Mengenal Lebih Jauh Jurusan Perhotelan untuk Jenjang Karir Anda

Daftar Isi [Tampil]

Anda sedang mencari sekolah yang dapat menjadi tempat untuk mendalami dunia perhotelan? Alangkah baiknya terlebih dahulu Anda mengenal lebih jauh tentang jurusan perhotelan.

Terutama prospek dan jenjang karir di masa mendatang serta peluang kerja dari jurusan perhotelan tersebut.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kali ini Kang Yusuf akan sharing mengenai jurusan perhotelan. Harapannya Anda sebagai pembaca bisa faham dan mengerti dari jurusan perhoten tersebut.

Karena jika hanya dibayangkan, jurusan perhotelan paling nanti setelah lulus menjadi resepsionis saja. Padahal lulusan perhotelan tidak hanya sebagai resepsionis. Melainkan banyak peluang karis yang dapat Anda gapai.

Nah menurut Anda sendiri apa itu jurusan perhotelan ? Ingin tahu lebih lanjut, marilah simak pembahasannya sebagai berikut dibawah ini.

Mengenal Lebih Jauh Jurusan Perhotelan untuk Jenjang Karir Anda
sumber: umn.ac.id

Penjelasan Jurusan Perhotelan

Perhotelan merupakan bidang ilmu yang mempelajari pengelolaan hotel serta cara menyeimbangkan aspek wisata dan manajemen bisnis untuk mencapai kesuksesan.

Adapun kurang lebih beberapa topik yang akan diajarkan antara lain seperti pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan, melindungi budaya lokal, manfaat ekonomi yang diperoleh bagi masyarakat sekitar serta kesejahteraan karyawan. 

Selain itu Anda pun akan dibekali dengan pelajaran bahasa asing untuk menghadapi tren wisatawan internasional yang terus meningkat.

Bagaimana tuh ternyata tentang perhotelan tidak hanya membahas resepsionis saja melainkan banyak aspek yang bisa Anda kuasai dan pelajari seperti yang di sebutkan tadi.

Selanjutnya bagaimana jenjang karir atau prospek kerja dari jurusan perhotelan itu ? Untuk lebih mendalam dan lengkapnya Anda bisa baca rangkumannya dibawah.

Prospek Kerja Jurusan Perhotelan

Mengenai jurusan perhotelan itu sendiri terdapat beberapa prospek kerja dimasa mendatang yang dapat Anda dapatkan, antara lain sebagai berikut,

Terdapat banyak sekali jenis profesi di bidang perhotelan yang menanti lulusan pendidikan vokasional perhotelan. Jenjang karier yang ditawarkan cukup bervariasi dan menjanjikan. 

Adapun beberapa peluang prospek kerja dari jurusan perhotelan antara lain yaitu,

  1. Wirausahawan Perhotelan atau Restoran
  2. Manajer Restoran
  3. Event dan Wedding Sales Manager
  4. Patissier 

Itu semua bisa Anda kuasai dan dapatkan. Tentunya Anda telah dibekali keilmuan yang sudah dipelajari selama duduk di bangku perkuliahan, pada umumnya penguasaan ilmu perhotelan menjadi nilai jual yang patut dibanggakan. 

Perlu untuk Anda ketahui bahwa lulusan perhotelan itu besar lho pride-nya, karena you are, guys, ladies and gentlemen that serve ladies and gentlemen. Selain bekerja untuk brand ternama, Anda juga bisa juga terjun ke dunia bisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Menariknya lagi yatu selain dunia perhotelan, Anda mempunyai beberapa peluang mengembangkan potensi dengan mencoba bekerja di sektor lainnya, seperti pendidikan, media hingga dunia kreatif lainnya yang berhubungan dengan dunia perhotelan.

Bagaimana tidak banyak lulusan SMK di Indonesia berminat dan tertarik untuk sekolah di jurusan perhotelan, tentunya begitu tertarik dan ingin bergabung donk.

Pengetahuan dan Keahlian dalam Jurusan Perhotelan

Terdapat hal penting bagi Anda termasuk pengetahuan dan keahlian yang harus di miliki oleh seorang mahasiswa di jurusan perhotelan antara lain yaitu,

  1. Keterampilan komunikasi
  2. Kemampuan bahasa asing
  3. Kemampuan melayani orang
  4. Kemampuan bekerja secara tim
  5. Kemampuan manajerial

Jika Anda bisa menguasai semua hal tersebut, maka untuk mendapatkan cita-cita yang Anda harapkan akan terbuka lebar dan menjadi lebih mudah tentunya.

Contoh Persyaratan Jurusan Manajemen Perhotelan

Berikut ini adalah contoh persyaratan masuk program pendidikan Sarjana untuk jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata yang bisa Anda ketahui antara lain sebagai berikut,

  1. Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7 - 9; atau
  2. Ijazah D3
  3. Nilai minimum TOEFL: 550 (Tes Berbasis Kertas), 213 (Tes Berbasis Komputer), 79-80 (Tes Berbasis Internet);
  4. Nilai minimum IELTS: 6.0

Penutup

Demikian artikel dari Kang Yusuf yang mengupas tema pendidikan yang berjudul Mengenal Lebih Jauh Jurusan Perhotelan untuk Jenjang Karir Anda di masa yang akan datang.

Anda harus jeli dan teliti sebelum menentukan tempat untuk sekolah di jurusan perhotelan. Sehingga ketika Anda berhasil masuk dan sekolah disana, akan merasa nyaman dan gembira.

Karena sesuai dengan yang Anda harapkan sebelumnya. Maka dari hal itulah perlunya Anda untuk mencari-cari informasi lebih lengkap dan lanjut seperti pada artikel Kang Yusuf tersebut di atas.