√ Bisnis Pet Shop Cukup Menjanjikan, Ini Cara Memulainya - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Bisnis Pet Shop Cukup Menjanjikan, Ini Cara Memulainya

Daftar Isi [Tampil]

     

    Kebutuhan hewan kesayangan kini bukan hanya makanan saja, para pecinta hewan rela mengeluarkan banyak uang untuk memfasilitasi peliharaan mereka. Baik itu mainan untuk hewan bahkan rumah untuk mereka agar lebih nyaman.

     

    Apalagi bagi pemilik hewan ras, baik itu kucing atau anjing tentu akan sangat dimanjakan. Melihat geliat ini, tentu menjadi kesempatan besar bagi Anda untuk membangun sebuah bisnis yaitu pet shop.

     

    Demi kebutuhan hewan kesayangan terpenuhi usaha pet shop pun kian menjanjikan. Apabila Anda tertarik tentu harus tahu bagaimana cara untuk memulainya.

     

    Cara Memulai Usaha Pet Shop yang Wajib Diketahui Pemula

    Cara Memulai Bisnis Pet Shop Cukup Menjanjikan

     

    Peluang untuk menjadikan usaha pet shop sukses masih terbuka lebar, pasarnya masih banyak pemilik hewan yang kesulitan mencari pet shop di area terdekat tempat tinggal. Beberapa pet shop bahkan harus ditemui di daerah perkotaan yang cukup jauh.

     

    Apabila Anda merasa di area sekitar belum terdapat pet shop tapi pemilik hewan peliharaan cukup banyak maka jadikan peluang ini untuk memulai usaha. Bisnis pet shop tergolong yang tidak menghabiskan modal besar, bahkan Anda bisa menjualnya dari rumah.

     

    Berikut ini cara untuk memulai usaha pet shop sendiri yang perlu Anda ketahui.

     

    1. Menentukan Lokasi Pet Shop

    Lokasi selalu menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Jika kebetulan rumah Anda lokasinya strategis maka tidak perlu mencari tempat lagi. Namun jika tidak Anda perlu mencari tempat yang disewakan yang lokasinya pinggir jalan besar dan mudah dijangkau.

     

    Apabila Anda terbentur dengan modal dan harus berjualan dari rumah juga tidak masalah, asalkan Anda bisa memaksimalkan promosi dengan baik. Karena jika lokasi kurang strategis Anda hanya bisa mengandalkan promosi untuk mengundang konsumen.

    1. Merencanakan Manajemen Pet Shop

    Anda mungkin ingin mencari cara mudah dengan menjual produk makanan saja tanpa jasa. Namun bukan berarti hal ini terlepas dari manajemen. Penting untuk menentukan manajemen pet shop dari segi transaksi, laporan dan tarif yang jelas.

     

    Soal transaksi Anda bisa menggunakan jenis mesin kasir online Majoo yang mudah untuk digunakan dan diakses. Dari satu mesin kasir online Anda bisa mencatat semua transaksi sampai dengan laporan penjualan semua sudah tersedia.

     

    Anda tinggal input saja apa saja layanan dan produk yang tersedia dan mendapat laporan setiap harinya. Mesin kasir Majoo akan membantu manajemen pet shop dengan lebih baik.

     

    1. Menentukan Jenis Layanan yang Disediakan

    Apakah Anda ingin menjual produk makanan dan mainan hewan atau juga layanan penitipan dan grooming? Anda perlu menentukan layanan apa saja yang disediakan karena hal ini akan berhubungan dengan man power.

     

    Jika Anda hanya ingin menjual produk makanan dan mainan, artinya pet shop yang dibangun tidak berbeda dengan toko. Namun jika Anda juga membuat layanan grooming dan penitipan maka ada jasa yang kualitasnya harus dijaga.

     

    Grooming dan penitipan memiliki tanggung jawab yang besar karena hubungannya dengan kesehatan hewan. Anda harus memiliki keahlian khusus dalam hal ini.

     

     

     

    1. Perhatikan Strategi Promosi

    Anda akan membuka pet shop baru tentu saja promosi harus dibuat sebaik mungkin. Perkenalkan usaha Anda kepada pemilik hewan di sekitar tempat usaha. Caranya bisa dengan memberikan selebaran dan diskon pembukaan.

     

    Selain itu perhatikan juga soal promosi di sosial media. Anda bisa membuat konten menarik yang berisi seputar informasi kesehatan hewan atau video menarik tentang hewan. Pastikan kontennya menarik dan jangan lupa branding pet shop Anda sebaik mungkin.

     

    1. Pilih Karyawan yang Penyayang Hewan

    Apabila Anda tidak bisa mengelola atau menunggu pet shop sendiri pastikan memilih karyawan yang menyayangi hewan. Apalagi jika Anda juga memiliki layanan grooming dan penitipan.

     

    Perlu sekali memiliki karyawan yang bertanggung jawab, tidak galak terhadap hewan dan paham bagaimana cara menangani hewan. Meskipun Anda tidak bekerja sama dengan dokter hewan, pet shop tetap bisa beroperasi dengan baik dengan pemilihan karyawan yang tepat.

     

    Anda juga perlu mengedukasi karyawan agar mereka selalu ramah terhadap konsumen. Dengan begitu konsumen akan merasakan bahwa pet shop Anda tidak sekedar menjual produk untuk hewan kesayangan mereka tetapi juga care.

     

    Inilah cara memulai usaha pet shop yang diperlukan, jika modal sudah siap Anda bisa mempersiapkannya.

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Hosting Indonesia DomaiNesia