Widget HTML Atas

Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri secara Gratis

Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri secara Gratis

Pada umumnya orang yang bisa mengenyam pendidikan di kampus ternama di luar negeri adalah orang-orang cerdas. Nggak hanya cerdas, mereka juga biasanya datang dari keluarga mampu. 

Ya, bukan rahasia lagi jika biaya kuliah sekaligus biaya hidup di luar negeri pasti lebih tinggi dari biaya di Indonesia. 

Namun, untuk kamu yang memiliki impian kuliah di luar negeri, jangan putus harapan dulu. Kamu tetap bisa berkuliah di luar negeri dengan beasiswa.

Di Indonesia, pemerintah dan lembaga-lembaga yang bergerak di bidang pendidikan, banyak menyediakan beasiswa kuliah di luar negeri untuk orang-orang berprestasi. 

Jadi, untuk kamu yang saat ini tengah duduk di bangku SMA atau SMK, persiapkan diri supaya bisa mendapatkan beasiswa tersebut ya! 

Selain belajar dengan giat, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa. Termasuk kamu harus mengetahui kalender beasiswa luar negeri agar tidak tertinggal informasi.

5 Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri secara Gratis

Kuasai Bahasa Asing (Terutama Inggris)

Perlu diketahui bahwa bahasa keseharian yang digunakan di luar negeri tentu berbeda dengan bahasa keseharian di Indonesia. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan diri guna meningkatkan kemampuan berbicara menggunakan bahasa asing. 

Atau, kamu bisa belajar bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Hal ini mengingat rata-rata di beberapa negara pasti masyarakatnya juga menguasai bahasa tersebut.

Kamu bisa memulainya dengan sering menghafal kosakata bahasa Inggris dengan les dan mengikuti tes TOEFL. Jangan malas untuk selalu mengasah kemampuan dalam berbahasa Inggris. 

Jika perlu, luangkan waktu untuk mengambil paket khusus belajar bahasa Inggris, dengan begitu kamu akan cepat menguasainya.

Belajar Sungguh-sungguh dengan Tekad yang Kuat

Jika kamu belajar namun tidak memiliki tekad yang kuat untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, semangatmu untuk mencapainya akan mudah goyah bila suatu saat kamu mendapatkan tantangan dalam mendapatkannya. 

Bisa dibilang, hal ini adalah modal paling dasar yang harus dimiliki semua orang jika ingin meraih impian mereka. Tanamkan dalam diri bahwa kamu mampu mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Jangan pernah ragu walaupun hanya sedikit. Semua keinginan akan terwujud dengan dukungan motivasi yang tinggi. 

Kamu harus siap dengan semua yang diputuskan, jangan menyerah lakukan apa yang bisa kamu kerjakan untuk dapat meraih impian tersebut. 

Jika sudah memiliki tekad yang kuat dalam diri, maka kemungkinan besar kamu akan melalui tes dengan nyaman dan lebih siap.

Pilih Negara dengen Peminat Sedikit

ntuk bisa mendapatkan beasiswa di luar negeri yakni dengan memilih negara yang memiliki sedikit peminat. Cara yang satu ini bisa dibilang cukup ampuh agar bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri. 

Jika kamu ingin sedikit berbeda dari orang-orang pada umumnya, maka kesempatan akan lebih besar untuk meraih beasiswa.

Pastikan kamu nggak hanya mengikuti tren, sehingga ramai-ramai memilih universitas atau negara yang banyak dipilih oleh orang. Sangat jelas kamu harus bersaing dengan ribuan orang dan kecil kemungkinan untuk bisa lolos. 

Kamu bisa cari tahu informasi di mana saja mengenai negara dengan minat beasiswa sedikit dan jangan lupa untuk mencari tahu mengenai beasiswa-beasiswa yang disediakan oleh negara tersebut.

Cari Informasi Program Beasiswa Luar Negeri

Setelah menentukan akan kuliah di negara mana, langkah selanjutnya adalah mencari informasi program beasiswa yang kamu incar. Salah satu caranya adalah dengan bertanya kepada pihak sekolah atau kampus. 

Biasanya sekolah atau kampus memiliki banyak koneksi dengan lembaga yang menyediakan beasiswa kuliah gratis yang bisa kamu coba. 

Selain pihak sekolah, jangan malu juga juga bertanya kepada teman atau saudara yang memiliki pengalaman lebih banyak sebagai jalan alternatif cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis ini.

Membuat Motivation Letter

Motivation letter adalah salah satu persyaratan yang selalu dibutuhkan dalam melamar beasiswa. Motivation letter tersebut berupa essay yang menunjukkan bahwa kamu layak mendapatkan beasiswa tersebut.

Kebiasaan orang membuat essay dengan menggunakan kata-kata seperti, "Saya sangat ingin mempelajari budaya di sana" atau, "Saya tertarik untuk mempelajari bahasanya" hal ini sangat biasa, dan tidak akan ada yang dianggap spesial dari essay yang kamu buat itu.

Cobalah untuk menuliskan beberapa hal menarik, seperti kamu sangat tertarik dengan negara tersebut karena sering menyaksikan beberapa filmnya.

Kamu memiliki teman yang tinggal di sana, atau pernah memiliki teman SMA yang pernah mengikuti pertukaran pelajar di negara tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa kamu memang punya keinginan dan dasar yang kuat.

Penutup

Mungkin seperti itulah beberapa Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri secara Gratis yang bisa Kang Yusuf sampaikan pada topik pembahasan kali ini.

Harapannya dengan ada tips tersebut bisa memberikan kamu wawasan dan pengetahuan seputar informasi beasiswa luar negeri. Terima kasih dan semoga berhasil ya.