√ 5 Hal Produktif yang Bisa Kamu Lakukan Selama PPKM - Kang Yusuf
Salis Nur
Salis Nur Hi, I'm Salis. I have interest on crochetting and postcrossing. I crochet many things, bags, clothes, hats, and many more.

5 Hal Produktif yang Bisa Kamu Lakukan Selama PPKM

Daftar Isi [Tampil]

    Jadi ceritanya, mulai tanggal 3 Juli 2021 sampai 20 Juli 2021, pemerintah Indonesia menetapkan aturan PPKM untuk memperlambat laju penyebaran virus Covid-19. 

    Pemberlakuan aturan tersebut otomatis mempengaruhi kegiatan harian masyarakat. Aktifitas yang tidak berhubungan dengan kebutuhan pokok otomatis terpaksa berhenti. Banyak sentra kegiatan masyarakat harus tutup.

    PPKM juga membuat banyak orang untuk sementara tinggal di rumah. Beberapa orang ada yang merasa bersyukur dengan hal itu. Sementara beberapa yang lain ada juga yang mengeluh karena bosan. 

    Wajar sih, kalau sehari-harinya terbiasa sibuk dengan melakukan banyak hal. Bepergian kesana kemari, aturan pemerintah pasti dirasa memberatkan.

    Tapi tenang, untuk kamu yang merasa bosan selama #dirumahaja, ada beberapa rekomendasi kegiatan nih biar mengusir rasa jenuh. Dijamin deh, kegiatanmu pasti bakal seru dan nggak lagi membosankan. Mau tahu apa aja? Cek artikel sampai bawah ya.

    Menekuni hobi

    Fotografer, Coronavirus, Topeng, Retro, Karantina

    Kamu mungkin saja selama ini terlalu sibuk dengan pekerjaan sampai lupa menekuni hobi. Nah di masa PPKM ini merupakan waktu yang tepat untuk berpuas diri melakukan hal yang disukai. 

    Coba lihat, kapan terakhir kali kamu menyentuh kamera untuk memotret? Atau duduk manis di meja ditemani secangkir kopi sambil menulis puisi tentang betapa sebal kamu sama pemerintah? Menekuni hobi bisa membantumu meredakan stress. 

    Oh ya, beberapa hobi ada loh yang bisa menghasilkan cuan. Jadi bisa sekali tepuk dua lalat, hati senang, plus bisa dapat tambahan uang untuk sekedar beli kopi.

    Oia silahkan kamu yang suka foto bisa mencari kamera terbaik di beberapa website untuk menunjang skill kamu untuk semakin inovatif dan kreatif.

    Membaca buku

    Kindle, E Pembaca, E Book, Membaca, Novel, Sastra

    Ada yang berpendapat, membaca buku merupakan sebuah langkah kecil untuk berkeliling dunia. Nah kamu bisa memulai langkah kecil tersebut di saat PPKM ini. 

    Karena sekarang waktumu otomatis banyak di rumah dan nggak ngapa-ngapain, daripada bengong lebih baik gunakan untuk membaca buku. Tenang saja, nggak perlu jadi kutu buku kok untuk membaca. 

    Pilih bacaan yang menarik minatmu saja. Tidak usah membebani diri dengan tema yang berat-berat. Ingat, hidup sudah berat karena pandemi. Jangan tambah-tambah beban yang tidak perlu.

    Buat konten media sosial

    Pesan, Konten, Keyboard, Menulis, Tangan, Surat, Email

    Jika selama ini kamu punya akun media sosial yang terbengkalai, sekaranglah saatnya untuk ‘menghidupkan’ mereka kembali. Kamu bisa mulai dengan membagikan hobi kamu. 

    Siapa tahu kan, ada yang tertarik  lantas mendatangkan pundi-pundi rupiah. Atau kamu bisa berbagi pengalaman kamu yang mungkin saja unik. Momen-momen sederhana seperti bermain dengan piaraan kesayangan, bikin podcast, sharing tips-tips tertentu. 

    Bisa jadi, kamu akhirnya mendapatkan banyak pengikut dan akhirnya jadi terkenal. Lagi pula, tujuan media sosial memang dibuat untuk berbagi bukan?

    Bisnis online

    Belanja, Perbelanjaan, Online, E-Commerce, Mode, Tablet

    Nah kalau followers-mu sudah banyak, mulailah untuk berbisnis online. Kamu bisa jualan tipis-tipis lewat akun pribadimu. Bisa jualan baju, hobi kamu, pulsa. Karena sifatnya memanfaatkan waktu luang, tidak perlu ngoyo apalagi sampai bikin stres dan masalah baru. 

    Hanya saja jangan sampai menyepelekan lantas terkesan ogah-ogahan ya. Ingat, orderan yang masuk dari customer meskipun cuma lima ribu perak tetap harus dilayani.

    Menonton film

    Tv, Pria, Menonton, Kamar, Kantor, Modern, Teknologi

    Walaupun bioskop tutup, bukan berarti aktifitas menonton film harus terhenti. Terdapat layanan streaming film dengan harga yang bervariasi sesuai kemampuan kamu. 

    Di masa pandemi, orang-orang membutuhkan hiburan agar tidak semakin tertekan. Menonton film merupakan salah satunya. Ada banyak rekomendasi film yang menarik untuk menemani kamu di rumah aja. 

    Yang baru saja dirilis tanggal 9 Juli kemarin, ‘Black Widow’ merupakan salah satu yang paling diantisipasi oleh insan perfilman.

    Belajar hal baru

    Laptop, Komputer, Bisnis, Tabel, Kertas, Bunga Bunga

    Kamu punya wish list belajar bahasa Korea tapi belum kesampaian? Atau kursus tentang website yang belum sempat dilaksanakan? Well, kalau begitu jangan sia-siakan waktu luang yang kamu miliki sekarang. 

    Tenang, meskipun tetap tidak bebaskeluar rumah, ada banyak kok lembaga kursus online yang bisa memenuhi minat bakatmu. Mereka juga dapat memberikan sertifikat bagi pesertanya yang telah selesai menempuh kursus. 

    Hebatnya lagi, beberapa ada yang bisa diikuti secara gratis loh. Jadi tunggu apa lagi? Segera manfaatkan kesempatan atau kamu akan menyesal kemudian.

    Jadi gimana? Sudah nggak bingung lagi mau ngapain aja selama PPKM? Kalau kamu punya rekomendasi kegiatan lainnya, jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar ya. Selamat bersenang-senang.

    Salis Nur
    Salis Nur   Hi, I'm Salis. I have interest on crochetting and postcrossing. I crochet many things, bags, clothes, hats, and many more.
    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Hosting Indonesia DomaiNesia