Daftar Ide Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Daftar Isi [Tampil]

Saat ini Indonesia sudah mulai unggul peluang usahanya, berkat pak menteri Sandiaga Uno. Sudah banyak desa wisata yang didirikan dan dipromosikan sebagai salah satu cara atau upaya untuk meningkatkan perekonomian. 

Untuk itu di artikel ini akan membahas tentang Ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Membuka usaha di desa dan di kota tentu jauh berbeda. Selain minat konsumen dan perbedaan daerah. 

Di desa itu usaha tidak cukup banyak, untuk itu kalian perlu melakukan inovasi, kira – kira usaha apa yang masih belum ada atau memiliki pesaing yang sedikit jika kalian hendak membuka usaha di desa. 

Jangan patah semangat dan merasa ragu saat ingin memulai usaha. Karna jika kalian tidak mencoba, kalian tidak akan tau bagaimana hasilnya. 

Ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan

Ide Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan yang Menjanjikan

Mendirikan usaha di pedesaan adalah hal yang cukup menjanjikan dan menguntungkan jika kalian ketahui. Berikut beberapa rekomendasi Ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan :

1. Usaha Jastip atau jasa titip

Usaha jasa titip desa ke kota atau kota ke desa merupakan usaha yang sangat menguntungkan di pedesaan. Jobdesk tugas kalian hanya membelikan barang pesanan yang sesuai dengan konsumen. 

Nantinya kita akan dibayar dengan ongkos titip atau ongkos kirim biasa disebutnya. Kalian bisa menawarkan jasa ini kepada tetangga atau siapapun yang memerlukan jasa kalian.

Mereka bisa menghubungi kalian melalui alat komunikasi atau wa yang akan memudahkan kedua belah pihak untuk berkomunikasi. 

2. Bisnis pulsa atau agen pembayaran online

Pada zaman yang canggih seperti saat ini dan di tambah dengan pandemi, orang semakin banyak dan sering memiliki atau menggunakan hp untuk berkomunikasi.

Maka kebutuhan untuk membeli kuota dan pulsa sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang. Maka dari itu bisnis ini sangat cocok untuk kalian yang ingin memulai usaha di desa. 

Kalian juga bisa menambahkan bisnis pembelian token listrik, bayar PLN, BPJS, PDAM dan menjadi agen untuk pembayaran online lainnya. Sehingga peluang pulsa bagus untuk kalian jadikan Ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan tahun ini tentunya.

3. Usaha menyewakan alat pertanian

Ide bisnis ini sangat cocok apabila dilakukan di pedesaan. Karna biasanya pada saat masa panen atau masuk dalam musim tanam, petani akan menyewa alat untuk membajak sawah dan merontokkan gabah. 

Alat – alat yang di sewakan biasanya traktor, mesin perontok gabah, cangkul, arit, golok, kampak, mesin siram tanaman dan lainnya. 

4. Jasa memangkas rambut 

Trend gaya rambut saat ini sudah mulai berkembang di pedesaan dengan melalui internet. Oleh sebab itu saat ini banyak orang yang ingin tampil ganteng ataupun cantik. 

Karna dengan adanya usaha ini, orang – orang tidak perlu datang ke kota saat mereka ingin memangkas rambut yang sesuai dengan trend yang ada.

Kalian juga bisa belajar trend model dan style gaya rambut dari internet atau bisa juga mengikuti pelatihan atau kursus. 

5. Usaha air minum atau Galon

Biasanya di desa ketika musim kemarau datang, mereka akan kesulitan untuk mencari air. Mereka akan melakukan kegiatan mencuci baju dan lainnya di sungai. 

Dimana di sungai itu kebersihan air belum terjamin. Jadi usaha air minum ini sangat cocok bila kalian ingin memulai usaha di pedesaan. Jadikan ini sebagai Ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang menjanjikan.

Karena setiap orang butuh air sebagai kebutuhan sehari-hari. Pastinya akan banyak yang membutuhkan dan membeli air minum yang kalian tawarkan di pedesaan sebagai usaha yang cocok untuk pemula ini.

6. Menjadi konten kreator atau digital marketing 

Dimana hal ini bisa kalian lakukan demi memasarkan produk – produk lokal di pedesaan. Dengan kalian mengunggah dan mempublikasi suatu produk pedesaan.

Maka akan semakin banyak orang yang mengetahui dan tertarik untuk membeli produk lokal. 

Penutup

Inilah pembahasan mengenai beberapa rekomendasi Ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang bisa kalian gunakan sebagai contoh dan bisa memotivasi kalian. 

Jika kalian ingin membuka usaha di desa, gunakan kreatifitas dan tetap semangat untuk menciptakan inovasi – inovasi yang baru.