Widget HTML Atas

Berbagai Manfaat Cat Dasar Tembok dan Fungsinya untuk Rumah Anda

Berbagai Manfaat Cat Dasar Tembok dan Fungsinya untuk Rumah Anda

Ketika Anda ingin membangun sebuah rumah, tentunya Anda sudah memperkirakan biaya termasuk rencana desain rumah yang ingin dibuat.

Termasuk saluran listrik, saluran air, pemilihan warna rumah, cat interior, cat eksterior, jenis lampu, keramik, halaman dan sejenis lainnya.

Anda harus mempersiapkan seluruh kebutuhan sebelum membangun sebuah rumah yang indah dan bagus untuk keluarga dirumah kelak.

Maka dari itulah, disini Kang Yusuf akan sharing seputar manfaat cat dasar tembok serta fungsi cat dasar tembok yang bisa untuk Anda ketahui dan pelajari.

Manfaat Cat Dasar Tembok untuk Rumah yang Bagus

1. Untuk Merekatkan Cat Baru  

Cat dasar tembok ini memiliki fungsi untuk merekatkan cat baru yang melekat pada dinding lama.  Pada umumnya, cat dasar tembok juga sering disebut lapisan pengikat top coating.

Cat dasar ini memiliki fungsi untuk menutup pori-pori atau permukaan tembok yang tidak memiliki permukaan rata.  

Sebab jika proses plamir yang dilakukan kurang teliti tetap bisa meninggalkan pori-pori kecil di bagian dinding yang tidak merata.  

Hal ini bisa ditangani dengan menggunakan cat dasar tembok.

2. Dapat Mencegah Masuknya Alkali

Cat dasar tembok juga bermanfaat untuk mencegah masuknya unsur alkali ke dalam lapisan cat.  Kandungan alkali ini bisa dikatakan cukup berbahaya.  

Terlebih lagi jika kandungan alkalinya cukup tinggi, ia bisa merusak cat dinding rumah, terutama pada dinding yang baru mengalami proses pengecatan. 

3. Cara Aplikasi Cat Dasar Tembok  

Pengaplikasian cat dasar tembok juga bisa bermanfaat menjadi sekat antara lapisan dinding pada bagian dalam serta bagian luar sehingga kandungan alkali tidak dapat masuk meresap.  

Cara ini bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya pengapuran. Dengan mengaplikasikan cat dasar pada tembok, Anda juga bisa menghemat penggunaan cat akhir untuk pewarnaan pada dinding.  

Jika Anda mengaplikasikan penggunaan cat dasar sebelumnya, hasil akhir warna cat akan tetap terlihat indah dan memikat meskipun Anda hanya mengaplikasikan cat sebanyak dua lapis.  

Hal ini cocok bagi Anda yang ingin melakukan tips penghematan dana saat membangun atau merenovasi rumah.  

Dengan mengaplikasikan cat dasar tembok, Anda juga mampu meningkatkan kualitas pengecatan menjadi lebih optimal lagi.  

Sebab, nantinya Anda akan mendapatkan hasil akhir yang lebih halus dan menghadirkan warna tembok yang lebih sempurna. 

Fungsi Cat Dasar Tembok dalam Bangunan

1. Memberikan Lapisan Dasar Cat dengan Baik 

Tidak semua tembok memiliki tekstur yang sama. Terdapat beberapa jenis tembok yang memiliki permukaan yang kasar dan tidak rata. 

Dengan mengaplikasikan cat dasar, permukaan tembok yang kasar akan menjadi tertutup dan membuat permukaannya akan menjadi lebih rata. 

Tembok yang rata dan sudah tertutup oleh primer akan membuat Anda lebih mudah untuk mengaplikasikan lapisan cat tambahan dan tidak membuang-buang cat yang memiliki harga mahal.  

2. Menutupi Noda yang Ada di Tembok 

Noda pada tembok bisa merusak tampilan pada rumah. Manfaatkanlah cat dasar tembok untuk menutupi noda sekaligus melindungi tembok dari noda lainnya yang menempel di kemudian hari. 

Harga dari cat primer yang murah membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk membeli cat lainnya hanya untuk menutupi noda saja. 

3. Melapisi Pori-Pori Tembok yang Besar 

Terdapat beberapa jenis tembok yang memiliki pori-pori besar, salah satunya adalah bata hebel. 

Pori-pori tersebut harus ditutup dengan menggunakan primer supaya tidak boros dalam penggunaan cat. 

Pori-pori pada tembok yang terlalu besar juga akan mengakibatkan cat bisa menjadi tidak tersebar secara merata dan  

4. Cat Tembok Sebelumnya Memiliki Warna Gloss 

Jika tipe cat tembok di rumah Anda sebelumnya memiliki warna gloss yang licin, maka Anda perlu mengaplikasikan cat dasar untuk membuat lapisan cat selanjutnya bisa menempel dengan sempurna. 

Apabila Anda langsung melapisi cat tembok lama dengan cat baru maka warna tidak akan bisa menempel secara sempurna dan membuat cat baru menjadi sulit untuk mengering.

Kurang lebih seperti itulah penjelasan yang dapat Kang Yusuf sampaikan pada artikel kali ini. semoga bisa memberikan wawasan dan pengetahuan untuk Anda yang membutuhkanya.