Lakukan Kiat-kiat Ini Supaya Kamu Mudah Bangun Pagi

Daftar Isi [Tampil]


Jendela, Wanita, Pagi, Gadis, Peregangan, Berdiri

"Bangun itu harus pagi. Kalau tidak nanti rezekinya dipatok ayam" 

Pernah dengar ungkapan seperti itu? Pernah dong ya. Ungkapan tersebut agaknya perlu kamu tanamkan mulai hari ini. Sebab, kebanyakan orang-orang sukses di dunia punya kebiasaan bangun sebelum matahari terbit. Berbagai penelitian menyebutkan, bangun pagi memiliki beragam manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh dan mental. Di antaranya meningkatkan produktivitas harianmu dan membuat suasana hatimu dalam kondisi yang baik. 

Akan tetapi, meskipun terkadang telah mengetahui manfaat bangun pagi, tidak semua orang lantas bisa mempraktikkannya. Penulis sangat paham bahwa keluar dari kungkungan gravitasi kasur di pagi hari yang hangat dan nyaman itu luar biasa sulit. Bahkan, disebut-sebut kalau daya tariknya melebihi daya tarik lubang hitam di luar angkasa. Ditambah, aroma bantal yang tercetak ribuan pulau kelapa juga mengalahkan wangi parfum manapun di dunia.

Oleh karena itu, di bawah ini terdapat beberapa kiat yang kamu bisa lakukan supaya kamu bisa bangun pagi. Tenang, tidak sulit kok. Baca sampai habis ya.

Biasakan tidur di waktu yang sama setiap harinya

Jam, Jam Alarm, Menonton, Waktu, Lama, Nomor, Menit

Jika kamu tidur jam 10 malam, maka hentikan semua aktivitasmu dan bersiap-siap tidur. Tidur di jam yang sama setiap harinya akan membuat jam biologis tubuhmu menjadi lebih teratur dan organ-organ tubuh dapat melaksanakan 'tugasnya' di waktu yang tepat. 

Minum susu coklat sebelum tidur, jangan lupa gosok gigi

Chocolate Smoothie, Milkshake, Segar, Minum, Minuman

Oke, mengusahakan tidur di jam yang sama itu sulit. Selain kamu yang belum terbiasa, kamu mungkin tidak terlalu mengantuk jadi kesulitan untuk tidur. Oleh karena itu, cobalah membuat segelas susu cokelat hangat sebelum tidur. Susu cokelat terbukti secara ilmiah menurunkan kadar stres dan membantu tubuhmu lebih rileks. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk tidur.

Tutup semua aplikasi sosial media, sebagai gantinya, kamu bisa baca buku 

Alkitab, Buku, Terbuka, Alkitab Terbuka

Godaan terbesar bagi kawula muda zaman now adalah gadget. Ponsel, tablet, laptop. Apapun itu. Rasanya sangat sulit bukan untuk lepas dari benda-benda tersebut barang sepuluh menit saja? Apalagi dengan konten-konten yang entah sudah berapa macam banyaknya yang kamu ingin konsumsi setiap harinya. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal itu. Akan tetapi jika gadget membuatmu tidur hingga larut, maka itu tidak baik. Kamu bisa mengalihkan perhatianmu dari ponsel dengan membaca buku. Jika tidak ada buku fisik, bacalah buku elektronik di ponsel. 

Matikan atau redupkan lampu

Lampu, Listrik, Energi, Malam, Bohlam, Pijar

Mematikan atau meredupkan lampu memberi sinyal agar otak dan tubuh beristirahat. Saat ruangan tempatmu tidur masih dalam keadaan terang, otak akan dimanipulasi bahwa masih ada yang harus dilakukan. Hal itu karena mata menerima pancaran cahaya yang kemudian oleh otak dianggap sebagai pertanda untuk tetap bekerja meski sudah tengah malam. 

Jika menyalakan alarm, pakailah dering yang lembut

Waktu, Jam, Jam Alarm, Warna Warna Pastel, Menonton

Banyak orang yang mengandalkan alarm dari ponsel untuk membangunkan mereka dari tidur.Tidak sedikit dari mereka yang pakai nada dering up beat atau keras agar lebih semangat. Padahal nada dering alarm yang seperti itu justru membuat tubuhmu kaget dan tidak siap. Kamu mungkin juga akan merasa pusing. Jadi ganti saja dering alarm dengan nada yang lembut. 

Stop mengecek ponsel setelah bangun tidur. Awali harimu dengan beribadah dan membuat sarapan

Gadis, Anak, Berdoa, Berharap, Agama, Ibadah, Lucu

Kamu mungkin penasaran siapa saja yang menghubungimu selama kamu tidur. Atau kamu ingin tahu apakah pesanmu ke gebetan semalam sudah dibalas atau belum. Oh dan jangan lupa, story yang kamu buat sudah dilihat siapa saja ya? My friend, ketahuilah, sesungguhnya semua notifikasi yang kamu harapkan tadi bisa menunggu sampai kamu selesai sarapan. Gunakan waktu pagimu untuk beribadah, jangan lupa bersyukur karena masih diizinkan bangun tidur pagi ini. Setelah itu buatlah sarapan. Kamu perlu tenaga untuk seharian nanti.

Lakukan peregangan pada tubuhmu agar lebih segar

Orang Orang, Wanita, Gadis, Yoga, Tikar, Fisik

Yang ringan-ringan saja. Seperti menarik tangan sejauh mungkin di atas kepala selama beberapa detik. Menggerak-gerakkan kedua tangan dan kaki secara bergantian sebanyak sepuluh kali. Melompat-lompat setinggi mungkin. Asal rutin. Peregangan berfungsi menghilangkan rasa kantuk, meningkatkan hormon bahagia, dan memberimu semangat beraktifitas seharian.

Beri hadiah untuk dirimu sendiri jika kamu telah mencapai target tertentu

Tangan, Hadiah, Karangan Bunga, Cinta, Selamat

Setelah berhasil banggun pagi selama satu minggu berturut-turut, belilah sesuatu untuk dirimu sendiri. Kamu bisa membeli baju, buku, pergi ke suatu tempat, apapun itu. Tapi jangan lantas kamu bisa bangun sesukanya setelah itu ya. Tetap biasakan bangun pagi setiap hari.

Kalahkan dirimu sendiri

Kemarahan, Berjuang, Faust, Sengketa, Tangan, Kotak

Semua tips tadi, dan tips-tips bangun pagi yang pernah kamu dapatkan di manapun, tidak akan ada gunanya kalau kamu sendiri tidak tergerak untuk bangun pagi. Musuh terberat yang harus kamu tangani pertama kali jika ingin bisa bangun pagi adalah dirimu sendiri. Jadi, setiap kamu membuka mata di pagi hari di jam yang kamu tentukan, jangan sampai kamu kembali memejamkan mata lagi atau kamu hanya akan bangun setelah ayam selesai mencari sarapan.
Nah cukup sekian tipsnya. Semoga sukses bangun paginya.