Cara Mudah Membaca Hangeul Tanpa Kursus, Dijamin Bisa

Bagi kamu yang suka nonton drama Korea, pasti nggak asing dong sama kata-kata yang sering diucapkan? Saking kerapnya muncul dalam drama, terkadang secara nggak sadar kamu mengulangnya dalam kehidupan sehari hari. Misalnya nih, kamu baru aja beli kopi di kafe. Udah bayar dan tinggal nunggu pesanan. Pas pesanan udah siap, alih-alih bilang “Terima kasih,” kamu malah mengucapkan, “감사합니다.”

Hayo, sudah bisa baca Hangeul di atas belum? Abjad asal Korea tersebut juga sering muncul dalam adegan drama loh. Buat kalian yang belum bisa membaca Hangeul, pas sekali nih. Penulis bakal membagikan cara belajar membaca Hangeul 90% gratis dan dijamin bisa. 10% yang tidak gratis buat beli kuota internet sama nyari sumber belajar.

Mau tahu apa aja yang harus dilakuin?

Pertama, kamu wajib familiar dengan beberapa kosakata umum yang sering digunakan

Kaligrafi, Artis, Seni, Kreativitas, Makan, Sikat

Ucapan salam seperti ‘annyeong haseo’, ungkapan terima kasih, meminta tolong, kata ganti orang atau benda adalah sedikit contoh. Kamu mungkin tidak tahu bagaimana menulisnya, atau cara pengucapan yang benar. Tapi setidaknya hal-hal di atas adalah modal awal yang sangat krusial. Bagaimana cara mengetahuinya? Nah ini yang perlu sedikit usaha. Kamu harus masuk ke dunia maya (ceilah dunia maya), buka mesin pencari dan ketikkan ‘kosakata bahasa Korea yang sering digunakan’ atau kamu juga bisa mencarinya dengan kata kunci lain yang sejenis. Kosakata yang sudah kamu temukan tidak perlu dihafalkan saat itu juga. Cukup baca beberapa kali, ucapkan seperti apa yang kamu dengar.

Kalau sudah, saatnya menghafalkan Hangeul

Hangul, Kaligrafi, Makan, Saya, Ornamen

Hangeul (alias abjad Korea) ini banyak sumbernya di internet. Saran penulis sih, cari yang bentuknya berupa video. Sumber belajar berupa video akan memudahkanmu melihat bentuk sekaligus mendengar cara pengucapan Hangeul yang benar.

Tapi kan, Hangeul ada banyak. Gimana caranya supaya nggak gampang lupa?

Gunakan metode membaca Iqro’

Kacamata, Buku, Telepon, Iphone, Smartphone, Ponsel

Eh. Nggak salah?

Nggak dong. Jadi di Iqro’ halaman pertama, orang akan dikenalkan dengan dua huruf Arab. Di halaman berikutnya, tambah menjadi 3 huruf, dan seterusnya. Metode tersebut bisa digunakan untuk belajar Hangeul. Aplikasinya, kamu bisa belajar 5 huruf di hari pertama. Hari kedua, 5 huruf pertama tadi sudah kamu hafalkan diulang. Selanjutnya tambah 5 huruf, jadi total kamu belajar 10 huruf dalam 2 hari. Tinggal disesuaikan sama kemampuanmu. Kalau terlalu sulit bisa dikurangi. Atau jika kamu merasa terlalu mudah, bisa kok ditambah biar makin cepet belajarnya.

Berikutnya, pelajari tajwid a.k.a cara membaca Hangeul

Menulis, Orang, Dokumen, Kertas, Buku Catatan

Ibarat huruf Hijaiyah, Hangeul juga memiliki tajwid atau cara baca yang sudah ditentukan. Misalnya nih, cara baca huruf jika sebelumnya adalah huruf .Atau cara baca huruf di tengah-tengah kata.

Nah sumber belajar untuk cara baca Hangeul ini juga tersedia banyak di internet. Penulis juga menyarankan hal yang sama seperti di atas, sebaiknya gunakan sumber belajar berupa video.

Berlatih menulis menggunakan Hangeul

Surat, Menulis, Pensil, Pulpen, Kertas, Catatan, Salam

Untuk mengawali, tulislah kata-kata umum seperti 안녕하세요, 감사합니다, 미안해요, dan lain-lain. Kamu juga bisa menulis lirik lagu bahasa Korea yang kamu suka. Latihan menulis ini berguna untuk mempertajam ingatan mengenai abjad yang sedang kamu pelajari, membantumu lebih familiar dengan bahasa Korea, dan juga melatih tanganmu agar tidak kaku. Karena tujuannya untuk belajar membaca, kamu tidak perlu tahu arti dari apa yang kamu baca/tulis. Pelajaran untuk itu dapat dilanjutkan jika kamu sudah benar-benar lancar.

Konsisten

Anak Anak, Gadis, Pensil, Gambar, Buku Catatan, Studi

Dari semua hal (tidak hanya belajar membaca Hangeul), satu-satunya hal yang paling sulit adalah konsisten. Konsisten ini maksudnya adalah kamu terus menerus belajar setiap hari tanpa terputus. Tentukan berapa lama kamu latihan setiap harinya, misalnya saja setengah jam setiap sore pukul 4. Maka patuhi jadwal yang telah dibuat. Jangan sampai kamu hari ini belajarnya 5 jam lantas 5 hari berikutnya tidak belajar sama sekali. Konsisten ini merupakan kunci dari jaminan pasti bisa. Jadi jangan sampai bolong ya.

Sedikit tips dari penulis

Terjemahkan, Terjemahan, Web, Layanan, Bahasa

Untuk mengkoreksi cara belajarmu, gunakan Google Translate. Contohnya, kamu sedang berlatih membaca artikel. Rekam suara dirimu saat membaca artikel tersebut. Setelah selesai, masukkan teks ke Google Translate lalu tekan tombol listen dan dengarkan. Bandingkan dengan caramu membaca. Kamu bisa menemukan ejaan yang salah atau pelafalan yang keliru melalui fasilitas tersebut. Selamat belajar!