat mengalami mogok adalah sekring mobil. Buka kotak sekring yang berada di bawah kap, pastikan semua komponen masih dalam keadaan utuh tidak ada yang terbakar atau rusak. 

Jika Anda mendapati bagian sekring mobil tak lagi utuh, Anda harus segera menggantinya dengan yang baru agar mobil Anda bisa bekerja dengan normal kembali.

Pastikan Oli Masih Dalam Kondisi Normal

Salah satu penyebab mogok yang sering terjadi adalah mobil yang kurang cairan oli. Untuk mengetahui apakah mobil Anda mengalami masalah ini atau tidak, Anda tentunya harus memeriksa indikator oli. 

Namun mobil Anda tidak bisa memeriksa kondisi oli lewat dashboard karena mobil yang mati total, Anda bisa membuka kap mesin bagian lalu lepaskan poros oli mesin. Periksa apakah oli terlalu kering dan butuh segera ditambahkan.

Periksa Radiator Mobil

Mobil yang overheat juga kerap menjadi penyebab utama mogok. Jika mengalami kendala ini yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa radiator dan tambahkan air radiator atau air biasa. 

Tapi untuk melakukan ini Anda harus menunggu radiator dalam posisi dingin, sebab jika langsung membukanya dan menuang air radiator Anda bisa terkena semburan air panas. 

Tunggulah sekitar 20 menit, lalu tuangkan air ke dalam radiator dan tunggu kembali beberapa saat sebelum menyalakan mesin kembali.

Itulah tadi beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika mobil mendadak mogok. Agar terhindar dari situasi ini, jangan pernah menganggap remeh pengecekan kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan, apalagi saat hendak bepergian jarak jauh. 

Selalu luangkan waktu khusus untuk memeriksa kondisi seluruh komponen mobil untuk memastikan kendaraan Anda dalam keadaan yang prima. Hubungi layanan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA) untuk mendapatkan bantuan 24 jika mengalami kendala darurat di nomor 0800 1100 800.