Resep Sup Pangsit Isi Ayam dan Udang, Dijamin Endes!

Pangsit, Sup, Cina, Asia, Camilan, Kafe, Makanan
Sup pangsit via Pixabay

Apa itu pangsit?

Pangsit adalah makanan yang terbuat dari adonan daging cincang, lalu dibungkus menggunakan kulit dari tepung terigu. Isian pangsit bermacam-macam sesuai selera si pembuat pangsit. Namun umumnya dibuat dari daging ayam, daging babi, daging sapi, atau sayuran. Terkadang ditambahkan pula beberapa bahan lain sebagai pelengkap. Bahan tambahan dapat berupa tepung terigu atau ayam. Sedangkan kulit pembungkus diolah dari adonan tepung terigu dan air yang ditipiskan.

Pangsit merupakan jenis makanan yang umum di sebagian besar negara di dunai. Terutama di negeri Tirai Bambu, Taiwan, Korea, dan Jepang. Pangsit disebut juga sebagai wonton.

Cara menyajikan pangsit ada bermacam-macam. Di Jepang, pangsit sering kali disajikan bersama semangkuk kecil saus. Ini berkaitan dengan kebiasaan orang Jepang yang senang mempertahankan rasa asli makanan. Mereka akan membubuhkan seujung saus pada pangsit lalu kemudian memakannya.

Cara lain, pangsit dapat disajikan dengan kuah sup, sebagai pendamping minum teh, sebagai pelengkap hidangan, dan bisa juga digoreng.

Nah kali ini, penulis akan membagikan resep cara membuat sup pangsit dengan isian daging ayam dan udang. Nggak pakai lama, mari kita simak langkah-langkah di bawah ini.

Bahan

Kaldu

Tulang atau sayap ayam 250 g

Air 1 liter

Bawang putih 3 siung

Jahe memarkan 2 cm

Bawang putih cincang 2 sdm

Pangsit

Kulit pangsit siap pakai 12 lembar

Daging ayam 150 g

Udang kupas 100 g

Telur ayam 1 butir

Tepung terigu 1 sdm

Daun bawang iris halus 1 sdm

Merica bubuk 1/2 sdt

Kaldu bubuk 1 sdm

Garam 1 sdt

Pelengkap

Bokchoy/sawi hijau/sawi putih

Daun bawang iris

Cara membuat

Kaldu

Kaldu, Makanan, Kekuatan
Kaldu ayam. Gambar hanya ilustrasi via Pixabay

Rebus air secukupnya dalam panci sampai mendidih

Masukkan bahan pelengkap, rebus selama 5 menit.

Tiriskan bahan pelengkap dan sisihkan.

Masukkan tulang atau sayap ayam ke dalam air rebusan tadi. Kecilkan api dan aduk sesekali.

Geprek bawang putih dan jahe lalu masukkan ke dalam panci

Rebus dengan api kecil hingga air menyusut 1/4 bagian dan kaldu jadi bening.

Angkat dan saring.

Taburi bawang putih cincang goreng, tutup panci. Diamkan hingga dingin, sisihkan.

Pangsit

Pembakaran, Adonan, Tepung, Pelmeni, Rusia, Pangsit
Ilustrasi cara melipat kulit pangsit. Gambar via Pixabay

Giling daging ayam dan udang menggunakan blender. Jika tidak ada, cincang keduanya menggunakan pisau.

Campurkan gilingan daging ayam, udang, bahan lain dan bumbu hingga benar-benar tercampur rata.

Dengan sendok/sumpit, ambil 1 sdt adonan taruh di bagian tengah kulit pangsit. Lipat dan pilin dengan bentuk sesuai selera.

Masukkan pangsit ke dalam panci, tambahkan sedikit air sampai setengah badan pangsit dan didihkan selama 10 menit atau sampai matang. Proses ini dapat juga diganti dengan cara dikukus. Pilih salah satu cara yang disukai.

Saran penyajian

Sup Pangsit, Pangsit Goreng, Dumplings

Setelah langkah-langkah di atas selesai, siapkan mangkuk dan isi dengan 4-5 pangsit. Tambahkan bahan pelengkap Kemudian tuangkan kaldu ke dalam mangkuk. Jika menghendaki kaldu panas, tinggal didihkan lagi kuah kaldu yang tadi sudah dingin. Hias hidangan pangsit dengan irisan cabai merah dan daun peterseli. Bagaimana? Mudah bukan?

Pangsit dikenal sebagai makanan dengan kandungan gizi yang tinggi, terutama protein. Hal ini berkat komposisi adonan yang menggunakan daging ayam dan udang. Selain itu, jumlah kalori yang pas sangat cocok dijadikan menu diet. Tak hanya itu, komposisi adonan di dalamnya pun sangat mudah dikreasikan sesuai dengan keinginan dan selera masing-masing. Sebagai referensi, daging ayam dan udang dapat diganti menggunakan daging sapi, ikan, ataupun bahan lain yang sejenis. Kombinasi sayuran seperti brokoli dan wortel, serta tambahan sedikit jagung manis juga akan memperkaya rasa pangsit. Selamat mencoba!