Membangun Server untuk Kebutuhan Multimedia dengan NAS yang Keren

Dokumentasi merupakan sebuah cara untuk mengumpulkan beberapa dokumen menjadi sebuah folder yang berisikan berbagai jenis file. Seperti gambar, video, tulisan, dan termasuk audio.


Zaman dulu dokumen adalah sebuah tulisan penting yang memuat informasi. Biasanya, dokumen di kertas dan informasinya dibuat memakai tinta menggunakan baik tangan atau perangkat elektronik.


Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, kini sudah banyak jenis dokumen selain tulisan di kertas seperti gambar, video, suara berupa audio, dan sejenis lainnya.


Salah satu perkembangan teknologi yang paling cepat pergerakannya adalah smartphone atau telepon pintar. Dimana Anda sebagai pemilik bisa mencari informasi apapun dan mendokumentasikan hal apa saja cukup dengan genggaman.


Umumnya hasil dokumentasi berupa foto, video, dan audio pada smartphone tersimpan di media penyimpanan smartphone itu sendiri yang terkadang terbatas. Untuk mendapatkan tambahan agar bisa menyimpan data lebih banyak bisa ditambah dengan microSD.


MicroSD merupakan kartu memori non-volatile yang dikembangkan oleh SD Card Association yang digunakan dalam perangkat portable. Pada microSD pun terdapat beragam jenis ukuran untuk media penyimpanan dari 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan sampai 256 GB.


Tentunya semakin besar media penyimpanan, akan lebih banyak menampung file pada microSD itu sendiri. Selain itu kini telah tersedia teknologi seperti Google Drive. Google Drive bisa Anda akses secara online pada smartphone Anda dengan mudah.


Namun fitur dari Google ini per tanggal 1 Juni 2021 mengupdate dari layanannya. Dimana Google mengumumkan bahwa telah berhenti menawarkan penyimpanan cloud gratis untuk jenis foto yang berkualitas tinggi di drive.


Dimana ketika akun Anda menyimpan file melebihi batas dari 15 GB selama 2 tahun. Maka Google akan menghapus file phone Anda tanpa memberikan pemberitahuan sebelumnya. 


Sehingga penggunanya harus membayar biaya berlangganan atau menggunakan alternatif lain selain fitur Google tersebut jika Anda menjumpai kehabisan ruang penyimpanan.


Solusi Alternatif Lainnya 


Bagi Anda yang ingin menyimpan data dengan aman untuk bisa diakses secara online di Google drive, Maka harus menyiapkan biaya untuk berlangganan pada fitur Google tersebut. Namun jika Anda kurang cocok dengan biaya yang diberikan.


Maka dengan hard disk eksternal bisa menjadi alternatif lain yang cukup baik. Akan tetapi dari penggunaan hard disk eksternal ini Anda bisa saja mengalami sebuah kerusakan. Seperti file corrupted yang bisa diakibatkan oleh kesalahan human error dan virus. 


Sekarang telah tersedia sebuah perangkat yang bisa menjadi solusi cloud pribadi yang cocok untuk memenuhi kebutuhan data Anda. Dengan Network Attached Storage atau disingkat dengan NAS ini dapat menjadi solusi alternatif dalam membangun server multimedia untuk penyimpanan foto, video, dan audio Anda sehingga aman dan baik.


Mengenal Synology NAS


Membangun Server untuk Kebutuhan Multimedia dengan NAS yang Keren


NAS atau Network Attached Storage merupakan perangkat penyimpanan cerdas yang dapat terhubung pada jaringan rumah bahkan kantor. Anda sebagai pengguna bisa menyimpan semua jenis file di NAS. 


Cukup dengan menggunakan web browser atau aplikasi seluler pada smartphone Anda. Semua jenis file seperti foto, video, dan audio bisa Anda akses dengan mudah dan cepat bersama layanan yang telah diberikan oleh NAS melalui internet.


NAS telah didukung oleh sistem operasi DiskStation Manager (DSM), sehingga Synology NAS memiliki aplikasi yang gratis bagi para penggunanya untuk melakukan backup file foto, , video, dan audio pada smartphone, laptop, dan PC. 


Menariknya lagi bahwa Synology NAS mampu menjadi media penyimpanan yang aman bagi Anda. Dimana semua data Anda terlindungi sebab hanya dimiliki oleh pengguna sepenuhnya.


NAS Sebagai Solusi Penyimpanan Data untuk Keluarga


Synology DS220j merupakan sebuah tipe NAS yang sesuai untuk para pengguna rumahan.  Yang mana telah dilengkapi dengan fitur yang oke sehingga akan memenuhi kebutuhan multimedia untuk seluruh anggota keluarga Anda.


Dengan CPU Realtek RTD1296, DS220j memungkinkan para penggunanya dengan mudah untuk memberikan kategori pada file, mengelola file pada seluruh perangkat komputer dan smartphone secara online. 


Mampu Memanajemen dan Backup Data yang Komprehensif


Synology DS220j hadir sebagai solusi manajemen file data foto Anda dengan aman. Dengan adanya fitur backup secara otomatis ini sangat membantu Anda dalam melakukan pembaharuan pada data di media penyimpanan. 


Dengan Synology NAS, seluruh anggota keluarga mampu untuk mencadangkan seluruh data baik itu file foto, audio, maupun video dari smartphone yang berbeda ke dalam satu NAS yang terpusat.


Mampu Membuat Layanan Media Streaming Sendiri secara Gratis


Membangun Server untuk Kebutuhan Multimedia dengan NAS yang Keren


Selain fitur yang menarik dan keren dari teknologi Synology NAS diatas. Menariknya lagi bahwa fitur pada Synology NAS juga bisa dipergunakan sebagai aplikasi streaming rumahan loh. 


Dimana Anda sebagai pengguna bisa melakukan streaming konten digital secara langsung ke perangkat elektronik favorit Anda, seperti perangkat seluler, Samsung TV, Apple TV, Google Chromecast, dan perangkat DLNA.


Semua fitur tersebut diatas sudah bisa Anda gunakan secara cuma-cuma dengan Synology NAS. Bagi Anda yang ingin membangun server multimedia secara pribadi di rumah, kini bukanlah sebuah masalah.


Sebab dengan OS yang intuitif dan biaya jangka panjang yang sangat efektif serta mudah digunakan tersebut. Anda lebih leluasa untuk mengakses dan mengupload file multimedia keluarga Anda dari smartphone tanpa adanya rasa khawatir data Anda hilang.


Apabila Anda ingin memiliki DS220j untuk menjadi sebuah solusi multimedia keluarga, Silahkan untuk mengunjungi link pembelian berikut ini DISINI.